Home » TIPS » Pentingkah Copywriting Dalam Berjualan?
copywriting
image via http://westlanglit.boun.edu.tr/

Pentingkah Copywriting Dalam Berjualan?

EtalaseBisnis.com – Sudahkah Anda memanfaatkan copywriting dalam berjualan? Jika belum sebaiknya Anda mulai mempelajari bagaimana membuat sebuah copy yang mampu menghasilkan konversi penjualan untuk produk Anda.

Copywriting itu gampangannya tulisan iklan. Tapi bukan sedekar tulisan iklan yang sekedar menginformasi bahwa Anda menjual sesuatu. Copywriting ini adalah sebuah seni atau teknik berjualan dengan menggunakan kata-kata.

Misalnya saja Anda sedang menjual produk pelangsing (diet), coba bandingkan kedua kalimat iklan di bawah ini.

  • Jual Obat Pelangsing, Harga murah, Berkualitas!
  • 14 Hari Turun 10 kg, Tanpa Lapar, Tanpa Diet!

Itu contoh sederhana saja. Tapi dari kedua contoh di atas sangat memiliki perbedaan khususnya dari sisi reaksi yang didapatkan. Contoh pertama merupakan iklan yang bisa dikatakan biasa-biasa saja. Orang yang membeli iklan tersebut juga kurang penasaran karena memang sudah biasa “Harga mudah & Berkualitas“. Karena sudah biasa inilah banyak orang yang mengacuhkan iklan seperti ini.

Sekarang coba lihat iklan kedua, di iklan ini cukup singkat tapi spesifik. “14 Hari Turun 10 kg“, jelas ini membuat orang penasaran 14 hari waktu yang cukup singkat dan 10 kg adalah pencapaian menurunan berat badan yang cukup besar. “Tanpa Lapar, Tanpa Diet” informasi ini menjadikan orang seakan mendapatkan keuntungan lain. Selain bisa turun berat badannya, juga tidak akan merasakan lapar dan tidak perlu diet pada umumnya. Padahal jika ingin menurunkan berat badan biasanya harus diet dan kalau diet pasti akan merasakan lapar.

Iklan kedua di atas merupakan iklan yang menggunakan teknik Copywriting. Jadi kekuatan dari copywriting itu sangat berharga sekali untuk meningkatkan penjualan.

Copywriting ini bisa diimplementasikan untuk bisnis apa saja, baik bisnis produk maupun jasa.

Jika Anda melihat iklan di media elektronik atau online, semuanya menggunakan copywriting. Kalau promosi bisnis Anda ingin lebih efektif, sebaiknya mulai menggunakan copywriting dalam beriklan.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapat, seperti :

  • Promosi akan lebih efektif. Promosi Anda akan lebih efektif hanya bermodal kata-kata yang mampu mempengaruhi orang (calon konsumen) agar tertarik menggunakan/membeli/mencoba produk/layanan Anda.
  • Meningkatkan penjualan. Jelas, dengan kata-kata promosi yang menjual, maka dampaknya juga ke peningkatan penjualan.
  • Brand lebih dikenal. Copywriting tidak selamanya untuk menjual produk saja, tapi bisa digunakan untuk media pengenalan brand. Sudah banyak brand-brand ternama yang menggunakan copywriting untuk media branding.
  • Memunculkan tren. Pernah melihat iklan di televisi yang unik & lucu? Dan kemudian banyak orang yang menjadikan bahan obrolan? Ya, itu juga karena copywriting. Berkat teknik iklan ini akhirnya memunculkan tren di tengah masyarakat.

Dan masih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan!

Di era digital sekarang ini, justru copywriting sangat diperlukan. Karena media online sudah menjadi media promosi yang cukup efektif. Jadi dengan menerapkan copywriting akan sangat berdampak baik untuk bisnis Anda. Misalnya saja dengan berjualan di media sosial, blog, YouTube. dll

Copywriting ini dapat dipelajari oleh siapapun. Yang penting adalah mau mencoba dan terus mencoba.

Sudah banyak e-book yang beredar dan bisa dijadikan referensi. Contohnya saja paket DVD Pembelajaran di bawah ini. Semuanya dikemas dari orang-orang yang telah ahli dibidangnya, yakni Dewa Eka Prayoga dan Jaya Setiabudi.

Sudah sangatnya Anda mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan copywriting.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − eight =