Home » TIPS » Ketika Anda Ingin Memulai Bisnis, Namun Keluarga Tidak Mendukung
Keluarga Tidak Mendukung Bisnis Anda

Ketika Anda Ingin Memulai Bisnis, Namun Keluarga Tidak Mendukung

Keinginan dari dalam diri untuk memulai bisnis terkadang tidak semulus dengan apa yang diimpikan. Selain masalah klasik yakni modal, faktor-faktor eksternal pun tak jarang juga menjadi datang. Seperti tidak mendapatkan dukungan dari keluarga tercinta.

Kondisi semacam ini biasanya disebabkan karena Anda memutuskan untuk resign dari sebuah perusahaan yang bonafit dan sudah memiliki jabatan maupun penghasilan yang mapan. Tak pelak jika keluarga pun tak mendukung keputusan Anda untuk berhenti bekerja di perusahaan dan membangun sebuah usaha.

Padahal dari dalam diri Anda sudah tidak sanggup lagi terkekang dalam keadaan yang formal dan terbatasi dengan jam kerja. Padahal Anda ingin kebebasan dalam berkarya, sehingga nantinya akan menghasilkan hasil-hasil yang lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Namun jangan khawatir jika Anda mengalami situasi yang seperti ini. Jika Anda sudah yakin bahwa berwirausaha adalah jalan yang sudah cocok dengan diri Anda, maka itu sudah bisa dijadikan pacuan dan modal untuk merintis sebuah bisnis. Anda hanya perlu melakukan ini agar keluarga Anda bisa menyetujui keinginan Anda tersebut.

1. Keluargamu Hanya Khawatir Dengan Masa Depan Anda, Maka Yakinkanlah…

Meyakinkan Keluarga

Image via fbn-i.org

Sebenarnya alasan keluarga tidak mendukung adalah mereka takut dan khawatir dengan masa depan Anda yang nantinya tidak bisa mapan. Mengingat mereka sudah terbiasa dengan kehidupan yang mapan, bekerja di perusahaan dengan gaji yang stabil dan rutin. Maka dari itu yakinkan mereka dengan penjelasan yang masuk akal dan Anda berjanji akan membuktikan bahwa dengan berwirausaha pun juga tak kalah suksesnya ketika menjadi pegawai.

2. Buatlah Business Plan Dan Presentasikan Kepada Keluarga Anda

Presentasi Di Depan Keluarga

Image via amserv.com

Anggap saja Anda sedang mencari investor, namun bukan modal uang tetapi modal semangat dan dukungan yakni dari keluarga tercinta. Untuk itu coba buatlah business plan yang ingin Anda lakukan ke depan. Buatlah secara rinci dan terstruktur, sehingga ini mampu meyakinkan keluarga Anda bahwa ada peluang yang bisa Anda lakukan. Rencana bisnis yang jelas dan tearah akan membantu mereka memahami keinginan Anda.

3. Yakin Dan Buktikanlah

Yakin Dalam Berbisnis

Image via success.com

Sejatinya keluarga Anda hanya menginginkan bukti dari keputusan yang telah Anda lakukan. Untuk itu, fokus Anda adalah segera yakinkan diri Anda dan lakukan apa yang sudah menjadi keinginan Anda. Bekerja keras lah untuk mampu mewujudkan keinginan tersebut. Cari teman untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Yang terpenting adalah jangan tergesa-gesa dalam melakukan. Bisnis itu adalah proses, dan Anda jangan pernah melewatkan proses yang semestinya harus dilakukan. Lakukan dengan hati dan teruslah berdoa agar keluarga bisa segera mendukung keputusan Anda ini.

Seiring berjalannya waktu, yakinlah keluarga Anda akan mendukung Anda. Karena mereka telah melihat kegigihanmu, keseriusanmu dalam membangun bisnis ini. Meskipun tidak ada keluarga yang berlatar belakang menjadi wirausahawan, tetapi Anda mampu membuktikan bahwa semua orang pun bisa berhasil asal ada kemauan.

Sekarang Anda tinggal satukan tekad dan minta masukan dari keluarga, agar bisnis Anda lebih barokah dan bermanfaat untuk sesama.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − ten =