Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

4 Cara Follow Up Sponsor Agar Cepat Disetujui

Kegiatan follow up dalam dunia marketing merupakan hal yang wajib dilakukan, untuk mendapatkan dealing Antara dua pihak tertentu. Seperti hal nya cara follow up sponsor yang terkadang bisa menjadi gampang-gampang susah untuk dilakukan.

Follow up sendiri memiliki pengertian sebagai kontak lanjutan kepada calon customer atau sponsor dengan metode tertentu agar membeli produk kita atau menyetujui proposal kita.

Follow up itu sendiri kini bisa dilakukan melalui beberapa cara, yaitu melalui whatsaap, email, bahkan hingga mengirim pesan singkat dan menelepon pihak sponsor atau customer.

Dilansir dari anjrahweb.com, melakukan follow up ini kabarnya bisa lebih murah dibandingkan dengan iklan atau berbicara langsung kepada sponsor atau customer yang baru ditargetkan.

Baca juga : Tips Menjadi Sponsorship di Seminar Bisnis Online

Follow Up Sponsor

Cara Follow Up Sponsor

Ketika kamu sudah mengajukan proposal atau mempromosikan produk dan jasa kepada customer, maka follow up ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan jenis customer atau sponsor yang akan dihadapi. Jenis tersebut sebagai berikut:

  • Cold, Customer dan sponsor yang baru bisa jadi sama sekali belum mengenal produk atau jasa kita
  • Warm, dimana customer atau sponsor ini sudah pernah bekerjasama dengan kita, sehingga  produk kita bisa menjadi relasi iklan atau project untuk marketing yang sedang dijalankan.
  • Hot, tipikal customer dan Sponsor yang sudah sangat mengetahui kita dengan kualitas produk /jasa kita

Dari penjelasan di atas, baik customer maupun sponsor akan naik tahapannya dari cold – warm – hot. Untuk itu, melakukan follow up boleh dilakukan. Pencarian sponsorhip merupakan hal yang gampang-gampang susah.

Kemungkinan, dari sekian banyak daftar sponsor yang kita buat, hanya beberapa saja yang berminat dan mendukung kegiatan kita secara materil.

Untuk itu, dalam melakukan follow up sponsor, kita membutuhkan trik sebagai cara follow up dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Lakukan Follow Up dengan Cara yang Elegan

Saatnya melakukan follow up sponsor Anda dengan cara yang Elegan. Maksudnya, Anda tidak perlu terkesan mengemis-ngemis agar proposal Anda disetujui dan dapat didanai oleh pihak sponsor.

Pihak sponsor juga dapat berfikir bahwa Anda ini sangat membutuhkan inves dari pihak perusahaanya, sehingga Anda akan terkesan kurang professional.

2. Ucapkan Kalimat yang Halus dan Nyaman Dibaca

Mungkin Anda akan melakukan follow up dengan cara menelepon atau mengirim whatsaap kepada pihak sponsor, maka contoh kalimat berikut ini bisa Anda tiru:

Pak, semoga dengan bekerja sama dalam event kami, produk-produk dari perusahaan bapak bisa semakin dikenal masyarakat ya dan Omset perusahaan Bapak akan naik tentunya. Aaamin.”

3. Lakukan Sedikit Penyindiran dengan Halus

Jika Anda  ingin melakukan follow up melalui email atau SMS, maka memberikan sedikit sindiran untuk cara follow up sponsor bisa dilakukan. Namun, lakukan penyindiran secara halus dan professional tentunya. Berikut contohnya:

“Saya mengenal banyak orang sukses di Indonesia. Kebiasaan baik mereka adalah selalu take action setiap ada peluang datang dan tidak menundanya. Mereka tahu bahwa peluang dan kesempatan ini tidak datang dua kali”.

Sindiran pada contoh kalimat follow up di atas adalah agar perusahaan yang menjadi target sponsor Anda ini cepat melakukan action dan tidak menunda-nunda.

4. Lakukan Follow up di Waktu yang Tepat

Melakukan follow up sponsor atau follow up customer ternyata bisa lancar jika dilakukan di waktu yang tepat. Dalam artian, kita sebaiknya tidak mengirim email atau chat setiap menit kepada sponsor kita.

Lakukan chat seperlunya, untuk memastikan agar pihak sponsor tidak lupa terhadap proposal kita. Berikut contoh kalimatnya:

Mohon ijinya ya pak, nanti sore atau besok pagi, ingatkan saya kembali jika bapak sudah membaca proposal kami, agar kami juga bisa segera mempersiapkan segala sesuatu terkait kerja sama kita”.

Biasanya, dalam waktu 1x 24 jam, sudah bisa dilakukan follow up kembali.

Melakukan follow up terhadap sponsor tentunya memang membutuhkan kesabaran, dalam hal jika follow up kita belum mendapatkan respon. Namun, jika cara follow up sponsor yang kita lakukan sudah benar dan sesuai aturan, maka proposal kita akan segera disetujui oleh pihak sponsor. Selamat mencoba!



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.