Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

6 Strategi Meningkatkan Keterlibatan Konsumen di Bisnis Online Anda

Meningkatkan Engegement Konsumen

Sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan atau engagement konsumen di bisnis online Anda. Karena dengan adanya engagement dari konsumen secara langsung, itu akan berdampak positif untuk bisnis online Anda. Salah satunya adalah diterimanya dengan mudah segala bentuk pemasaran yang Anda lakukan.

Bicara soal pemasaran atau marketing tentu akan berhubungan dengan jualan. Metode pemasaran itu banyak sekali, terlebih untuk pemasaran online. Yang membedakan antar satu dengan lainnya adalah cara melakukannya.

Bisnis itu selama menggunakan penawaran dan penawaran khusus untuk menarik para pembeli. Yang aktif biasanya ya dari pihak pemasar atau penjual itu sendiri, konsumen hanya pasif dan tinggal menerima apa yang ditawarkannya. Tetapi sekarang, melibatkan pelanggan secara aktif merupakan bagian yang penting dari proses pemasaran.

Meningkatkan Engegement Konsumen

Inilah mengapa kita perlu meningkatkan keterlibatan atau engagement konsumen di dalam bisnis online kita.

Memang butuh waktu untuk bisa melakukannya. Karena itu juga tidak mudah. Akan tetapi bersyukurlah Anda yang memang fokus di bisnis online, karena banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement pelanggan Anda. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat Email Newsletter

Salah satu platform yang bisa digunakan adalah email. Media surat menyurat ini bisa digunakan untuk pemasaran online. Email marketing adalah salah satu contohnya. Dan bentuk dari email marketing yang biasa digunakan adalah membuat email newsletter yang disebar ke daftar email pelanggan.

Email ini sangat efektif, karena sifatnya sangat personal. Hampir semua orang di era sekarang pasti membuka email, ada email masuk pasti dibuka dan dibaca. Masalah nanti melakukan aksi apa setelah membacanya itu urusan belakangan. Tetapi ini peluang dan prospek yang sangat bagus untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam siklus penjualan.

Anda bisa mengumpulkan daftar email pelanggan Anda melalui opt-in yang mana memang pelanggan Anda menyetujui jika nanti mendapatkan email newsletter. Jika sudah mendapatkan daftarnya, klasifisikasi dan berikan konten newsletter yang tidak hanya memberikan dampak untuk nama bisnis kamu tetapi juga pelanggan. Ingat, tujuannya adalah meningkatkan keterlibatan pelanggan.

2. Personalisasi Komunikasi Anda

Anda memiliki pelanggan yang banyak, tetapi akan lebih personal jika saat berkomunikasi dengan mereka selalu menyebutkan nama pelanggan. Anda tidak perlu bingung bagaimana menghafalnya, karena Anda tidak perlu menghafalkan nama-nama pelanggan Anda. Cukup gunakan tools yang bisa melakukan otomatis itu semua.

Misalnya saja untuk email marketing seperti poin pertama. Ada banyak platform email marketing yang bisa digunakan. Dan ketika Anda ingin berkomunikasi atau mengirim newsletter ke mereka pastikan selalu mengisi nama atau data personal pembelian mereka.

Dengan seperti ini pelanggan Anda akan merasa mendapatkan perhatian lebih dan dihargai. Dan itu bisa meningkatkan loyalitas mereka. Semua itu bisa dilakukan dengan otomatis dengan tools yang ada saat ini.

3. Tanggapi Setiap Interaksi Baru

Itulah mengapa di bisnis online Anda butuh Customer Service atau sejenisnya. Karena bagian inilah yang akan membantu Anda dalam menanggapi setiap interaksi baru dari pelanggan. Baik itu keluhan, pertanyaan, testimoni, harus ditanggapi.

Apalagi jika Anda sudah aktif di berbagai media sosial untuk pemasaran. Menanggapi setiap interaksi yang dilakukan oleh konsumen adalah bentuk perhatian Anda kepada konsumen. Ini juga akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Contoh lain kalau di website Anda memiliki form kontak. Setiap ada email yang dikiriman oleh konsumen melalui form tersebut, ada baiknya diberikan interaksi secara real time agar konsumen juga tahu kalau emailnya sudah ditanggapi. Untuk hal ini Anda bisa menggunakan otomatisasi melalui platform email yang Anda miliki.

Baca juga :

4. Minta Umpan Balik (Feedback)

Tidak selamanya pemasaran yang Anda lakukan itu efektif dan optimal. Mungkin dari sisi Anda itu terlihat sudah sempurna, tetapi di sisi konsumen berbeda. Untuk itu ada baiknya Anda meminta umpan balik dari konsumen untuk melihat bagian-bagian mana yang memang perlu diperbaiki.

Cara ini jelas dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan ini juga bisa digunakan untuk membuat perbaikan dalam bisnis Anda yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Misalnya saja di setiap transaksi Anda bisa kolom komentar untuk pelanggan bisa memberikan feedback.

5. Kirim Survei

Jika Anda memiliki program baru atau ingin merilis fitur/produk baru, jangan tergesa-gesa dulu. Sebelumnya Anda bisa mengirim survei ke para pelanggan Anda. Ini jelas dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda. Dengan survei juga membuat apa yang akan Anda buat bisa sesuai dengan kebutuhan pasar.

Akhirnya Anda tidak akan sia-sia dalam membuat produk atau layanan yang baru. Survei bisa dilakukan melalui email, media sosial, telepon, atau halaman khusus.

6. Aktif di Media Sosial

Media sosial adalah cara paling mudah dan murah untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda. Berterima kasihlah kepada media sosial, karena Anda bisa memiliki media atau alat yang hebat untuk meningkatkan engagement konsumen online Anda. Anda bisa membuat postingan konten baru setidaknya beberapa kali sehari untuk menjaga agar interaksi dengan konsumen tetap ada. Dan ini juga sebagai cara untuk menjaga konsumen agar terlibat di bisnis Anda.

Ingin meningkatkan keterlibatan konsumen online Anda?

Engagement tidak dimaksudkan untuk selalu menghasilkan penjualan baru. Tapi setidaknya itu bisa sebagai cara untuk mengelola dan menjaga pasar Anda agar tetap berada di dalam jaringan target pasar Anda. Dan tentunya meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Nah jika Anda memiliki website dan ingin meningkatkan keterlibatan konsumen online Anda, bisa hubungi kami untuk solusinya. Kami akan membuatkan konten artikel untuk website Anda, karena itu adalah salah satu bentuk content marketing sederhana tetapi sangat luar biasa dampaknya.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *