Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Keunggulan Kartu Berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) Untuk Nasabah

Kartu Debit GPN

Akhirnya kartu berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) telah resmi diluncurkan. Dan pastinya akan banyak keunggulan yang bisa didapatkan nasabah dan perbankan Indonesia jika menggunakan kartu ini. Tapi apakah Anda sudah tahu Kartu GPN itu apa?

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sistem pembayaran yang mengintegrasikan seluruh kanal pembayaran domestik sehingga transaksi elektronik yang dilakukan masyarakat Indonesia bisa lebih mudah, murah, dan aman. GPN ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia sudah sejak akhir 2017. Kalau ada yang masih belum paham, GPN ini seperti Visa dan MasterCard.

Kita sebelumnya sering menggunakan kartu berlogo Visa dan MasterCard ini. Nah padahal Visa dan MasterCard ini adalah perusahaan dari Amerika. Dan ketika kita menggunakan kartu berlogo Visa dan MasterCard, masih ada keterbatasan dan biaya yang besar meskipun tidak disadari.

Misalnya saja ketika Anda punya kartu debit Visa dari Bank Mandiri dan ingin transaksi di mesin EDC Bank BCA, pasti tidak bisa. Mesin EDC nya harus sendiri-sendiri. Terus kalau mau transaksi via ATM juga seperti itu, misalnya mau transfer beda bank atau ambil di mesin ATM bank lain, biayanya pasti besar.

Nah, adanya GPN ini yang notabene sudah milik dan dikelola oleh Indonesia, kita bisa dengan mudah dan murah dalam melakukan transaksi. Nanti ketika sudah punya kartu debit berlogo GPN ini, cukup satu mesin EDC bisa digunakan untuk berbagai bank.

Ada dua poin yang menjadi keunggulan dari kartu GPN ini, yaitu :

INTERKONEKSI

Kalau Anda masih menggunakan kartu berlogo VISA / MASTERCARD biasanya ketika ingin transfer antar bank akan dikenakan biaya yang berbeda. Misal dari Bank A ke Bank B biayanya Rp 2.000, Bank B ke Bank C biayanya Rp 2.500 dan sebagainya. Intinya biayanya berbeda.

Nah nanti dengan kartu berlogo GPN ini semua transaksi antar bank biayanya akan sama tanpa melihat dari atau ke bank mana. Ini berlaku di ATM manapun.

INTEROPERABILITAS

Ini kalau Anda ingin bertransaksi di mesin EDC. Biasanya kan Anda akan milih di mesin EDC yang sesuai kartu debit bank yang Anda miliki, supaya tidak kena biaya mahal. Nah dengan kartu GPN ini Anda tidak perlu khawatir mau pakai mesin EDC yang mana, karena semua tarifnya sama.

Jadi ini sangat memudahkan nasabah dan tentunya lebih murah.

***

Biaya Transaksi Lebih Murah

Yang perlu Anda tahu, setiap kali Anda transaksi menggunakan kartu berlogo VISA / MASTERCARD, maka Anda akan dikenakan biaya. Mungkin saat ini Anda akan berdalih, “Saya cek kok tidak ada biaya transaksinya ya?”

Ya, mungkin tidak ada, tetapi sebenarnya biaya itu dikenakan langsung ke pihak Bank. Jadi pihak Bank yang membayar. Nah, tentu pihak Bank juga tidak ingin kan membayar biaya transaksi yang dilakukan nasabahnya? Maka sebagai gantinya pihak bank akan memberikan nasabah biaya administrasi bulanan atau biaya kartu ATM bulanan. Nah biaya itulah yang nantinya akan dibayarkan ke VISA/MASTERCARD.

Sebagai perbandingan, berikut biaya antara kartu berlogo VISA, MASTERCARD, dan GPN

Biaya Visa - Mastercard - GPN

Itu kalau Anda punya kartu yang logonya VISA dan MASTERCARD berarti biayanya 1,6%. Sekali lagi, mungkin Anda tidak akan merasakan beban biaya itu, tapi perlu diketahui bahwa pihak Bank akan membebankan itu ke Anda melalui biaya administrasi / biaya kartu per bulannya.

Menggunakan Kartu GPN juga akan mempercepat transaksi dan lebih aman. Karena GPN ini dikelola oleh Indonesia jadi transaksi yang Anda lakukan tidak harus dikirim dulu ke Amerika (VISA & MASTERCARD adalah perusahaan asal Amerika), tetapi langsung dikelola di Indonesia. Ini sangat efektif.

Dan yang terakhir, adanya GPN ini adalah sebuah bentuk kedaulatan negara. Ini adalah bukti bahwa Indonesia bisa mandiri dalam hal pembayaran tanpa harus melibatkan perusahaan asing. Jadi sudah seharusnya mulai sekarang Anda harus menukarkan kartu debit ATM Anda yang berlogo VISA/MASTER ke GPN di bank terdekat Anda.

Follow Media Sosial Kami: Twitter | Facebook

Kamu mungkin juga suka :


Baca Artikel dari Tags:

One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *