Home » PERBANKAN » Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sering Ditolak? Ini Alasannya

Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sering Ditolak? Ini Alasannya

Reject
(c) http://www.usnews.com/

Ketika sebuah pelaku usaha kecil menengah kesulitan mengembangkan usahanya dikarenakan tersendat oleh modal, tak jarang yang melakukan pengajuan modal ke bank melalui program Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Melalui Program KUR ini memang banyak UMKM yang terbantu masalah permodalannya. Tetapi tak jarang juga yang kesulitan untuk mendapatkan dana KUR ini dari bank.

Masalah seperti pengajuan Kredit Usaha Rakyat yang ditolak menjadi momok tersendiri bagi pelaku usaha kecil ini.

Tapi tentu penolakan ini ada sebabnya. Pihak Bank selaku pemberi modal juga tak bisa dengan mudah memberikan modal begitu saja kepada setiap UMKM yang mengajukan KUR. Karena pihak Bank memiliki acuan tersendiri untuk bisa memberikan modal kepada pelaku usaha kecil.

Nah, apalagi Anda ternyata pernah mengalami penolakan atas pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini, silahkan simak beberapa poin di bawah ini agar pengajuan KUR Anda diterima.

1. Karakter

Pihak Bank akan melihat usaha Anda dari sisi internal, seperti bagaimana keberlangsungan usaha tersebut, komitmen ke depan, rekam jejak usaha Anda, serta apakah pernah melakukan pinjaman ke bank. Jika pernah, maka akan dicek bagaimana ketika melakukan pinjaman dan proses pengembaliannya.

2. Modal

Poin yang kedua adalah masalah modal. Bank akan melihat modal yang dibutuhkan oleh usaha Anda. Nilai besaran modal yang diajukan apakah sesuai dengan kegiatan usaha Anda. Serta yang paling penting siapa yang akan mengelola modal ini nanti untuk keberlangsungan usaha Anda. Dengan mengetahui siapa yang akan mengelola modal ini, bank bisa melihat keberlangsungan usaha Anda ke depannya.

3. Jaminan

Bagi beberapa bank, penting untuk melihat jaminan yang diberikan oleh pelaku usaha. Jaminan bisa berupa jaminan yang berwujud seperti kendaraan, alat mesin, tanah, dll, lalu bisa juga jaminan tak berwujud seperti asuransi kredit.

4. Kapasitas Usaha

Jangan kaget apabila bank melihat keuangan usaha Anda. Melihat arus kas, omzet per bulan, dan lainnya sangat menentukan apakah bank bisa memberikan Anda KUR atau tidak.

5. Kondisi

Kondisi lebih kepada soal perizinan usaha Anda. Bank menginginkan usaha Anda memiliki izin yang legal, dengan begitu tidak akan ada masalah yang timbul dikemudian hari.

Itu beberapa poin yang dijadikan bank untuk melihat usaha Anda layak diberikan Kredit Usaha Rakyat atau tidak. Karena pihak bank juga tidak ingin mengalami masalah atas modal yang diberikan nanti. Untuk itu poin-poin di atas menjadi bahan penilaian tersendiri dari pihak bank terhadap usaha Anda.

Baca juga : Syarat Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI, Simak!

Apabila Anda ternyata sering mengalami penolakan pengajuan KUR, lebih baik review kembali pergerakan usaha Anda. Bisa jadi usaha Anda memang belum memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh pihak bank.

sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/50626-5c__syarat_cepat_dapat_pinjaman_bank



One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 4 =