Home » TIPS » Tips Bisnis Toko Online Bagi Yang Belum Mengerti Internet
Tips Bisnis Toko Online
Image via raymondgeraldtabaque.com

Tips Bisnis Toko Online Bagi Yang Belum Mengerti Internet

Kendala memulai bisnis online banyak sekali ternyata, tidak hanya dari faktor eksternal tetapi juga ada yang dari faktor internal, salah satunya adalah belum mengerti soal internet. Biasanya kondisi semacam ini dialami oleh mereka yang memang selama hidupnya belum pernah bersinggungan dengan internet.

Jelas ini akan menjadi masalah, mengingat untuk menjalankan bisnis online kita harus mengerti tentang internet terlebih dahulu. Jika belum mengetahuinya ya solusinya harus belajar internet terlebih dahulu.

Jika Anda mendapati rekan atau saudara yang mengalamai masalah seperti ini, tenang, jangan panik. Tetap ajari mereka dengan sabar. Baik, di artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips bisnis toko online bagi yang belum mengerti internet. Dan tips ini kami khususkan untuk bisnis online jenis toko online, bukan jenis lainnya ya.

1. Belajar Mengenal Internet dan Browser

Pahami internet itu apa. Bagaimana internet itu bisa digunakan, dan bagaimana memulainya. Sehingga setelah itu otomatis harus mengetahui browser itu apa. Tanpa browser jelas kita tidak bisa membuka situs-situs. Browser yang sering digunakan adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome.

2. Belajar Membuat Email

Dalam bisnis online, memiliki email hukumnya wajib. Email tidak hanya akan menjadi media komunikasi antara penjual dengan pembeli saja, akan tetapi nanti juga digunakan untuk mendaftar berbagai layanan online lainnya yang digunakan sebagai pendukung toko online.

3. Berkenalan Dengan Website dan Jenisnya

Ketika sudah mengakses internet, tentu kita akan berhadapan dengan yang namanya website. Nah, website ini pun jenisnya macam-macam, ada blog, forum, company profile, ecommerce/toko online, social media, dll. Dengan mengerti perbedaan diantaranya, tentu akan lebih mudah ketika nanti mengelola bisnis toko online.

4. Mengenal Hosting dan Domain

Ingin membangun bisnis toko online pastinya bakal berhubungan yang namanya hosting dan domain. Cukup dimengerti saja perbedaan keduanya. Kalau pun ingin mengerti bagaimana mengelolanya justru lebih baik, kalau pun tidak nanti bisa mencari jasa untuk mengelolanya. Sebagai informasi, hosting adalah server website yang gunanya untuk menaruh file-file website toko online, tanpa hosting website toko online tidak bisa mengudara. Sedangkan domain adalah alamat website toko online Anda. .com/.net/.org adalah contoh dari domain TLD (Top Level Domain). Jika ingin memiliki alamat toko online bajubaruku.com tentu harus membeli domain .com.

Apabila masalah dasar pengoperasian internet dan toko online sudah lancar, tahap selanjutnya bisa mempelajari masalah pengelolan toko online itu sendiri. Misalnya bagaimana agar toko online memiliki banyak pengunjung, bagaimana mengatur SEO Toko Online, bagaimana membuat artikel yang memikat pengunjung, dan masih banyak lagi.

Baca juga: SEO, Solusi Meningkatkan Pengunjung Toko Online

Yang terpenting jika ingin fokus bisnis toko online atau bisnis online apa saja adalah jangan malas belajar. Karena bisnis dengan basic teknologi itu akan mengalami perkembangan secara terus menerus. Jika malas belajar maka jelas akan ketinggalan. Dan itu akan berdampak buruk pada bisnis toko online ke depannya. Semoga bermanfaat tips bisnis toko online ini ya.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 2 =