Home » BISNIS ONLINE » Bagaimana Bekerja Sama Dengan Blogger Untuk Pemasaran Online?
Blogger Partnership
Image via http://thewritelife.com/wp-content/uploads/2015/02/blogger.jpg

Bagaimana Bekerja Sama Dengan Blogger Untuk Pemasaran Online?

Kolaborasi dalam hal pemasaran sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Kalaupun tidak menargetkan penjualan, minimal merek/produk Anda bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Di era digital saat ini, kolaborasi pemasaran online sangat mudah untuk dilakukan. Tidak perlu melakukannya dengan sesama pelaku bisnis, tapi bisa juga berkolaborasi dengan para netizen (pengguna media online).

Tren saat ini lebih dikenal dengan endorse. Ya, endorse memang cukup efektif untuk mempromosikan produk melalui personal yang bisa dibilang influencer.

Tak hanya itu saja, saat ini juga sangat memungkinkan Anda untuk bisa bekerja sama dengan blogger. Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang ini. Silahkan baca, Gandeng Blogger Untuk Membantu Pemasaran Produk Anda

Nah kali ini, saya akan coba jelaskan kepada Anda tentang cara atau bentuk kerjasama yang bisa dilakukan antara Anda sebagai pelaku usaha dengan blogger.

Perlu Anda ketahui dulu, bahwa blogger adalah seseorang yang memiliki blog dan ia rutin menulis di blognya tentang tema-tema tertentu yang mereka sukai. Saat ini banyak sekali blogger-blogger yang bertebaran, termasuk saya. 🙂

Untuk itu, Anda perlu memilih yang sesuai dengan kriteria Anda. Di artikel berikutnya saya akan berikan cara bagaimana memilih blog atau blogger yang bisa Anda ajak untuk bekerja sama. Sedangkan kali ini saya akan jelaskan dulu mengenai bentuk-bentuk kerjasamanya.

Ada beberapa bentuk kerjasama yang sering dilakukan oleh brand dalam mempergunakan blogger sebagai media pemasaran.

#1 Sponsored Post

Yang paling sering digunakan adalah model “Sponsored Post“. Sponsored Post atau artikel bersponsor sama halnya dengan artikel review produk Anda. Jadi, bentuk kerjasama ini nanti murni melalui artikel yang ditulis oleh blogger. Isinya jelas mempromosikan produk Anda secara soft selling.

Benefit apa yang Anda dapatkan nanti? Selain artikel bersponsor, Anda biasanya juga akan mendapatkan backlink ke website/toko online Anda.

Apa itu backlink? Backlink adalah penempatan link di artikel bersponsor yang mengarah ke url website/toko online Anda. Ini sangat baik untuk meningkatkan rating website Anda, dan memudahkan jika ada pengunjung yang membaca artikel bersponsor tadi untuk mengunjungi website Anda. Selain itu juga mengenalkan alamat website Anda kepada para pembaca blog miliki blogger tersebut.

Benefit lain tergantung dari masing-masing kebijakan blogger. Kalau saya biasanya akan memberikan benefit tambahan seperti share ke media sosial, artikel saya boost melalui iklan berbayar, dan lain-lain. 🙂

Berapa biaya untuk Sponsored Post? Masing-masing blogger memiliki rate sendiri-sendiri. Untuk itu lebih baik Anda tanyakan dahulu kepada blogger tentang maksud dan tujuan Anda. Dan perlu dipahami, jika blogger menawarkan dengan biaya yang menurut Anda ‘mahal’ itu sebenarnya tidak mahal. Blogger menawarkan rate segitu karena melihat kondisi blog nya yang sudah sangat baik, pengunjung yang banyak dan benefit yang diberikan.

#2 Article Placement

Bentuk kerjasama ini hampir sama dengan Sponsored Post. Namun, article placement isinya sama sekali tidak mempromosikan produk Anda. Isi artikel hanya berupa informasi umum yang nanti di dalamnya hanya disematkan link ke website Anda.

Misalnya gini, Anda berjualan baju melalui toko online, lalu ingin memasang iklan dengan blogger melalui article placement. Nanti artikel membahas tentang “Tips Membeli Baju Yang Berkualitas via Online“, isinya tentang itu. Dan nanti ada link ke website Anda dengan text anchor “toko baju online“.

Biasanya article placement digunakan untuk kebutuhan SEO Website Anda, bukan branding. Gampangnya untuk titip link website saja.

Biayanya lebih murah daripada Sponsored Post. Tapi lagi-lagi ini tergantung dengan rate masing-masing blogger.

#3 Banner Ads

Banner ads adalah bentuk kerjasama dengan blogger melalui banner yang ditempatkan di halaman blog milik blogger. Jika Anda memilih banner ads untuk model kerjasama Anda dengan blogger, pastikan blog tersebut memiliki pageview yang tinggi. Sehingga kemungkinan banner iklan Anda dilihat semakin tinggi. Nantinya banner iklan dapat diberi link menuju website Anda.

Untuk biayanya tergantung dari kebijakan blogger. Ada blogger yang memberikan biaya berdasarkan per klik, ada juga yang berdasarkan rentang waktu tayang.

Itu beberapa model kerjasama yang bisa Anda lakukan dengan blogger.

Kerjasama dengan blogger ini termasuk investasi jangka panjang. Mengingat untuk artikel bersponsor dan article placement akan tayang selamanya.

Saya memiliki pengalaman untuk hal ini. Dulu ada pelaku usaha yang memesan Sponsored Post dengan salah satu blog saya. Investasi hanya satu kali dan artikel tayang selamanya. Tapi hingga saat ini, artikel tersebut selalu dicari orang setiap harinya dari pencarian Google. Dan yang menarik setiap hari selalu ada klik yang menuju website klien saya tersebut.

Jadi ini bentuk kerjasama yang sangat efektif di era sekarang ini dan era yang akan datang. Jangan terlalu perhitungan untuk investasi semacam ini. Karena pemasaran online harus dilakukan dengan berbagai cara.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =