Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengaktifkan Metode Pembayaran COD (Bayar di Tempat) di Shopee

Kalau Anda penjual di Shopee dan ingin menyediakan layanan atau metode pembayaran COD (Bayar di tempat) untuk pembeli Anda, caranya cukup mengaktifkan metode ini di akun Anda masing-masing. Sebelum Anda benar-benar mengaktifkan, mari kita lihat dulu apa kelebihan dan kekurangannya.

Di Shopee ini sudah memiliki fitur COD yang bisa dimanfaatkan oleh penjual atau pembeli. Dengan adanya fitur COD ini akan memberikan pilihan pembayaran lain selain metode pembayaran melalui transfer dan lainnya.

Nah dari sisi penjual, dengan mengaktifkan metode pembayaran COD atau Bayar di tempat ini memberikan keuntungan yang bagus.

Begini, meskipun sistem transaksi melalui marketplace yang ada sekarang ini bisa dikatakan 99% aman karena pembayaran melalui rekber (pihak marketplacenya), tetapi dari sisi pembeli masih ingin mendapatkan keamanan dalam berbelanja.

Baca juga : Belanja di Shopee Bayar di Tempat

Shopee Bayar di Tempat

Salah satunya adalah dengan memilih sistem pembayaran COD atau Bayar di tempat ini. Mohon maaf, karena beberapa pembeli memang masih ‘kurang percaya’ atau takut dengan transaksi online di marketplace. Sehingga pilihan pembayaran COD yang mana nanti pembayaran dilakukan setelah barang sampai, ini akan membuat rasa aman dan nyaman bagi pembeli.

Dampak jika toko Anda mengaktifkan fitur COD ini, tentu akan memikat banyak pembeli. Karena pembeli sekarang masih banyak yang menginginkan sistem pembayaran COD. Secara tidak langsung dampaknya akan meningkatkan kredibilitas toko Anda.

Jadi menurut kami tidak ada salahnya jika Anda mengaktifkan metode pembayaran COD. Toh dari sisi mekanisme pembayaran dana ke akun Anda tidak ada bedanya. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya?

Berikut cara mengaktifkan metode pembayaran COD atau Bayar di tempat di Shopee :

Melalui Aplikasi Shopee

  • Buka aplikasi Shopee Anda.
  • Pilih tab “Saya”
  • Pilih ikon “Toko Saya >” yang ada di pojok kiri atas
  • Pilih menu “Jasa Kirim Saya”
  • Pilih jasa pengiriman yang dipakai. Saat ini yang mendukung COD baru J&T
  • Pilih ikon (i) untuk membuka pilihan COD
COD Shopee
  • Aktifkan metode pembayaran COD
  • Simpan

Baca juga : Keuntungan & Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Melalui Website Shopee (Seller Center)

Metode Pembayaran COD Shopee
  • Kemudian pilih jasa pengiriman yang sudah mendukung COD. Aktifkan COD
  • Selesai

Seperti itu caranya. Tapi mungkin bagi Anda yang mengikuti cara di atas tapi tidak menemukan opsi Aktifkan COD di semua jasa pengiriman, baik itu JNE, J&T, dll, maka Anda harus menghubungi CS Shopee.

Hubungi pihak CS Shopee baik melalui email atau melalui DM Twitter @ShopeeCare dengan isi pesan meminta pengajuan metode pembayaran COD untuk seller. Dan silakan informasikan data Anda berupa :

  • Username akun Shopee :
  • Email aktif :
  • Alamat lengkap :

Baca juga : Apakah Menerima Pengajuan Pembatalan Pembeli di Shopee Mengurangi Performa Toko?

Untuk masalah dana, nantinya akan masuk ke ShopeePay Anda setelah pembeli melakukan konfirmasi Pesanan Diterima atau 2 hari setelah masa garansi Shopee selesai.

Kalau ada yang masih ingin ditanyakan, langsung tulis di komentar ya.




31 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.