Cara Mendapatkan Mesin EDC untuk Bisnis. Mudah Kok!

Mesin EDC

Cara Mendapatkan Mesin EDC ke Bank | Gaya hidup konsumen semakin berubah, dari yang awalnya harus membawa banyak uang saat mau berbelanja, kini cukup bawa kartu debit/kredit, uang elektronik, dan sejenisnya. Pihak toko juga perlu menyediakan mesin EDC untuk menjadi pilihan pembayaran bagi para konsumen.

Apakah usaha Anda masih menggunakan metode pembayaran tunai saja kepada para konsumen? Jika iya, kini saatnya Anda mulai berbenah. Sediakan juga mesin EDC agar para konsumen bisa lebih leluasa dalam melakukan pembayaran, entah itu dari kartu debit atau kredit.

Mesin EDC (Electronic Data Capture) ini merupakan alat yang digunakan untuk menerima pembayaran yang langsung dapat menghubungkan rekening bank pengguna (konsumen) kemudian memindahkan dananya untuk pembayaran secara realtime.

Cara Mendapatkan Mesin EDC

Mesin EDC ini disediakan oleh pihak bank yang bisa digunakan oleh nasabah yang memang memiliki usaha/toko/merchant. Untuk bisa memilikinya, nasabah atau pemilik usaha harus mengajukan mesin EDC ke bank.

Sebelum kita jelaskan bagaimana cara mendapatkan mesin EDC, simak dulu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari memiliki mesin EDC ini.

Baca juga : Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Mesin EDC untuk Pemilik Usaha

Menurut kami adalah hal wajib jika usaha Anda memiliki mesin EDC. Karena sekarang ini zaman sudah berubah dan gaya hidup masyarakat pun juga berubah.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

  • Memberikan kemudahan kepada konsumen. Jelas konsumen Anda bisa mendapatkan pilihan pembayaran yang lebih beragam, kalau memang sedang tidak bawa cash, bisa langsung gesek kartu debit/kredit di mesin EDC.
  • Meningkatkan penjualan. Biasanya kartu debit/kredit itu sering memiliki promo, alhasil banyak orang yang ingin mendapatkan promo tersebut. Dengan adanya mesin EDC maka secara tidak langsung itu akan meningkatkan penjualan di usaha Anda.
  • Efisiensi Waktu. Melakukan pembayaran dengan mesin EDC lebih cepat dibanding secara cash yang kadang perlu menghitung dulu uangnya.
  • Lebih Aman. Kalau pembayaran secara cash kadang ada masalah dalam perhitungan uang, atau bahkan risiko beredarnya uang palsu. Dengan menggunakan mesin EDC maka pembayaran akan lebih aman.

Owh ya, mesin EDC ini juga punya beberapa jenis.

Baca juga : Keunggulan Kartu Berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) Untuk Nasabah

Jenis-Jenis Mesin EDC

Secara fisik, mesin EDC itu ya seperti itu-itu saja, semuanya sama. Hanya saja yang membedakan antar jenisnya adalah masalah konektivitas.

Ada mesin EDC yang menggunakan jaringan telepon rumah untuk konektivitasnya, sehingga nanti dicolok ke line telepon.

Ada mesin EDC yang menggunakan jaringan seluler GPRS untuk konektivitasnya.

Ada juga mesin EDC yang menggunakan jaringan seluler tetapi untuk dayanya menggunakan baterai, sehingga bisa lebih mobile.

Lalu bagaimana cara mengajukannya?

Baca juga : Alasan Kamu Harus Ganti Kartu ATM yang Pakai Chip

Cara Mendapatkan Mesin EDC ke Bank

Ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi ketika ingin mengajukan mesin EDC ke bank.

  1. Menjadi Nasabah

    Anda harus menjadi nasabah bank terkait. Misalnya Anda ingin memiliki mesin EDC Bank Mandiri, maka Anda perlu membuka rekening di Bank Mandiri. Jenis rekeningnya bisa rekening tabungan biasa atau giro.

    Mengapa harus menjadi nasabah? Karena nanti ketika pembayaran dari konsumen bisa langsung di transfer ke rekening Anda.

  2. Menyiapkan Syarat-Syarat Dokumen

    Selanjutnya Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen pendukung berikut ini :
    – KTP/Passport
    – NPWP Pribadi / Badan
    – SIUP/TDP/Surat Keterangan Domisili
    – Sertifikat Kepemilikan Tempat/Surat Keterangan Sewa Tempat Usaha
    – Akta Pendirian
    – Buku Rekening Tabungan

  3. Datang ke Kantor Cabang Bank

    Kalau data-data di atas sudah siap, Anda bisa langsung datang ke bank terkait untuk mengajukan mesin EDC. Bilang saja ke satpam kalau Anda ingin mengajukan mesin EDC untuk usaha. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan. Isi formulir tersebut, pengajuan Anda akan diproses oleh CS.

Mungkin syarat-syarat di atas ada yang memang diperlukan dan ada yang perlu tambahan. Karena tiap bank punya kebijakan masing-masing. Nanti diikuti saja panduannya.

Baca juga : Cara Daftar Agen BRILink & Syarat Pendaftarannya

Apakah nanti langsung mendapatkan mesin EDC?

Masalah ini juga tergantung dari kebijakan bank masing-masing. Jadi kami tidak bisa pastikan apakah setelah melakukan permohonan tersebut akan langsung mendapatkan mesin EDC atau tidak.

Bisa jadi nanti Anda diminta untuk menunggu beberapa hari dulu atau bisa saja langsung saat itu juga.

Itu beberapa poin penjelasan mengenai cara mendapatkan mesin EDC di bank, semoga bisa jadi bahan referensi untuk Anda.

Originally posted 2021-03-27 16:43:17.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 Comments

  1. Saya agen bni 46.kenapa mesin edc. Sampai sekarang sudah 4bulan mesin edc belum diberi. Pelanggan saya banyak yg tdk datang lagi. Mohon beri penjelasan untuk ini

    1. saya sudah lama menjadi agen BSI Namun sampai saat ini belum dibeikan mesin edc cuma makan janji aja setiap ada mesin yang tesedia hanya diberikan kepada family karyawan bsi saja meskipun baru buka padahal transaksi saya sudah melebihi target, debet kreditnya sudah mencapai ratusan juta per hari mohon pertimbangannya pihak bsi

  2. Saya ingin mendapatkan edc mandiri,karena kami tinggal dipulau yang dipisahkan oleh laut untuk kekota.
    Ceritanya harus nyeberanglah yang akan menyita waktu dan dana transportasi.
    Kalau seandainya ada edc kan jadi lebih mudah
    Lagian saya udah jadi nasabah bank mandiri juga
    Mungkin bisa dicek lewat rekening saya transaksi yg terjadi
    Sekian
    Terima kasih

    1. qta bisa membuat untuk mendapatkan mesin EDC BCA , syarat nya hanya KTP dan rek tabungan BCA tanpa harus datang ke Bank BCA tpi tim qta sendiri yg datang ke rumah atau tempat usaha bapak.

  3. Bisakah sy membeli mesin edc di online shop lalu bank yg meprogram dan mengaktifkannya.
    Apakah bank tersebut mau?

  4. Saya daftar jadi agen 46 BNI tpie sudah 2 bulan mesin EDC saya kok blom datang… Padahal warga2 juga menunggu kedatang_an ya

  5. saya ingin mengajukan Mesin edc ke pihak bank,,karena saya di sini punya usaha Loket listrik

  6. Saya mau pak kan daerah saya banyak yang menggunakan kartu ATM dan sering menanyakan bisa bayar no tunai gak katanya begitu untuk itu saya kepikiran ingin memiliki alat eec tersebut

  7. Saya sudah 2 tahun menunggu mesin edc dari BSI tapi belum kunjung dapat juga, padahal transaksi saya berkisar antara 300-450 trx per bulan setiap ditanyakan di bsi unit selalu alasna belum ada pengadaan akan tetapi kenyatannya mesin edc dibagikan kepada keluarga atau family karywan yang membuka outlet baru. mohn solusinya mbak