Home » TIPS » Sebelum Mengajukan Proposal Usaha, Pastikan Anda Telah Fokus Pada Hal Ini
Proposal Usaha

Sebelum Mengajukan Proposal Usaha, Pastikan Anda Telah Fokus Pada Hal Ini

Banyak sekali cara untuk mendapatkan modal usaha, salah satunya dengan mengajukan proposal usaha kepada investor yang memiliki banyak dana. Akan tetapi terkadang pengajuan proposal usaha tersebut ditolak mentah-mentah karena proposal yang diajukan memang tidak berkualitas. Lalu harus bagaimana?

Ya, keinginan untuk mendapatkan modal usaha memang bisa didapatkan melalui mengajukan proposal usaha kepada salah satu investor. Tantangan terbesar jika Anda memutuskan untuk mendapatkan dana dari investor adalah belum memilikinya usaha. Karena usaha Anda baru sebatas ide saja. Untuk itu memang dibutuhkan kerja keras untuk membuat proposal pengajuan usaha yang layak untuk mendapatkan pendanaan modal.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan proposal usaha, diantaranya :

1. Apakah Ide Usaha Anda Sudah Ada Saat Ini?

Riset pasar terlebih dahulu apakah ide usaha Anda ini sudah dijalankan oleh pengusaha lain atau memang belum ada yang menjalankannya. Hal ini sangat penting, karena akan mempengaruhi investor. Jika ide usaha Anda adalah usaha yang baru dan inovatif, tentu akan cepat menarik minat investor untuk memberikan modal usaha kepada Anda. Namun, jika ide usaha Anda ternyata sudah ada yang menjalankan, itu artinya Anda butuh kunci. Kuncinya adalah pembeda usaha dan itu bisa diakali dengan inovasi.

(Baca juga : 5 Prinsip Yang Harus Ada Pada Produk Inovatif)

2. Pastikan Anda Sudah Melakukan Riset Pasar

Ide usaha sudah ada, sekarang Anda fokus melakukan riset pasar. Sesuaikan produk yang akan Anda jual dengan pasar. Riset pasar ini bisa meliputi siapa yang akan menggunakan? Dimana wilayah sasaran utama? Bagaimana minat atau permintaan pasar dengan produk Anda nantinya? dl. Semua informasi itu harus Anda kumpulkan terlebih dahulu, yang nantinya akan dituangkan dalam sebuah proposal usaha.

3. Hitunglah Biaya-Biaya Yang Diperlukan

Jika sudah mengetahui segmen pasarnya, siapa pemakainya, dimana jangkauan wilayahnya, dll, maka Anda bisa memetakan anggaran biaya yang diperlukan. Anda bisa mulai menghitungkan modal yang dibutuhkan, dan yang lebih penting adalah keuntungan yang akan didapatkan per tahun pertama. Ini sangat penting karena investor selain akan menilai peluang pasarnya juga melihat seberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Bisa jadi ada investor yang menginginkan bagi hasil atas keuntungan Anda.

Hal-hal krusial di atas jangan sampai Anda lewatkan. Karena akan mempengaruhi minat investor. Tips lain ketika Anda membuat proposal pengajuan usaha, jangan sampai Anda memperlihatkan kalau Anda meminta modal. Lho kan ini memang untuk minta modal? Ya, benar. Tapi maksudnya seperti ini. Anda cukup fokus pada hal di atas. Berikan investor informasi yang akurat tentang 3 Hal di atas.

Dengan data yang valid dan memang memiliki peluang yang besar, investor pun akan tertarik dengan proposal Anda. Semoga Bermanfaat.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − nine =