Transfer Online adalah Solusi Transfer Antar Bank Secara Realtime

/ / Dibaca : 7.198 views

Transfer online adalah solusi terbaik di era digital sekarang ini untuk bisa transfer antar bank secara realtime dan cepat. Anda tidak perlu lagi membawa sejumlah uang cash ke bank yang itu penuh dengan resiko.

Tapi sekarang ini tetap masih saja ada orang yang melakukan transfer antar bank secara offline (datang ke bank langsung). Apakah itu salah? Tentu tidak. Hanya saja itu penuh risiko.

Saya pun juga sering menghadapi kasus semacam ini. Sebenarnya tidak menjadi masalah kalau memang mau melakukan transfer lewat offline, tapi yang membuat kita risau adalah waktu transfernya. Pasti sudah tahu jika transfer beda bank akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak bisa sampai secara realtime.

Padahal kita membutuhkan sistem transfer beda bank yang realtime dan tidak perlu menunggu berjam-jam atau berhari-hari.

Tapi sekarang masalah seperti itu tidak perlu dirisaukan lagi. Karena sudah ada sistem transfer antar bank yang bisa memangkas waktu lebih cepat bahkan secara realtime.

Sistem tersebut adalah Transfer Online.

Dengan fitur Transfer Online ini memungkinkan kita bisa melakukan transaksi transfer ke rekening bank lain secara realtime. Layanan ini hanya ada di bank-bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama dan Prima.

Bank apa saja itu? Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, CIMB Niaga, Permata Bank, BRI Syariah, BII, Danamon, Bank Mega, Panin, BTN, dan lainnya. Jika dihitung ada sekitar 79 bank. Dan saya baru mencobanya di Bank Mandiri yang telah menyediakan layanan Transfer Online di Internet Banking-nya.

Bedanya Transfer Online dengan Kliring

Lho kan sudah ada Kliring? Apa bedanya?

Saya sendiri awalnya memang pakai layanan Kliring untuk transfer ke rekening bank lain. Pengalaman menggunakan Kliring, waktu transfernya tidak bisa realtime dan harus menunggu beberapa jam. Bahkan jika transfer pada weekend, sampainya minggu depan.

Baca juga : Pengertian Kliring dan RTGS

Saya pernah transfer pakai Kliring dari Bank Mandiri ke BRI pada hari Jum’at (Sore), dan sampainya baru hari Senin.

Ya, sebenarnya tidak masalah jika dana tidak segera dibutuhkan, tapi jika sifatnya urgent maka akan repot.

Nah, untuk itu saya akhirnya mencoba layanan Transfer Online yang ada di Internet Banking Bank Mandiri. Hasilnya cukup memuaskan. Tidak sampai setengah jam, dana sudah diterima oleh bank tujuan. Bahkan juga butuh beberapa menit saja.

Untuk layanan Transfer Online yang ada di Bank Mandiri dikenakan biaya Rp 6.500. Jujur terlalu besar, tapi ya bagaimana lagi itu sudah menjadi kebijakan bank.

Berdasarkan informasi yang saya himpun, Transfer Online di Bank Mandiri ini ada limit maksimalnya, yakni Rp 50 Juta per hari dengan limit maksimum per transaksi adalah Rp. 10.000.000,-. Tapi jika nominal transfernya besar, maka dikenakan biaya Rp 15.000.

Baca juga : Tarif Kliring & RTGS Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI

Jika Anda juga pengguna Bank Mandiri, coba masuk ke layanan Internet Banking Mandiri lalu masuk ke Menu Transfer dan pilih Antar Bank Online.

Transfer Online

Untuk bank lain saya belum mencobanya. Tapi untuk BRI, BNI, layanan Transfer Online ini ada dan tentunya bisa Anda coba untuk solusi transfer dana secara realtime.


3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.