Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sering Ditolak? Ini Alasannya

  • Whatsapp

Ketika sebuah pelaku usaha kecil menengah kesulitan mengembangkan usahanya dikarenakan tersendat oleh modal, tak jarang yang melakukan pengajuan modal ke bank melalui program Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Melalui Program KUR ini memang banyak UMKM yang terbantu masalah permodalannya. Tetapi tak jarang juga yang kesulitan untuk mendapatkan dana KUR ini dari bank.

Masalah seperti pengajuan Kredit Usaha Rakyat yang ditolak menjadi momok tersendiri bagi pelaku usaha kecil ini.

Tapi tentu penolakan ini ada sebabnya. Pihak Bank selaku pemberi modal juga tak bisa dengan mudah memberikan modal begitu saja kepada setiap UMKM yang mengajukan KUR. Karena pihak Bank memiliki acuan tersendiri untuk bisa memberikan modal kepada pelaku usaha kecil.

Nah, apalagi Anda ternyata pernah mengalami penolakan atas pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini, silahkan simak beberapa poin di bawah ini agar pengajuan KUR Anda diterima.

1. Karakter

Pihak Bank akan melihat usaha Anda dari sisi internal, seperti bagaimana keberlangsungan usaha tersebut, komitmen ke depan, rekam jejak usaha Anda, serta apakah pernah melakukan pinjaman ke bank. Jika pernah, maka akan dicek bagaimana ketika melakukan pinjaman dan proses pengembaliannya.

2. Modal

Poin yang kedua adalah masalah modal. Bank akan melihat modal yang dibutuhkan oleh usaha Anda. Nilai besaran modal yang diajukan apakah sesuai dengan kegiatan usaha Anda. Serta yang paling penting siapa yang akan mengelola modal ini nanti untuk keberlangsungan usaha Anda. Dengan mengetahui siapa yang akan mengelola modal ini, bank bisa melihat keberlangsungan usaha Anda ke depannya.

3. Jaminan

Bagi beberapa bank, penting untuk melihat jaminan yang diberikan oleh pelaku usaha. Jaminan bisa berupa jaminan yang berwujud seperti kendaraan, alat mesin, tanah, dll, lalu bisa juga jaminan tak berwujud seperti asuransi kredit.

4. Kapasitas Usaha

Jangan kaget apabila bank melihat keuangan usaha Anda. Melihat arus kas, omzet per bulan, dan lainnya sangat menentukan apakah bank bisa memberikan Anda KUR atau tidak.

5. Kondisi

Kondisi lebih kepada soal perizinan usaha Anda. Bank menginginkan usaha Anda memiliki izin yang legal, dengan begitu tidak akan ada masalah yang timbul dikemudian hari.

Itu beberapa poin yang dijadikan bank untuk melihat usaha Anda layak diberikan Kredit Usaha Rakyat atau tidak. Karena pihak bank juga tidak ingin mengalami masalah atas modal yang diberikan nanti. Untuk itu poin-poin di atas menjadi bahan penilaian tersendiri dari pihak bank terhadap usaha Anda.

Baca juga : Syarat Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI, Simak!

Apabila Anda ternyata sering mengalami penolakan pengajuan KUR, lebih baik review kembali pergerakan usaha Anda. Bisa jadi usaha Anda memang belum memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh pihak bank.

sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/50626-5c__syarat_cepat_dapat_pinjaman_bank

Originally posted on 07/10/2015 @ 22:59

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

26 Komentar

  1. saya mengajukan kur ke bri belum disurvai sudah ditolak,
    ketahuan ditolak stelah pengajuan bulan januari s/d juni belum ada kejelasan setelah saya datangi dan tanyakan, jawabannya maaf pengajuan ada tidak lolos, silahkan kebank pemerintah lain bni atau mandiri, pdhl sdh dagang kelontong dansayuran dari th 2000 dan blm pernah ngajukan kur d ciluncat soreang bdg

  2. Kalau begitu KUR itu mungkin lebih cocok di berikan kepada mereka orang yang menegah keatas atau usaha yang sudah maju,Min tujuan kur sendiri apa sih untuk rakyat yang kecil

  3. mertua saya mngajukan kur untuk yg ke 3x nya.tpi yg ke 3 x ni ko pake jaminan sertifikat.sejak kpan di berlakukan nya? trmksih

  4. tidak lah sesuai jaminan surat rumah yg nilai nya 250 jt untuk dijamin kan ke kur yg pinjaman nya max 25jt tolong di beri penjelasan

  5. kok susah banget ya untuk ACC.padahal sya pengajuan di bank lain prosesnya mudah.kenapa KUR kok susah banget ya.padahal sya sudah menjadi nasabah bank lain sudah 3 tahun lebih dan saya coba mau pindah ke KUR karena bunganya ringan.
    ini dari pihak bank nya yg lemot atau karyawan nya yg lemot.mohon dipermudah jangan dipersulit seperti ini.
    tidak sesuai dengan namanya KUR.tukang survei nya juga nggak cekatan.

  6. Sama kasusnya seperti teman diatas.saya mengajukan kupedes tapi persyaranya dgn KUR. Sudah 20 hari dari survey ke rumah.itu tidak ada respon dr bank.setelah saya datangangi pihak berdalih dengan alasan masalah jaringan untuk pencairan dan sampai ekarang pun blom ada kejelasanya.saya mohon ke pihak yang bersangkutan untuk bisa mencari solusinya.

  7. pinjaman kur… berkas sudah lengkap… yg mau survey ulur2 waktu terus… jaminan shm… masa sih harus di persulit…

  8. Saya pinjam kor di bnk BRI kenapa smpai dua minggu tidak di surfey” padahal persaratan lengkap dn sy baru pertama pinjm di bank” ..
    Kata orang” mlah ada yg pinjm usaha milik orng aja di kasih tp kenapa usaha sendiri mlah gk di acc ..memang sih waktu itu sy pernh ngajuin di bnk BRI lain dn sempet di surfey tp setelah di surfey mlah di tolak ..alasannya kenapa..padahal sy gk ada hutng di mn” apa krna usaha kecil/rumhnya jelek jd gk di kasih..klau sy gk butuh modal gk mungkin sy pinjam..saya pinjam karna sy butuh modal agar usaha sy bisa besar dan lengkap..klau mslah sy gk bisa bayar atau lari kan jg ada dt sy di sana yg gampang bisa di cari ..seharusnya orng susah perlu di bantu biar bisa berkembang usahanya..jangn yg kaya terus di bantu ..gmana caranya bisa adil ..bukan berati yg miskin pinjam gk bisa bayar /gak tnggung jawab

  9. saya ada minat mau mengajukan pinjaman tapi pakai jaminan kata’y. sedang kan saya ada teman dia ga pakai jaminan

  10. Saya punya kredit motor roda tiga(merk viar), kridit saya sdh berjlnn 11bln gk telat, tp kenapa saya ajukan kur kok katanya saya punya kredit investasi, akhirnya di tolak mentah mentah…

  11. Knp sih pengajuan KUR itu susah bgt,bukannya ini program yg diperuntukan untuk membantu usaha kecil ya???
    Tlg penjelasannya…

  12. Saya coba ajukan pinjaman KUR tp katanya di unit tdk memberi pinjaman KUR 200 jt, kalau mau KUPEDES, ok sy turuti, setlh selesesai survei katanya nanti malam atau besok ditelfon, ditunggu2 tdk ada telfon yg ada sms dr bank BRI dg teks pinjaman anda belom disetujui krn belom memenuhi persyaratan. Sy telfon yg survey tdk diangkat2 krn sy mau tanya alasannya apa koq belom memenuhi persyaratan padhl sdh pakai agunan sertifikat tanah. Ada apa ini. Kalaupun takut tdk terbayar harga rumah n tanah sy saja diatas 500jt. Tolong dibantu pak adm.

    1. Kok sama sh kaya saya jg bgtu dpat sms yg serupa,
      Pdhal berkas udah lngkap bhkan jaminan jg sertifikat N bpkb pula.

  13. Mimpi kali yee…itulah yg akhirnya yang ada dibenak saya setelah mencoba urus KUR. Ditolak malah disarankan pinjaman konvensional dengan jaminan..

  14. Saya mengajukan di BRI dekat rumah tidak ACC, pindah ke kota tidak ACC juga. Skrg coba ke mandiri. Mudah-mudahan acc, apa karena umur saya 21 dan suami 22 (terlalu muda) atau gmn ya susah bgt perasaan mau minjem dana aja.

  15. Saya mau nnya kepada bapa terkait klo emng kur buat rakyat dari uang rakyat pula tolong dong d permudah buat acc saya jualan d pasar induk cmn butuh tambahan modal ko susah bnget alesannya apa

  16. Sudah lebih dari 1 Minggu proses pengajuan KUR di BRI Palad Pulo gadung Jakarta timur,sampai saat ini belum ada juga konfirmasi statusnya dari pihak bank.informasi dari pihak bank 3 hari kerjalangsung survei ke tempat calon debitur.ini sudah lebih dari 1 Minggu belum ada juga konfirmasi.tolong di perhatikan untuk respon dan kenyamanan calon nasabah yah pak.terima kasih

  17. Saya memiliki usaha konter pulsa dan accesories handphone..sudah jalan satu tahun..dan omset saya sudah lumayan per hari nya..bahkan saya sudah bisa menggaji karyawan..tapi kenapa saya mengajukan pinjaman kur langsung di tolak? Padahal berkas yg saya ajukan belum di cek dan usaha saya juga belum di survei..itu kira2 kenapa ya?

  18. Saya mau ngajuin pinjamn kur,tp dulu saudara saya ngambil motr atas nm saya .dan motr nya gk sampe lunas.apa saya bisa pinjamn kur klu ada masalh di motr itu

  19. Saudara sy jg ajukan KUR sudah 2minggu berkas masuk to belum di survey, alasannya tempatnya jauh padahal saudara sy usaha rumput laut dan itu jls
    Saudara sy jg br pertama kali ajukan pinjaman KUR
    Apa sih yg bikin org2 di bank susah banget untuk bantu UMKM biar bs maju n berkembang

  20. Maaf gan mo nanya, kira-kira brp lama kita mendapatkan kabar tentang pengajuan kur bri yg kita ajukan setelah selesai di survey, karena pihak bank udah melakukan survey kira” enam hari yg lalu tp sampai saat ini saya blm mendapatkan kabar…..?
    Terima kasih atas responnya