Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

4 Tips Pemasaran Luar Biasa Untuk Menghancurkan Pesaing Anda

Dalam berbisnis, berhadapan dengan kompetisi pasar itu sangatlah menantang, terutama jika Anda baru memulai bisnis. Tantangan terbesar adalah jika sudah berhadapan dengan kompetitor yang sudah melakukan banyak hal dari apa yang sudah Anda lakukan. Sehingga mereka sudah menemukan cara terbaiknya untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggannya.

Lantas, bagaimana Anda mengelola bisnis agar bisa menarik pelanggan mereka?

Jawabannya sederhana : Tunjukkan bahwa Anda bisa memberikan hasil yang lebih baik. Jawaban yang terlihat mudah, tetapi ini butuh kreativitas untuk merealisasikannya.

Trik Pemasaran

Di artikel ini akan memberikan Anda beberapa trik pemasaran yang mungkin tidak cukup familiar, tetapi bisa membantu Anda.

Kompetitor Bisnis

#1 Gunakan Pesaing Anda

Media dan pers selalu menjadi hal positif untuk bisnis, bahkan untuk bisnis kecil sekalipun. Nah di era digital sekarang ini, membuat wartawan (pers/media) untuk mengangkat brand Anda adalah taktik penting yang bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak perhatian.

Namun, itu tidak mudah untuk mendapatkan perhatian melalui publikasi dari media besar.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pesaing Anda agar bisa memiliki publikasi mana yang menginformasi pesaing Anda. Di sini Anda bisa menggunakan fasilitas Google Alert untuk membantu memberikan Anda informasi terbaru yang muncul di internet tentang pesaing Anda.

Sehingga nantinya Anda bisa mengikuti dan memantau perkembangan itu kemudian mencoba untuk menggunakan media itu juga.

Lakukan juga di media-media promosi offline, seperti majalah, koran, atau media promo fisik lainnya. Jika ada yang menampilkan pesaing Anda, cari tahu media dan jurnalisnya kemudian Anda bisa hubungi agar mereka bisa juga mempublikasikan bisnis Anda.

#2 Manfaatkan Automation Marketing

Apabila Anda adalah wirausaha baru, kemungkinan Anda akan kewalahan dalam proses-proses awal karena banyaknya tugas yang berhubungan dengan kepemilikan bisnis. Anda mungkin akan terlalu fokus pada hal-hal administratif dibanding mengurusi masalah teknis yang itu sebenarnya bisa menumbuhkan perusahaan Anda.

Di sinilah pentingnya pemasaran, pemasaran adalah salah satu tugas penting yang perlu Anda lakukan agar Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses. Percuma jika produk Anda bagus, tetapi tidak banyak yang tahu tentang produk Anda.

Membuat konten pemasaran, mengelola media sosial, dan lainnya membutuhkan kerja keras yang sangat besar. Dan jika ini tidak dilakukan dengan baik, hanya akan membuang-buang waktu.

Tapi ada cara yang mudah dilakukan, yakni Otomasi Pemasaran.

Pemasaran Otomatis

Automation Marketing ini merupakan teknik otomatisasi pemasaran yang menggunakan software marketing yang tujuannya adalah mengotomatisasi tindakan pemasaran.

Dalam pemasaran digital sekarang banyak sekali yang mesti dikerjakan, untuk itu dengan mengandalkan teknologi Automation Marketing ini akan menjadikan pekerjaan bisa lebih mudah dan cepat.

Ada beberapa jenis perangkat lunak yang bisa dilakukan secara otomatis, seperti berbagi konten di media sosial, pelacakan metrik dan statistik, menjangkau pelanggan melalui email berlangganan, A/B Testing, dll.

Manfaatkan software untuk membantu masalah Anda dalam memenangkan persaingan bisnis.

Baca juga : Ingin Melakukan Pemasaran Online? Siapkan 3 Hal Berikut Ini

#3 Strategi Harga

Salah satu yang membuat pelanggan tertarik adalah Harga. Sayangnya banyak pelaku bisnis yang tidak terlalu memikirkan masalah jumlah yang mereka berikan kepada pelanggan mereka.

Strategi harga yang bisa Anda terapkan adalah dengan menciptakan produk yang diberikan harga dengan cara mengarahkan perhatian pada produk Anda yang lebih tinggi.

Misalnya saja seperti ini. Anda memiliki usaha coffee shop, dan produk Anda adalah kopi dengan ukuran cup mini dan cup besar. Cup mini dijual dengan harga Rp 20.000, sedangkan cup besar di jual dengan harga Rp 50.000. Nah coba Anda tambahkan ukuran cup sedang dan dikasih harga Rp 40.000. Ini akan membuat pelanggan memilih cup yang ukuran besar, karena selesihnya hanya Rp 10.000 saja. Make sense dong, inilah strategi harga yang bisa Anda coba.

Baca juga : Perbedaan Teknik Penjualan Up Selling, Cross Selling, & Cross Promotion

#4 Berani Rugi

Risiko dalam berbisnis adalah rugi. Ini adalah hal yang pasti dan suatu saat akan Anda alami, meski nilai kerugiannya kecil.

Nah, strategi ‘berani rugi’ ini bisa Anda coba. Ya mungkin agak membuat Anda tidak sepakat. Siapa sih yang malah mau rugi? Bukankah berbisnis itu inginnya untung?

Risiko Bisnis

Iya benar, tetapi untuk kasus seperti ini (memenangkan persaingan pasar), berani rugi bisa Anda coba dan hasilnya akan bagus jika Anda melakukannya dengan benar dan penuh perhitungan.

Anda bisa mencoba untuk memberikan harga di bawah pasar tetapi tidak menurunkan kualitas produk. Sehingga harapannya akan banyak pelanggan baru yang datang dan mereka bisa mencoba produk-produk lain Anda.

Kuncinya adalah membuat tingkat kunjungan pelanggan bertambah. Tentu ini butuh perhitungan yang sangat matang, Anda harus bisa kapan memberhentikan strategi ini dan dalam kondisi apa.

Risiko rugi pasti, tetapi di sisi lain Anda sudah punya banyak pelanggan baru. Tujuan Anda pun tercapai. Tugas selanjutnya adalah bagaimana Anda harus mengelola pelanggan Anda ini meskipun nanti harga dikembalikan ke harga normal.

Baca juga :

Melakukan pemasaran yang efektif terkadang tidak harus sesuai dengan teori. Butuh ide-ide di luar nalar tetapi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Tips di artikel ini tidak perlu Anda lakukan semua, karena Anda bisa membuat ide-ide gila yang lebih baik lagi. Tetapi semoga artikel ini bisa memberikan Anda referensi yang berguna untuk membuat bisnis Anda bisa memang dalam kompetisi dan pemasaran yang Anda lakukan benar-benar bisa ‘menghancurkan’ pesaing Anda.




Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *