Home » PERBANKAN » TabunganKu, Tabungan Tanpa Biaya Administrasi
TabunganKu

TabunganKu, Tabungan Tanpa Biaya Administrasi

EtalaseBisnis.com – Salah satu cara Pemerintah untuk meningkatkan budaya menabung di kalangan masyarakat bawah adalah dengan membuka layanan produk TabunganKu.

TabunganKu ini memang tabungan yang dikhususkan untuk perorangan dan untuk Warga Negara Indonesia saja. Salah satu yang menjadi kelebihannya adalah memberikan syarat yang mudah ketika membuka rekening TabunganKu dan proses administrasi yang ringan. Atau bisa dikatakan TabunganKu ini adalah tabungan tanpa biaya administrasi bulanan.

Jika Anda melihat produk TabunganKu diberbagai bank yang ada di Indonesia, ya jangan kaget. Karena produk TabunganKu ini memang produk tabungan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) dengan bank-bank yang ada di Indonesia. Tujuannya sudah sangat jelas, yakni untuk meningkatkan budaya menabung di kalangan masyarakat khususnya masyarakat kalangan bawah.

Perlu Anda ketahui, masyarakat kalangan bawah itu masih enggan untuk menabung di bank karena yang terpikir oleh mereka akan ribet. Dan selain itu juga ketakutan akan biaya administrasi bulanan yang besar. Banyak yang takut nanti saldonya habis karena terus dipangkas oleh biaya administrasi. Padahal menabung saja tidak bisa rutin dan tidak bisa dalam jumlah yang besar.

Adapun persyaratan pembukaan rekening TabunganKu ini sangatlah mudah. Calon nasabah cukup membawa kartu identitas seperti KTP/SIM saja. Untuk setoran awalnya minimal hanya Rp 20.000,- saja. Cukup ringan. Dan biasanya hanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 6.000,- itu pun untuk pengganti biaya materai.

Tidak perlu takut dan risau, untuk setoran bulan-bulan selanjutnya, nasabah bisa menyetor minimal Rp 10.000,- saja. Cukup ringan bukan.

Produk TabunganKu ini bisa digunakan untuk semua masyarakat berbagai kalangan. Baik dari orang tua hingga anak-anak. Namun jika ingin membukakan rekening TabunganKu untuk anak atau pelajar harus diwakilkan oleh oleh tua.

Fitur Umum TabunganKu

Di atas sudah dijelaskan beberapa diantaranya, seperti jumlah setoran awal yang ringan, setoran bulanan, dan tidak adanya biaya administrasi bulanan. Fitur ini sudah pasti ada di setiap bank yang memiliki produk TabunganKu.

Lalu yang perlu Anda ketahui lagi adalah jika rekening Anda dalam posisi Saldo Dorman, atau tidak adanya transaksi selama 6 bulan berturut-turut. Nah, jika kondisinya seperti ini maka rekening TabunganKu akan dikenakan Biaya Pinalti sebesar Rp 2.000,- per bulan.

Dan jika saldo rekening TabunganKu ternyata kurang dari Rp 20.000,- maka secara otomatis akan ditutup oleh sistem. Biaya penutupan ini diambil dari sisa saldo. Tapi jika Anda sebagai nasabah ingin menutup rekening TabunganKu (atas permintaan nasabah) maka akan dikenakan biaya penutupan Rp 20.000,-

Fitur Spesial TabunganKu

Mengapa dikatakan spesial? Karena fitur ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Meskipun TabunganKu ada di setiap bank, tapi tiap bank punya keunggulan masing-masing di setiap produk TabunganKu ini.

Misalnya saja soal fitur layanan kartu ATM. Ada bank yang memang sudah menyediakan kartu ATM ini secara gratis kepada nasabahnya ketika membuka rekening TabunganKu. Tapi ada juga yang mengharuskan nasabahnya melakukan setoran awal dengan nominal tertentu.

Contoh saja Bank Mandiri. Jika ada nasabah yang ingin membuka rekening TabunganKu Mandiri dan ingin mendapatakn layanan Kartu ATM, maka setoran awal harus Rp 500.000,-. Benefit yang didapatkan pun nasabah bisa melakukan transaksi lewat ATM yang berlogo Mandiri ATM, Link dan ATM Bersama. Selain itu juga dapat bertransaksi setoran tunai lewat Mandiri ATM Cash Deposit Machine.

Lalu sebagai contoh lagi Bank BCA. Ketika nasabah membuka rekening TabunganKu BCA, secara langsung akan mendapatkan fasilitas kartu ATM tanpa harus melakukan setoran awal yang besar, cukup Rp 20.000,- saja. Tapi Kartu ATM hanya bisa digunakan secara terbatas semisal hanya bisa untuk transaksi lewat ATM saja. Sedangakn untuk layanan e-banking tidak disediakan.

Itu beberapa contohnya. Tapi ada juga bank-bank yang memberikan fasilitas standar TabunganKu, seperti TabunganKu BRI, TabunganKu Bank Mega, TabunganKu Bank Permata, dan TabunganKu Bank Danamon.

Semua pilihan itu tentu ada plus minusnya. Sekarang tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuka rekening TabunganKu ya hanya untuk menabung saja, maka pilih yang biasa-biasa saja. Tapi ya sejatinya memang seperti itu. Produk TabunganKu ini ada memang dikhususkan untuk menabung saja, bukan untuk digunakan transaksi yang lainnya.

Kalau ingin transaksi yang lebih lengkap seperti tidak ada limit per hari, dapat e-banking dan lainnya, lebih baik membuka rekening tabungan yang biasa.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 17 =