Home » TIPS » Tool Keyword Research Selain Google Keyword Planner
Keyword Research

Tool Keyword Research Selain Google Keyword Planner

EtalaseBisnis.com – Mengoptimalkan website atau toko online dari segi konten itu sangatlah penting. Dan salah satu yang bisa dilakukan itu adalah dengan melakukan update artikel atau membuat laman dengan kata kunci yang banyak pencariannya.

Untuk bisa mendapatkan kata kunci apa saja yang banyak pencariannya, biasanya para webmaster menggunakan Google Keyword Planner. Tool ini adalah salah satu layanan dari Google AdWords. Tapi sayangnya kini Keyword Planner sudah tidak bisa dioptimalkan lagi untuk riset keyword bagi para web optimizer.

Seperti yang sudah diinformasi Google melalui akun Facebook Google AdWords Indonesia, bahwa saat ini fitur Keyword planner dikhususkan untuk para pengiklan saja. Yang artinya bagi pengguna yang hanya ingin memanfaatkan fitur Keyword Planner akan mendapati tampilan yang terbatas, khususnya dibagian kolom “Avg. monthly searches“.

Berikut ini detail pengumuman dari Google AdWords Indonesia.

Google Adwords News

Jadi sebenarnya Anda tetap bisa menggunakan Google Keyword Planner dengan tampilan atau informasi yang lengkap, tapi Anda harus menjadi pengiklan di Google AdWords. Dan nilai iklannya harus lebih dari $1 per bulan.

Nah, lalu bagaimana buat Anda yang biasanya melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner tapi tidak mau beriklan di AdWords?

Tenang…

Masih banyak tool yang bisa Anda manfaat, salah satunya adalah WordZe.

Dan saya sudah mencoba menggunakan tool ini, hasilnya cukup akurat dan dari segi antar muka hampir sama dengan Google Keyword Planner.

WordZe ini memiliki 3 fitur yang bisa diandalkan, dan menurut saya semuanya sangat berguna untuk kebutuhan riset keyword. Tiga fitur ini adalah Ultimate Research, Long Tail Keywords, dan Competition Analyzer.

  • Ultimate Research, fitur ini memungkinkan Anda bisa mendapatkan kata kunci yang relevan dan banyak dicari orang. Nanti Anda akan mendapatkan informasi mengenai volume pencarian kata kunci per bulan, BPK, nilai lalu lintas, tingkat persaingan, jumlah hasil dalam grafik Google dan tren.

wordze

  • Long Tail Keywords, fitur ini akan membantu Anda untuk menemukan ribuan kata kunci tersembunyi yang merupakan turunan dari kata kunci utama. Kata kunci yang potensial tapi masih jarang digunakan. Nantinya Anda bisa memilih menemukan dari database mesin pencari mana, diantaranya : Google, Bing, YouTube, Amazon, dan eBay.

wordze

  • Competition Analyzer, pastinya ketika menentukan sebuah kata kunci, perlu adanya analisa lebih lanjut, khususnya seberapa tinggi persaingan kata kunci itu. Dan dengan mengandalkan fitur ini, Anda bisa menganalisa tingkat kompetisi kata kunci yang dibidik.

wordze

Ketiga fitur di atas tentunya sudah sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan riset keyword sehari-hari. Dan hasilpun juga tidak jauh beda.

wordze

Keyword Planner Result

wordze-adwords-2

WordZe Result

Jadi mari jangan terlalu bergantung dengan tool Google saja. Di luar sana masih banyak tool yang bisa dimanfaatkan, salah satunya WordZe ini. Salam Riset! 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 3 =