Home » TIPS » Ini Lho Perbedaan Antara Berdagang Dengan Berbisnis

Ini Lho Perbedaan Antara Berdagang Dengan Berbisnis

Berdagang vs Berbisnis

Sering kali kita menyamakan istilah berdagang dengan berbisnis dalam sebuah kegiatan jual beli. Ya memang ada kesamaan dikeduanya, yaitu sama-sama mencari keuntungan dari kegiatan jual belinya. Namun, jika kita telisik lebih dalam, keduanya ini memiliki perbedaan. Lalu dalam hal apakah perbedaan itu?

Sebelumnya kita lihat dulu contoh di bawah ini.

– Pak Somad dan Pak Ahmad sama-sama penjual Bakso. Mereka menjual bakso khas Wonogiri, rasanya enak dan baksonya besar-besar. Tapi dalam proses penjualan, Pak Somad hanya bermodal gerobak biasa tanpa adanya tambahan aksesoris. Di Gerobaknya cuma di tulis Bakso Pak Somad Wonogiri. Lain halnya dengan Pak Ahmad, dia berjualan bakso dengan membuat Logo dan Brand yang menarik. Brandingnya menarik, gerobak dan tempat jualannya di sulap lebih cantik dengan rapi dan cat warna yang sesuai identitas baksonya. Pak Ahmad memberi nama warung baksonya “Bakso Lidah Wonogiri” dengan tagline “Bakso Sapi Asli Wonogiri, Nggak Mampir Bakal Iri”.

Pak Ahmad juga memiliki standart SOP yang sangat baik dalam pelayanannya, karena ia sudah memiliki rencana kedepannya. Selain memakai seragam kerja, penyajian pun juga istimewa. Tak heran jika pelanggan bakso Pak Ahmad membludak, dan pada akhirnya Pak Ahmad membuka peluang waralaba baksonya kepada publik.

Dari segi rasa, bakso Pak Somad dan Pak Ahmad sebenarnya sama-sama enak. Karena resepnya memang asli Wonogiri. Tapi yang membedakan adalah sistem manajemen dan branding yang digunakan.

Nah, dari contoh di atas sudah sedikit memberikan kita gambaran tentang perbedaan berdagang dengan berbisnis. Pak Somad adalah contoh orang yang berdagang, sedangkan Pak Ahmad adalah contoh orang yang berbisnis.

Mari kita perjelas masing-masing definisinya.

Jadi, Berdagang itu adalah kegiatan jual beli yang hanya menitikberatkan pada keuntungan semata. Penjual hanya sekedar menjual produknya, yang penting ada yang beli dan dia untung. Dari segi manajemen, dia juga sangat sederhana dan tidak dibantu oleh pegawai. Malah mayoritas dikelola sendiri. Dalam berdagang tidak mengenal bagaimana membranding usahanya.

Sedangkan, Berbisnis ialah kegiatan jual beli yang mana selain ingin mendapatkan keuntungan juga ingin mendapatkan pengakuan dari konsumen. Salah satunya dengan proses manejemen yang terstruktur dan branding yang kuat pada usahanya. Selain itu, dalam memanage usaha juga dibantu oleh pegawainya sehingga usaha mampu berkembang dengan cepat.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara berdagang dan berbisnis itu terletak pada bagaimana membangun usaha tersebut melalui citra nama atau brand.

Untuk itu, jika Anda saat ini sedang melakukan kegiatan berdagang dan ingin berkembang, sebaiknya mulai memikirkan untuk berbisnis.

Semoga bermanfaat.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − twelve =