Home » INSPIRASI » Bagaimana Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan?

Bagaimana Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan?

Pelayanan Pelanggan
Ilustrasi gambar via gofaztrack.com

Ketika Anda sudah memiliki bisnis yang maju dan mapan, Anda akan merasa bahwa Anda adalah ‘bos‘ orang yang berpengaruh dalam bisnis Anda tersebut. Padahal itu tidak selamanya benar. Bos yang sebenarnya adalah para pelanggan Anda.

Bayangkan saja jika bisnis Anda tiba-tiba kehilangan pelanggan dan tak ada konsumen yang mengitip sedikit pun. Apa jadinya? Title Anda sebagai bos akan sirna seketika.

Untuk itu perlunya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan, secara tidak langsung Anda berusaha untuk memperpanjang usia usaha Anda. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan memberikan pelayanan terbaik. Selain akan menjaga komunikasi juga mampu menaikkan omzet.

Lalu bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan? Berikut beberapa tipsnya:

#1 Dengarkan Kata Pelanggan

Tipe karakter pelanggan berbeda-beda. Ada yang memang langsung menanggapi positif tentang bisnis Anda, ada pula yang terlalu banyak bicara tapi belum tentu untuk membelinya. Itu wajar.

Baca juga: Ria Citinjaks, Punya Cara Tersendiri Membangun Hubungan Dengan Customer

Yang terpenting adalah bagaimana Anda menyikapinya. Dengarkan selalu kata pelanggan, baik itu positif maupun negatif. Jangan sekali-kali berucap negatif kepada pelanggan. Namun, jika ada pelanggan yang mengatakan hal buruk tentang bisnis Anda, maka diamkan saja dan segera bukti nyata bahwa bisnis Anda sanga baik tapi kepada pelanggan lain.

#2 Jangan Abaikan Pelanggan

Meskipun pelanggan sudah mendapatkan barang yang diinginkan dan Anda telah mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut, tetap jangan abaikan pelanggan.

Selalu jalin komunikasi dengan pelanggan. Banyak media yang bisa digunakan. Jika Anda berbisnis online, menjalin komunikasi bisa melalui e-mail newsletter berlangganan, media sosial, dan masih banyak lagi.

Namun, jangan sampai Anda terlalu over dalam berkomunikasi yaitu dengan selalu menawarkan barang. Karena mereka akan jenuh dan bisa jadi meninggalkan Anda.

#3 Mengakomodasi Kebutuhan Pelanggan

Sering kali pelanggan membutuhkan keinginan yang bermacam-macam dan itu kadang tidak dalam pelayanan Anda. Solusinya tetap berikan akomodasi dan solusi atas kebutuhan pelanggan tersebut, asal itu masih tetap terjangkau oleh Anda.

Misalnya ada pelanggan yang menginginkan menggunakan jasa pengiriman A, padahal Anda hanya menyediakan jasa pengiriman B saja. Pelanggan memilih jasa pengiriman A karena yang mudah dijangkau dari rumahnya dan harganya juga murah. Nah, kasus semacam ini sebaiknya Anda akomodasi saja. Toh juga tidak repot. Daripada pelanggan cancel, itu justru akan merugikan bisnis Anda.

#4 Ciptakan Nilai Perusahaan

Komunikasi dengan pelanggan juga sebagai media branding perusahaan Anda. Untuk itu dalam memberikan pelayanan jangan kesampingkan nilai-nilai perusahaan. Citra perusahaan Anda harus dibawa dan dijaga agar pelanggan suka terkesan dengan perusahaan Anda tidak hanya produk/jasa yang dijual.

Dengan seperti ini pelayanan kepada pelanggan akan berdampak positif dalam menciptakan kredibilitas perusahaan Anda.

Demikian yang bisa diinformasikan semoga menginspirasi.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − three =