Cara Mengaktifkan COD di Shopee (Bayar di Tempat)

Shopee Bayar di Tempat

Kalau Anda penjual atau Seller Shopee, wajib tahu cara mengaktifkan COD di Shopee. Karena kalau toko Anda sudah mendukung COD atau Bayar di Tempat, maka akan semakin banyak pembeli yang tertarik. Simak informasi lengkapnya di artikel berikut ini.

Kalau Anda penjual di Shopee dan ingin menyediakan layanan atau metode pembayaran COD (Bayar di tempat) untuk pembeli Anda, caranya cukup mengaktifkan metode ini di akun Anda masing-masing. Sebelum Anda benar-benar mengaktifkan, mari kita lihat dulu apa kelebihan dan kekurangannya.

Di Shopee ini sudah memiliki fitur COD yang bisa dimanfaatkan oleh penjual atau pembeli. Dengan adanya fitur COD ini akan memberikan pilihan pembayaran lain selain metode pembayaran melalui transfer dan lainnya.

Nah dari sisi penjual, dengan mengaktifkan metode pembayaran COD atau Bayar di tempat ini memberikan keuntungan yang bagus.

Begini, meskipun sistem transaksi melalui marketplace yang ada sekarang ini bisa dikatakan 99% aman karena pembayaran melalui rekber (pihak marketplacenya), tetapi dari sisi pembeli masih ingin mendapatkan keamanan dalam berbelanja.

Baca juga : Belanja di Shopee Bayar di Tempat

Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Salah satunya adalah dengan memilih sistem pembayaran COD atau Bayar di tempat ini. Mohon maaf, karena beberapa pembeli memang masih ‘kurang percaya’ atau takut dengan transaksi online di marketplace. Sehingga pilihan pembayaran COD yang mana nanti pembayaran dilakukan setelah barang sampai, ini akan membuat rasa aman dan nyaman bagi pembeli.

Dampak jika toko Anda mengaktifkan fitur COD ini, tentu akan memikat banyak pembeli. Karena pembeli sekarang masih banyak yang menginginkan sistem pembayaran COD. Secara tidak langsung dampaknya akan meningkatkan kredibilitas toko Anda.

Jadi menurut kami tidak ada salahnya jika Anda mengaktifkan metode pembayaran COD. Toh dari sisi mekanisme pembayaran dana ke akun Anda tidak ada bedanya. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya?

Berikut Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Untuk mengaktifkannya, bisa melalui aplikasi Shopee atau bisa lewat website Seller Center Shopee. Keduanya bisa dilakukan dengan mudah.

Melalui Aplikasi Shopee

COD Shopee
  • Buka aplikasi Shopee Anda.
  • Masuk ke halaman “Toko Saya”
  • Pilih menu Jasa Kirim Saya
  • Kemudian aktifkan pilihan Aktifkan COD di jenis pengiriman Reguler dan Hemat
  • Selesai

Baca juga : Keuntungan & Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Melalui Website Shopee (Seller Center)

Cara Mengaktifkan COD di Shopee
  • Buka website shopee.co.id atau langsung masuk ke https://seller.shopee.co.id/
  • Pilih Pengiriman > Pengaturan Pengiriman
  • Centang COD yang ada jenis Jasa Kirim Reguler (Cashless) dan Hemat
  • Selesai

Seperti itu caranya. Tapi mungkin bagi Anda yang mengikuti cara di atas tapi tidak menemukan opsi Aktifkan COD di semua jasa pengiriman, baik itu JNE, J&T, dll, maka Anda harus menghubungi CS Shopee.

Hubungi pihak CS Shopee baik melalui email atau melalui DM Twitter @ShopeeCare dengan isi pesan meminta pengajuan metode pembayaran COD untuk seller. Dan silakan informasikan data Anda berupa :

  • Username akun Shopee :
  • Email aktif :
  • Alamat lengkap :

Baca juga : Apakah Menerima Pengajuan Pembatalan Pembeli di Shopee Mengurangi Performa Toko?

Untuk masalah dana, nantinya akan masuk ke ShopeePay Anda setelah pembeli melakukan konfirmasi Pesanan Diterima atau 2 hari setelah masa garansi Shopee selesai.

Cara Cek Fitur COD Sudah Aktif atau Belum

Setelah Anda mengaturnya, silakan pastikan fitur COD di toko Anda sudah aktif atau belum. Caranya coba Anda uji coba order produk di toko Anda, kemudian Checkout, dan saat memilih Metode Pembayaran lihat saja apakah ada pilihan Bayar di tempat (COD) atau tidak. Jika ada ya berarti sudah muncul.

fitur cod shopee

Kalau sudah muncul, ya udah stop jangan lanjutkan transaksi, masa iya Anda mau membeli produk yang Anda jual sendiri. Itu cuma untuk uji coba saja. Dan sebaiknya uji cobanya pakai akun Shopee lain. Seolah-olah Anda itu penjual di toko Anda.

Paling gampang ya tinggal dicek di halaman Pengaturan Pengiriman, kalau sudah aktif, maka ada tulisan [COD Aktif] seperti berikut ini.

COD Shopee

Baca juga : Solusi COD untuk Penjual Non Marketplace

***

Dengan mengaktifkan COD di Shopee akan membuat toko Anda bisa semakin dilirik pembeli. Karena pembeli sekarang ini suka kalau bisa membayar barang yang dibelinya pas sudah sampai.

Kalau Anda sudah mengaktifkan fitur COD Shopee tetapi pembeli tidak bisa melakukan menggunakan metode Bayar di Tempat, kemungkinan alamat pembeli belum didukung oleh layanan COD.

Sebaiknya untuk mengantisipasi hal ini, Anda aktifkan saja semua jasa ekspedisi yang ada. Itu saja penjelasan yang bisa kami berikan, semoga cara mengaktifkan COD di Shopee ini bisa Anda lakukan dengan benar. Mudah kok caranya. Kalau ada yang masih ingin ditanyakan, langsung tulis di komentar ya.

Baca juga : Cara Gabung Shopee Affiliate Program dan Berbagai Keuntungannya

Originally posted 2021-03-30 10:46:21.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

223 Comments

  1. Saya menerapkan sistem COD, tp mengapa masuk dana nya lebih lama..? Saya hubungi pihak pembeli, padahal barang sudah diterima namun di aplikasi shopee pembeli belum bisa diklik “barang diterima”. Padahal sudah H+3 barang sampai.

  2. Sy sebagai penjual ingin COD, tp sy tdk gabung di salah satu olshop, kalo sy mau kirim ke luar kota gmn ya caranya spy bs COD? Trmksh

    1. Coba pakai kurir SiCepat, mereka punya layanan COD meskipun tidak bergabung di marketplace. Tetapi baru beberapa kota saja.

  3. Dear admin.
    Kalo saya cuma jualan online dari marketplace FB. Kira2 bisa gak kalo mau pake cara cod juga.
    Kalo bisa gimana cara kerjasamanya dengan pengiriman…..
    Mohon pencerahannya .

    1. Kalau mau pakai sistem COD yang bekerja sama dengan jasa ekspedisi belum bisa. Tapi kalau mau COD secara langsung antara Anda dengan pembeli ya bisa-bisa saja.

  4. Bagaimana caranya mengaktifkan COD apabila Nominal atau harga produk di bawah 50rb. Apakah bisa COD juga?
    Soalnya harga produk yang saya jual itu di bawah harga 50 rb kebawah. Dan belum bisa COD apabila customer tidak belanja min 50 rb.

    1. COD Minimal Rp 50ribu itu sudah kebijakan dari pihak Shopee. Anda tidak bisa mengubahnya. Tetapi Anda tetap bisa mengaktifkan fitur pengiriman COD dengan mengaktifkan kurir J&T

  5. Hai min.. boleh tanya.. jika saya ingin mengirim barang dengan sistem COD lewat J&T dan yang tidak melalui aplikasi online shop.. itu bagaimana cara nya dan apa saja persyaratan nya..

    1. Halo, Sepertinya belum bisa deh. Soalnya sistem COD dari J&T itu baru kerjasama dengan marketplace

  6. bantu jawab gan, saya sebagai Seller. ada hal yang mau saya tanyakan.

    1. pembeli sudah transfer dana + ongkir J&T Express
    2. paket sudah saya proses kirim (tapi saya kirim paket tidak di kenakan biaya )

    tapi pas dana masuk ke shopee pay saya, dana yang di terima saya sesuai harga produk, lalu pertanyaanya??? ongkir yang tercantum di PO tersebut, apakah dibebankan ke pembeli gan.? atau itu sistem pembayaran ongkir yg dibayar di tempat. terima kasih

    1. Iya, jual beli online itu Ongkos Kirim ditanggung pembeli. Dan untuk kasus Anda tersebut, Ongkir sudah dibayar oleh pihak Shopee ke J&T nya.

  7. tolong dibantu ya,saya mau beli barang,dsitu ada tulisan cod pas saya checkout gak bisa dipilih cod,katanya alamat anda tidak mendukung metode cod,gimana tu ya
    bantu dong kak
    saya lihat sih profil penjualnya dari luar negri

      1. Cod shopee aku ke blokir gara gara beberapa konsumen cancel …apakah ke blokir nya lama?

  8. halo master-master yg ada di sini
    mohon info dan bantuan
    saya kan dropshiper lazada dan ambil suplier asli di tokped dengan sistem cod, ada yg beli di toko kami 3 pcs harga misal 10rb jd bayar pembeli kan 30 rb tp saat saya ke suplier suda byar 30 rb ktanay ada biaya tambahan 3kgnya krn di cod gk ada ongkir, ada yg bisa jawa terima kasih

  9. Bantu jawab dong gan, newbie banget sama sistem cod
    saya seller yang ga nyetok dagangan , setiap ada yg order di shopee, suplier saya yang kirim, bukan saya ..
    Nah kalo ada yang order pakai Cod ,
    Tahapan tahapan yang harus seller lakukan apa ya gan ?
    Apakah ada menu/petunjuk khusus yang harus dipilih oleh seller ?

    Saya takutnya nanti kurirnya jemput barang di tempat saya , padahal barangnya ada di suplier saya ..

    Mohon dibantu gan

    1. Sistem COD itu Cash On Delivery, artinya pembayaran dilakukan saat barang sudah diterima. Yang dilakukan Seller sebenarnya sama saja, mengirim pesanan ke kurir. Kalau dalam hal ini adalah supplier Anda yang kirim. Tapi dalam proses order ini pembeli belum membayar, nantinya pembayaran akan dilakukan pembeli jika pesanan sudah diterima.

      Nah nanti kalau pesanan sudah diterima, maka pihak Shopee akan meneruskan dananya ke saldo Anda.

      Jadi pembayarannya itu di tempat pembeli, bukan penjual. Semoga paham.

  10. assalammualaikum,
    mas admin. saya mau tanya.
    1. jika kita mau COD apakah kita harus melakukan registrasi atau semacam perjanjian dengan pihak jasa pengiriman? (penjualan melalui marketplace facebook)
    2. apabila COD (marketplace facebook) bagaimana kita mendapatkan uang dari sistem itu untuk si penjual?
    3. apabila baranng sudah diterima tapi si pembeli tidak ada dirumah. barang kita bagaimana? karena kita sudah mengeluarkan modal min.
    mohon pencerahannya. terimakasih

    1. Kalau jual beli di Facebook, sistem COD hanya bisa dilakukan antar dua belah pihak secara langsung, dalam hal ini Penjual dan Pembeli. Dimana penjual dan pembeli langsung menentukan tempat ketemu dimana untuk serah terima pesanan dan pembayaran.

      Kalau lewat jasa pengiriman, belum ada jasa pengiriman yang mendukung COD. Shopee bisa COD karena sudah bekerja sama dengan pihak J&T. Dan kalaupun Anda ingin menggunakan sistem COD dengan J&T secara langsung belum bisa.

  11. Untuk pengembalian dana harus aktifin shopee pay ya? Soalnya saya mau verifikasi shopee pay error mulu

  12. Kalau saya jualan di marketplace fb dan ada pembeli yang minta di kitim dengan system cod , gimana prosesnya ?
    Apa aku harus beli dulu di toko shopeeku system cod terus di kirim ke alamat pembeli yang di fb ?
    Mohon pencerahannya

    1. Saat ini kurir yang memiliki layanan COD (tanpa melalui marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak) adalah SiCepat. Tetapi hanya untuk kota-kota besar.

      Sebaiknya memang disuruh transaksi di Shopee pilih kurir J&T untuk bisa menggunakan layanan COD

  13. Gan tanya dong,
    di artikel keterangannya kalo posisi barang dan alamat toko sinkron.
    gimana dengan DS ya gan? soalnya alamat suplier dan toko saya udah beda provinsi.

  14. maaf mau tanya gan, saya jual produk virtual seperti evoucher di shopee.. evoucher langsung saya kirimkan begitu pesanan masuk.
    setelah saya kirimkan, malam nya, saya baru cek rincian pesanan customer. dan ternyata ada yg pilih pembayaran cod (saya belum non aktifkan).
    dan alamat yg diberikan hanya nama jalan saja (tidak lengkap).
    bagaimana kalau alamatnya tidak ditemukan pihak kurir? sedangkan metode pembayaran cod dan evoucher sudah saya kirimkan?

  15. Yang di Bayar di Tempat itu Ongkos Kirimnya atau dengan Harga Barangnya ya?

    Terus untuk menghindari Penipuan/PHP dari Pihak Pembeli bagaimana?

    1. Kalau lewat Shopee, Bayar di Tempat itu ya bayar seluruh total belanja + ongkirnya.
      Cara menghindari penipuan? Lihat profil sellernya, lihat transaksi dan tesminoninya. Intinya sebagai pembeli harus lebih pandai.

  16. Gan, di akun shopee saya kok tidak ada tulisan aktifkan COD di bagian pengiriman J&T nya ya?

  17. sy reseler dari toko yg ada diweb,dan saya sering diminta konsumen untuk pembayaran cod,bagai mana sy bisa melakukannya,sedangkan toko web tersebut tak bisa mengurus pembayaran secara cod ke konsumen saya,saya bayar ke toko web,web kirim barang ke konsumen saya,konsumen saya minta pembayaran cod, bagaimana cara pengurusannya?apakah saya bisa bermitra dengan jet expres?

  18. Gimana klo misal brang sudh dikirim trus pembayaran dilakukan cod . nah gimana klo pembeli tidak bisa dihubungi? Gimana dengan si penjual dan di pembeli . apakah pembeli bisa di laporkan atau gimana?

    1. Biasanya kalau pakai Metode Pembayaran COD tetapi pas dikirim ke alamat, penerima tidak ada. Pihak kurir akan menghubungi via telp si penerima dulu. Tapi jika tetap tidak ada konfirmasi, biasanya akan dikirim balik ke penjual barangnya.

  19. maaf mas mau tanya, apakah masnya tau solusi untuk toko yang sudah mengaktifkan fitur COD tetapi di produk tidak muncul tulisan COD ? Sekian terima kasih

    1. Mohon dicek kembali, saat melakukan checkout pesanan dan memilih Metode Pembayaran, apakah ada pilihan Bayar di tempat (COD)? Kalau ada berarti fitur COD di toko tersebut sudah aktif.

  20. Saya mau tanya, saya kan baru bukak toko di shopee apakah bisa langsung aktifin sistim COD nya, apa ada syarat nya

  21. Opermisi kak, misal nih kak. Saya jual product ambik dari shope. Di shope harga 10.000 saya jual ke orang lg di fb seharga 20.00 misal. Nah pembeli minta sistim COD. Nah kan otomatis uang yg nrima kurir nih, nah nanti saya ambil keuntungan saya lwt apa yah. Lwt mana. Mohon balasanya

    1. Itu dijual ke FB, posisi barangnya sudah Anda miliki atau belum ya? Kok saya bingung.

  22. Saya baru saja membuka toko sendiri di shopee, bagaimana saya mencoba membeli sebagai pembeli hanya sampai tahap checkout?

  23. Ini kalau mau COD harus pakai minimal pembelian ya? Soalnya saya mau beli ini itu ga bisa COD terus katanya tidak memenuhi minimal pembelian. Trus saya harus gimana?

  24. Bagaimana cara agar bisa pembayaran via cod yg di bawah 50rbu karena setahu saya bisa cod d shopee jika nominal belanja minimal 50rb… Saya pnya olshop d shopee tp utk cod g bsa kurang dr 50rb… Mohon penjelasannya ka… Trimakasih sebelumnya

  25. kak, maunannya. kenapa ga bisa menggunakan COD lebih dari 10x di 1 akun ya? apa ada solusinya kak?

  26. Mas, mau tanya ni. Saya dropship dg metode CCD. Tidak sengaja saya menekan tombol pilihan barang sudah diterima pesanan selese. Mengenai produknya apa masih terus dianter ekspedisinya ke alamat pembeli? Takutnya dianggap sudah selese pengirimannya.. makasih sebelumnya

  27. Kak mau tnya.. ada yg pesan barang dengan pembayaran COD namun timbangan bertambah tidak sesuai tertera di awal itu yg bayar kelebihan uang nya siapa ya kk..? Penjual apa pembeli..? Mohon d bls kk..

  28. Apakah dengan menggunakan metode ini uang yg dibayarkan coustumer akan langsung ditransfer atau perbulan?

  29. Bang , shopee punya ku udah tak aktifin fitur cod seperti yang abang bilang , tapi kok produk yang ada logo nya ”BAYAR DITEMPAT” kok tidak semuanya ?
    Hanya beberapa saja yang ada logo tersebut ?
    Tolong bantuanya..

    1. Saya sendiri juga tidak tahu ini, soalnya masalah itu kebijakan dari pihak Shopee nya sendiri.

  30. saya sudah ngaktifin layanan cod di akun shopee saya sebagai penjual, tapi kenapa ya saya cek dengan akun shopee lain seolah-olah mau beli, tapi layanan cod tidak muncul ya? mohon pencerahannya, karena pemula

  31. Maaf mau tanya, kenapa y saya sudah aktifin bayar cod y tpi tidak muncul d toko saya, mohon bimbingan y, tpi ada yg muncul ada yang tidak padahal pengaturannya sama

  32. Mas saya sdh aktifkan sistem codnya..to pas saya buka toko saya..knp tdk muncul kata buat pesanan ya?

  33. Kak saya jualan di Shopee, trus ada yg beli dengn pembayaran COD tp pembelinya dr luar pulau, apakah dgn sistem COD klo wilayah pembeli terlalu jauh tetap aman untuk penjual?

  34. Apakah dgn sistem COD klo wilayah pembeli terlalu jauh tetap aman untuk penjual shopee? Pembeli dr berbeda pulau

  35. Saya dropshipper mau mengaktifkan metode COD tapi ternyata tidak ada pilihan COD,,,bisa ngga pilihan COD di aktifkan/dimunculkan??apakah harus ganti akun shopee saya

  36. Penjual sudah mengaaktifkan metode cod tapu pembeli tidak bisa chek out bayar ditempat baha
    Kan pas pembayaran tidak ada tulisan bayar ditempat…mhon pencerahannya.

    1. Seharusnya kalau pilihan COD sudah diaktifkan dari sisi seller, maka pilihan metode pembayaran COD (Bayar di tempat) sudah ada. Tapi kalau belum ada, coba tanyakan ke CS Shopee

  37. Mau tanya kak saya kan jualan barang seharga 30.000 mengaktifkan jasa cod terus pas saya cek kok dibayar cuma 20.000 ke saldo saya,gimana solusi nya ya

    1. Coba dicek lagi, mungkin itu pembelinya memang bayar Rp 20.000 karena dapat diskon atau menggunakan voucher/koin shopee. Tapi nanti uang yang masuk ke saldo Anda tetap 30.000, coba dicek lagi. Jangan lihat berapa yang dibayar oleh Pembeli, tapi lihatlah di Total Penjualan.

  38. Ok..keluhan saya..saya sdh aktifkan layanan COD ..tapi sudah berminggu2 sya cek..tdk muncul2 layanan COD nya di produk saya

  39. Gini pak kenapaakun lain tidak bisa cod di shopee saya,katanya kamu belum mencapai minimum pembayaran cod.padahal sebelumnya belanja berapa pun konsumen saya bisa..tolong di jelaskan pak buk?

  40. Kak.. kalau saya mw buka toko di shopee atau Tokopedia ,, apa saya harus daftar dulu ke counter jnt , pos, sicepat, JNE atau yg lainnya untuk daftar dulu atau gimana ya kak !! Tolong di balas ya kak

    1. Tidak perlu. Karena jasa pengiriman sudah terintegrasi dengan marketplace Shopee, tokopedia, dll. Kakak cukup daftar atau membuat akun di marketplace saja sebagai penjual

  41. Maaf saya pemula,baru daptar di shoppe untuk pembayaran cod,itu lw kita masarkan produk kita di market place,apakah bisa langsung di order ke shoppe,maap pemula,caranya gmna mohon pencerahanya