6 Situs Belanja Online Bayar di Tempat

  • Whatsapp

Di Indonesia itu sekarang banyak sekali situs belanja online yang menawarkan berbagai pilihan barang. Semuanya saling bersaing mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Salah satu caranya adalah dengan memberikan fasilitas metode pembayaran bayar di tempat atau COD (Cash On Delivery).

Karena pembayaran bayar di tempat atau COD ini masih diminati banyak konsumen di Indonesia meskipun sudah banyak juga situs belanja online yang menyediakan rekening bersama untuk keamanan sistem pembayaran. Karena dengan membayar secara COD, akan ada kepuasaan tersendiri dan tidak takut kalau barang tidak dikirim.

Belanja Online Bayar di Tempat

Dari sekian banyak situs belanja online yang ada, tidak semuanya memberikan layanan metode pembayaran COD, hanya beberapa saja.

Dari hasil riset EtalaseBisnis.com, kami menemukan 6 situs belanja online yang bisa Anda coba untuk bisa melakukan bayar di tempat.

Berikut 6 situs belanja online bayar di tempat :

1. Lazada.co.id

Lazada.co.id adalah salah satu situs e-commerce yang cukup melekat di benak masyarakat Indonesia. Di Lazada juga menyediakan metode pembayaran COD, dimana nanti pembeli akan membayar barang yang dibelinya secara cash ke kurir Lazada ketika sudah sampai di alamat pengiriman.

Layanan COD dari Lazada ini mencakup secara nasional.

Ketentuan COD Lazada ini hanya bisa digunakan untuk transaksi di bawah Rp 5 juta saja. Kalau di atas itu ya pakai metode pembayaran biasa, seperti transfer bank atau kartu kredit.

Baca juga : Belanja Aman di Lazada dengan Bayar di Tempat (COD)

2. Berrybenka.com

Berrybenka.com ini adalah situs belanja online untuk produk fesyen. Juga menyediakan metode pembayaran COD. Untuk bisa menggunakan layanan ini ada beberapa ketentuan.

Yakni hanya berlaku untuk pembelian produk dengan total maksimal Rp 1 juta. Pembayarannya wajib tunai ya, tidak boleh hutang. Layanan ini berlaku di beberapa kota di provinsi berikut : Bali, Banten, D.I Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, Papua.

3. Blibli.com

Blibli ini situs e-commerce yang sudah cukup lama dan ternyata juga menyediakan layanan COD. Hanya saja layanan COD yang ada di Blibli ini tidak berlaku di seluruh produk. Tapi untuk produk tertentu saja yang memiliki informasi “Dikirimkan oleh Blibli.com” dan cakupan wilayahnya juga tertentu. Total ada 61 kota.

Selain itu juga ada ketentuan lain, seperti jumlah pesanan maksimal hanya Rp 3 juta saja. Lebih dari itu tidak bisa menggunakan COD.

Layanan COD ini hanya berlaku untuk mengantaran saja, konsumen tidak bisa menitipkannya ke kurir apabila ingin return.

4. Zalora.co.id

Zalora juga punya layanan bayar di tempat. Ketentuan layanan bayar di tempat Zalora ini maksimal pembelian adalah Rp 2 juta saja. Karena Zalora menjual produk fashion, maka dari itu konsumen tidak diperbolehkan mencoba produknya dulu sebelum melakukan pembayaran.

Dan untuk return juga tidak bisa dititipkan ke kurir.

Baca juga : Cara Menggunakan Fitur Tokopedia Bayar di Tempat

5. JakartaNotebook.com

Dulu sih JakartaNotebook hanya menjual produk-produk IT, tetapi sekarang juga fashion. Nah apabila Anda berdomisili di Jakarta, situs belanja online ini menyediakan layanan bayar di tempat atau COD. Pengirimannya nanti dikirim oleh kurir JakartaNotebook.

Layanan COD di JakartaNotebook sistemnya beda dengan lainnya. Jadi kalau mau pakai sistem COD, pembeli harus pesan melalui telepon, nantinya tim COD akan memberikan info jadwal pengiriman kepada pembeli. Dan barang akan dikirim sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

Enaknya adalah pembeli bisa membayar setelah melakukan pengecekan barang dulu. Tapi selain lewat telepon, pembeli juga bisa menggunakan layanan COD dengan membeli secara online, nanti akan informasinya.

Ketentuan COD di JakartaNotebook ini maksimal Rp 2 juta.

6. Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace yang menyediakan layanan COD. Entah mengapa kompetitornya Bukalapak dan Tokopedia tidak ada. Layanan COD di Shopee ini bisa ditemui saat Anda sudah melakukan check out, tetapi tidak di semua barang. Hanya beberapa saja dan atau ketika promo.

Baca juga : Cara Belanja di Shopee Bayar di Tempat

Itulah 6 situs belanja online bayar di tempat yang bisa Anda coba. Tetapi sebenarnya di era sekarang sudah tak perlu pakai COD, soalnya dengan adanya sistem pembayaran rekening bersama, transaksi Anda akan tetap aman. Tapi ya itu selera juga sih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 Komentar

    1. Masalahnya bukan aman atau tidaknya, kalau kita belanja untuk perusahaan atau kantor itu keluar uang harus ada barang. jika tidak cod..?

  1. Konsumen yg pernah tertipu kapok belanja online dengan transfer dulu baru barang dikirim . Konsumen yg baru belajar megang hp android seperti saya masih bingung / gagap menggunakannya. makanya lebih suka cara tradisional saja

    terimaksih

    1. Menurut kami, salah satu penyebab mengapa bisa tertipu belanja online adalah kurangnya edukasi soal belanja online itu sendiri. Ya misalnya masih bingung atau gagap cara berbelanja online yang benar dan tidak mau mempelajarinya. Sehingga itu menjadi salah satu penyebabnya. Namun, itu semua tidak bisa dijadikan alasan kalau semua toko online atau traksaksi online semuanya berbahaya.

      Saran kami, perbanyak edukasi soal tata cara belanja online yang benar dan aman.

    2. setujuu….. banyak tukang tipu…. sengaja nipu…. pura pura ngga tau…. atau jualan ngga kompeten….. suruh dituker atau dikembaliin juga emangnya waktu gue ama keperluan gue yang mendesak saat itu bisa lo balikinn

  2. Beberapa bulan lalu sya beli parfum lewat belanja online dan pembyaran secara COD..namun sekrg saya rencana akan belanja lg lwat aplikasi belanja online tersbut namun sistem pembyran COD sdh tdk melayani lg..apa boleh dibantu masukannya agar parfum yg akan saya beli bisa saya byara dgn cara COD??

    1. menjelang lebaran ini kan fitur COD memang dinonaktifkan. Nanti akan diaktifkan kembali setelah lebaran.

    1. Ya bisa saja, Anda bisa langsung janjian dengan penjual / pembeli untuk bertemu disuatu tempat untuk mengambil pesanan dan membayarnya langsung. :) Seperti itu sudah COD namanya. Tapi kalau mau lewat kurir, ya tidak bisa.

  3. Mau tanya Om,,
    Saya kan menjual produk barang d marketflace Facebook dan apakah bisa jika qt
    Ingin mengunakan sistem COD
    Tanpa mempunyai apk yg lain…sperti apk jual brg yg lain.??