Cara Mengaktifkan COD di Shopee (Bayar di Tempat)

Shopee Bayar di Tempat

Kalau Anda penjual atau Seller Shopee, wajib tahu cara mengaktifkan COD di Shopee. Karena kalau toko Anda sudah mendukung COD atau Bayar di Tempat, maka akan semakin banyak pembeli yang tertarik. Simak informasi lengkapnya di artikel berikut ini.

Kalau Anda penjual di Shopee dan ingin menyediakan layanan atau metode pembayaran COD (Bayar di tempat) untuk pembeli Anda, caranya cukup mengaktifkan metode ini di akun Anda masing-masing. Sebelum Anda benar-benar mengaktifkan, mari kita lihat dulu apa kelebihan dan kekurangannya.

Di Shopee ini sudah memiliki fitur COD yang bisa dimanfaatkan oleh penjual atau pembeli. Dengan adanya fitur COD ini akan memberikan pilihan pembayaran lain selain metode pembayaran melalui transfer dan lainnya.

Nah dari sisi penjual, dengan mengaktifkan metode pembayaran COD atau Bayar di tempat ini memberikan keuntungan yang bagus.

Begini, meskipun sistem transaksi melalui marketplace yang ada sekarang ini bisa dikatakan 99% aman karena pembayaran melalui rekber (pihak marketplacenya), tetapi dari sisi pembeli masih ingin mendapatkan keamanan dalam berbelanja.

Baca juga : Belanja di Shopee Bayar di Tempat

Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Salah satunya adalah dengan memilih sistem pembayaran COD atau Bayar di tempat ini. Mohon maaf, karena beberapa pembeli memang masih ‘kurang percaya’ atau takut dengan transaksi online di marketplace. Sehingga pilihan pembayaran COD yang mana nanti pembayaran dilakukan setelah barang sampai, ini akan membuat rasa aman dan nyaman bagi pembeli.

Dampak jika toko Anda mengaktifkan fitur COD ini, tentu akan memikat banyak pembeli. Karena pembeli sekarang masih banyak yang menginginkan sistem pembayaran COD. Secara tidak langsung dampaknya akan meningkatkan kredibilitas toko Anda.

Jadi menurut kami tidak ada salahnya jika Anda mengaktifkan metode pembayaran COD. Toh dari sisi mekanisme pembayaran dana ke akun Anda tidak ada bedanya. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya?

Berikut Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Untuk mengaktifkannya, bisa melalui aplikasi Shopee atau bisa lewat website Seller Center Shopee. Keduanya bisa dilakukan dengan mudah.

Melalui Aplikasi Shopee

COD Shopee
  • Buka aplikasi Shopee Anda.
  • Masuk ke halaman “Toko Saya”
  • Pilih menu Jasa Kirim Saya
  • Kemudian aktifkan pilihan Aktifkan COD di jenis pengiriman Reguler dan Hemat
  • Selesai

Baca juga : Keuntungan & Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Melalui Website Shopee (Seller Center)

Cara Mengaktifkan COD di Shopee
  • Buka website shopee.co.id atau langsung masuk ke https://seller.shopee.co.id/
  • Pilih Pengiriman > Pengaturan Pengiriman
  • Centang COD yang ada jenis Jasa Kirim Reguler (Cashless) dan Hemat
  • Selesai

Seperti itu caranya. Tapi mungkin bagi Anda yang mengikuti cara di atas tapi tidak menemukan opsi Aktifkan COD di semua jasa pengiriman, baik itu JNE, J&T, dll, maka Anda harus menghubungi CS Shopee.

Hubungi pihak CS Shopee baik melalui email atau melalui DM Twitter @ShopeeCare dengan isi pesan meminta pengajuan metode pembayaran COD untuk seller. Dan silakan informasikan data Anda berupa :

  • Username akun Shopee :
  • Email aktif :
  • Alamat lengkap :

Baca juga : Apakah Menerima Pengajuan Pembatalan Pembeli di Shopee Mengurangi Performa Toko?

Untuk masalah dana, nantinya akan masuk ke ShopeePay Anda setelah pembeli melakukan konfirmasi Pesanan Diterima atau 2 hari setelah masa garansi Shopee selesai.

Cara Cek Fitur COD Sudah Aktif atau Belum

Setelah Anda mengaturnya, silakan pastikan fitur COD di toko Anda sudah aktif atau belum. Caranya coba Anda uji coba order produk di toko Anda, kemudian Checkout, dan saat memilih Metode Pembayaran lihat saja apakah ada pilihan Bayar di tempat (COD) atau tidak. Jika ada ya berarti sudah muncul.

fitur cod shopee

Kalau sudah muncul, ya udah stop jangan lanjutkan transaksi, masa iya Anda mau membeli produk yang Anda jual sendiri. Itu cuma untuk uji coba saja. Dan sebaiknya uji cobanya pakai akun Shopee lain. Seolah-olah Anda itu penjual di toko Anda.

Paling gampang ya tinggal dicek di halaman Pengaturan Pengiriman, kalau sudah aktif, maka ada tulisan [COD Aktif] seperti berikut ini.

COD Shopee

Baca juga : Solusi COD untuk Penjual Non Marketplace

***

Dengan mengaktifkan COD di Shopee akan membuat toko Anda bisa semakin dilirik pembeli. Karena pembeli sekarang ini suka kalau bisa membayar barang yang dibelinya pas sudah sampai.

Kalau Anda sudah mengaktifkan fitur COD Shopee tetapi pembeli tidak bisa melakukan menggunakan metode Bayar di Tempat, kemungkinan alamat pembeli belum didukung oleh layanan COD.

Sebaiknya untuk mengantisipasi hal ini, Anda aktifkan saja semua jasa ekspedisi yang ada. Itu saja penjelasan yang bisa kami berikan, semoga cara mengaktifkan COD di Shopee ini bisa Anda lakukan dengan benar. Mudah kok caranya. Kalau ada yang masih ingin ditanyakan, langsung tulis di komentar ya.

Baca juga : Cara Gabung Shopee Affiliate Program dan Berbagai Keuntungannya

Originally posted 2021-03-30 10:46:21.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

223 Comments

  1. Maaf ingin bertanya, lalu pihak jnt itu akan mentransfer uang dr cod kemana? Apa penjual hanya menunggu saja? Dan dana akan masuk dgn sendirinya? Atau bagaimana? Maaf sbg penjual baru menanam sistem cod tp kurang paham hehe

    1. Shopee dan J&T atau kurir lain yang sudah mendukung COD itu sudah saling bekerja sama. Jadi masalah bagaimana cara pihak jasa pengiriman mentransfer ke Shopee itu tidak perlu dipikirkan. Mereka sudah punya mekanisme sendiri. Yang jelas Anda sebagai penjual tetap akan mendapatkan dananya setelah pembeli melakukan konfirmasi pesanan diterima.

      Dari sisi penjual proses penerimaan dana tidak ada bedanya antara menggunakan COD atau metode pembayaran lain. Yang bisa merasakan perbedaannya itu adalah pembeli yang bisa membayar setelah barang diterima.

      1. Saya sebagai dropship formula,mau nya bos,cara mendapatkan keuntungan buat dropship,bila vendor kita mengaktifkan sistem COD,gimana caranya bos?

        1. Sy kn jualan bli brng dishope gmna cranya dafrtar cod byr dtmpt buat pelanggan pelanggan yg jauh yg minta bayar dtmpt ,bisakah kita daftar

          1. Masuk ke Seller Center Shopee, pilih Pengaturan Toko > Jasa Kirim Saya > Pilih J&T Express, aktifkan COD

      2. Maaf mas ,berarti klo cod untuk penjual kita yang bayar dulu semua nya ,ke jasa kirim ,

        1. Pembayaran COD dibayarkan oleh pembeli ke kurir J&T yang mengirimkan paketnya.

      3. Berarti nnti uangnya d tranfer ke shopee pay or gmn klo sudah di konfirmasi penerimaan barang
        Maaf sya jg baru buka toko

      1. Bukan begitu. Di sistem Shopee kan sudah ada pilihan untuk mengaktifkan layanan COD (Bayar di Tempat) melalui kurir J&T Express. Nah, ketika pembeli memilih metode pembayaran Bayar di Tempat (COD), Anda sebagai penjual cukup mengemas barang dan langsung mengirimkan ke agen J&T tanpa harus membayar ongkirnya. Bilang saja dari Shopee, nanti pihak J&T sudah paham.

        1. Kalo bukan di Shopee gimana caranya?,kaya di facebook banyak bgt yg minta cod,kurir dateng langsung bayar

          1. Kalau selain Shopee, COD melalui ekspedisi pengiriman seperti (J&T) belum bisa. Bisanya ya pembeli sama penjual langsung ketemu di suatu tempat, itu juga dinamakan COD

        2. Bang kalo sistem cod. Via shopee ada biaya tambahan untuk pembeli. Selain ongkir.
          Mhon di jwb

          1. Mau tanya bang kenapa ya, padahal notif cod sudah aktif tapi ada barang yang gk bisa cod knp ya?

    2. Salam Kenal, Pak..
      Toko saya sdh aktifkan fitur COD, tapi pd saat saya cek dengan pura² belanja seperti yang tertulis di artikel ini..
      Fitur COD nya blm aktif malah ada notif seperti dibatasi karena pernah gagal kirim. Padahal akun tidak pernah sy gunakan transaksi sebelumnya. Terima kasih sebelumnya, Pak.

      1. Sama saya juga kaya gini, gimana ya kak caranya?jd sudah aktifkan cod tp ada barang yang tidak bisa cod

    3. Saya P Sudradjad jl kapas tengah IV 751 F semarang beli printer canon p2770 lengkap box inpus harga 703.800 termasik ongkir 90 rb setelah barang datang tidak sesuai tdk spt baru tdk ada kardus printer pakai kardus bekas rokok tdk ada manual box dan driver gmna cara minta gantinya

      1. Nanti dana yang d transfer ke shopee pay nominalnya bagaimana?kan harga jual produk d shopee jelas beda dg harga yg kami jual sebagai dorpshiper?mohon penjelasannya

        1. Sebenarnya dana yang ditransfer itu sama saja dengan metode pembayaran lain (selain COD). Jadi ya sesuai yang tertera di total harga pesanan (tidak termasuk ongkos kirim)

    1. Saya kan jualan online, mengambil barang dari orang lain, dan apabila ada yg membeli barang saya dia meminta cod gimana caranya

      1. Caranya ya Anda ambil barang dari orang lain terus tinggal COD an sama pembeli Anda.

        1. Cara mengaktif kan jasa COD (Bayar di tempat) , tapi produk kita di bawah 50.000 cara nya giaman? Misalkan saya jual produk harfa nya 35.000. Tolong penjelasan nya

      2. Saya mau tanya, ketika kita mau aktifkan cod ada syarat nya,kita harus punya dua akun shoppe di hp yg berbeda.satunya khusus khusus jualan satunya lagi khusus untuk berbelanja itu bagaimana ya maksudnya mohon kasih penjelasan

        1. Ini syarat dari mana ya? Saya juga jualan di Shopee tapi tidak pakai syarat harus punya 2 akun shopee.

    2. Saya sebagai dropshipe ingin cod dari si pembeli..trus apa sama seperti kita dropship sistem transfer dulu duit nya..trus gimna kita ambil untung nya sedang yg tertera udah ada harga dan ongkir nya sesuai jarak..

    3. Kalau pke gosend sistem pembayaran cod nya seperti apa? Atau kita cukup packing barang kemudian selesai, dan si kurir bayar ke kita? Atau kita cukup kasih barang dan si kurir tidak membayar?

  2. Saya baru saja memesan barang di tgl 2 ini waktu memesan saya sudah chat penjual jika barang sudah dikirim namun sampai tgl skrg chat saya sama sekali tidak direspon padahal sy butuh sekali brg tersebut lalu saya ajukan pembatalan namun ditolak baru saja. Saya melakukan pembayaran via cod. Apa yg terjadi jika pesanan ttp dikirimkan namun sy tidak membayarnya? Karna saya sudah beli brg tersebut ditempat lain dgn go instan kurir

    1. Kalau barang sudah dikirim, Anda tidak bisa membatalkan pesanan. Silakan Anda cek tracking pengirimannya sudah sampai mana.

      1. Bagaimana kalo c pembeli setelah barang datang , trus di kembalikan lgi dengan alasan barang rusak, apakah pembeli harus mengajukan pengembalian barang di app shopee atau cukup di kembalikan ke kurir? Trimaksh…

        1. Dikembalikan sesuai dengan sistem pengembalian barang di Shopee. Kurir hanya bertugas mengirim dan mengantar, tidak ada sangkut pautnya dengan isi barang.

          1. mas saya mau tanya . di toko pedia kalo si supplier mengaptifkan fitur cod fitur dropshipnya ko jadi ga ada ya ? mohon mas untuk di bals

    2. Aku beli masker pakenya shopee COD. Eh pas kurirnya dateng yg terima kebetulan bukan aku. Dan kurirnya pergi aja ga minta bayaran. Btw aku kudu piye om? Udah berusaha cari kurirnya tp belum ketemu

      1. Itu pakai COD nya J&T kan? Silakan langsung datang ke kantor J&T terdekat, atau lihat tracking nomor resinya, nanti akan terlihat yang mengantar kurir namanya siapa dan dari kantor J&T yang mana.

        1. Tanya mas ,saya beli barang via cod/bayar di tempat/di titipkan kurir.. saya belanja lewat iklan di instagram dan melakukan pembelian via cod tadi, trus saya mau cek pesanan saya, mau cek resi, mau cek kebijakan pembatalan itu gimana ya soanya gak ada nama aplikasinya tadi cuma lewat iklan di beranda instgram saya

          1. Anda saja yang transaksi tidak tahu, apalagi saya :D Next time kalau transaksi lewat seperti itu dicek kembali situs websitenya apa, dan akun Instagramnya apa. Atau tanyakan saja kepada Seller nya

    1. Apakah Anda sudah membaca artikel di atas? Hanya hanya membaca judulnya saja? :) Ayo baca lagi dengan teliti dan praktekan caranya

        1. Saya udah aktifin fitur cod. Tapi kenapa pas di coba mau order pake akun satu lagi tidak bisa cod. Mhon bantuanya mas

        1. Duh dikomen mastah. Bukan galak mas, tetapi menjelaskan kalau sebenarnya jawabannya itu sudah ada artikel, :D

        1. Caranya gimana mas,? Setauku dropship shopee to shopee itu gk bisa input double resi, terus gimana cara untuk terima pesanan resi otomatis j&t (COD)

    2. Bgaimana klo sisitim COD tp pembeli tidak klik brng keterima…Apakah dana cod otomatis tetAp masuk ke penjual atau tidak???

  3. Ass. Saya baru pertama kali pake shope.
    Saya ada pesan jaket parka Rp.125.000 sama ongkirnya J&T Rp. 35.000. Jadi Total pesanan: Rp.160.000
    Yg saya ingin pertanyakan. Apakah pas brg sampai dirmh. Kita hanya membayar yg ditentukan shoope. Apakah Rp.160.000 nambah bayar lagi ke J&T nya gitu. Thanks

  4. Min klo seandainya di akun si penjual COD
    Tp krna kendala kerjaan jarang d rumah
    kita mau bayar melalu transfer apa bisa min?

    1. Ya bisa saja, tinggal pilih metode pembayaran transfer. COD kan hanya sebatas pilihan saja, bukan keharusan pakai itu

        1. Min kalau olshop yg jual ada di daerah Jakarta dan saya ada di luar jakarta, misal ( lampung) .. apakah sistim COD bisa berlaku ?
          Maaf saya pengguna baru aplikasi shoope mohon pencerahannya .. terimakasih.

      1. Mau tanya saya sebagai penjual ada transaksi melalui sistem COD terus barang sudah dikirim dan ternyata penerima tidak ada dirumah dan barang dikembalikan ke penjual itu ongkirnya ditanggung siapa min apakah penjual harus membayar ongkir double kirim dan kembalinya barang itu??

      2. Aplikasi shopee saya terhenti keluar dg sndiri, saya sdh mmesan sistem cod, itu gmn ya? Apakah brg tetap brjln?

      3. mp ka mu nanya.kn saya dropship pke jnt.tpi knpa paket pas di terima kastamer.bkn cod.kn biasa ny dropship hrs beli dlu ke suplier.tpi .knpa barang nyampe.kurir ga mau terima uangng

        1. Lha kalau metode pembayarannya bukan Bayar di Tempat (COD) ya tidak perlu bayar di kurir.

  5. Mf mau tanyan min..saya juga pesan barang d shopee dgn metode pembayatan COD J&T y..tapi yg saya bingung knapa tanggal pengiriman mundur”terus y?? Klo sepeeti itu apkah barang akan smpai juga?terimakasih..

    1. Konfirmasi ke pihak Seller mengapa pengirimannya mundur terus, kalau masih bisa dicancel, cancel saja.

  6. Pas hari pengiriman dirumah lagi ga ada orang,terus barang di kemanain ya ,apa dikirim hari berikutnya apa ga,,,saya byar cod

    1. Dibawa kurirnya lagi. Biasanya nanti penerima akan dihubungi untuk memastikan kapan di rumah, atau kalau tidak suruh mengambil di kantor cabang jasa pengiriman terdekat.

      1. Kak mau tanya saya penjual baru di shopee.. Saya udah aktifkan fitur cod j&t..saya pengen lihat hasilnya gimna ya caramya? Biasanya klo aq buka toko lain ada tulisan cod(bayar di tempat) tp aq coba buka tokoku juslnq kok gk ada tulisan COD ya?

        1. Kalau sudah diaktifkan ya itu otomatis sudah bisa. Nanti pembeli kalau mau pakai COD, tinggal pilih metode pembayaran COD (Bayar di Tempat)

  7. Maaf mau bertanya, saya baru pertama kali pesan barang di shopee, itu melalui cod, apakah setelah memesan barang di shopee harus chat si penjual nya lagi? Atau tinggal nunggu barang sampai aja tanpa ngechat si penjualnya?

    1. Situs marketplace termasuk Shopee sudah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan transaksi. Ketika ada pembeli yang bertransaksi, maka penjual mendapatkan notifikasi untuk memprosesnya. Dan dari sisi pembeli pun juga bisa melihat apakah transaksi sudah diproses dan dikirim atau belum. Jadi tidak perlu chat, tetapi kalau mau chat ya tidak masalah.

    1. Kalau rusak bukan langsung ditolak caranya. Tapi diterima dulu, bayar dulu. Baru kemudian ajukan Pengembalian Barang. Kan di Shopee ada fitur itu, jadi kalau mau return/refund gunakan cara yang sesuai prosedur, bukan cara sepihak dengan menolaknya. Semoga bisa membantu.

      1. Sy sdh aktifkan fitur cod di shopee, koq gak muncul logo COD di produk yg sy posting?

  8. Saya sdh transfer utk pembelian wallpaper tp tfk ada pemberitahuan jika sdh diterima transfer saya..
    Lihatnya dimana??

  9. Gimana kalo misalnya kita belanja online terus bayar nya secara COD atau bayar ditempat, terus kita lagi ga ada ditempat?? Mohon pencerahannya..

  10. Min, aku beli barang melalui via cod,.permasalahannya ada di pembayaran ,jika si j&t mengirim ke alamat si pembeli tapi si pembeli tidak ada di tempat gmn min??apakah barangnya di batalkan ?? Tolong jawab min

    1. Coba baca komentar-komentar di atas, sudah ada pertanyaan serupa dan sudah saya jawab.

    1. Tidak perlu tanya apa masalahnya, langsung saja hubungi CS Shopee agar dibantu mengaktifkan fitur COD. Silakan lihat caranya di atas.

  11. Saya ingin menggunakan sistem pembayaran COD tapi toko yang saya inginkan tidak mengaktifkan COD. Tapi dari metode pembayaran saya tetap bisa mengklik COD. Apakah pesanan tersebut tetap diproses?

    1. Yang penting itu di metode pembayaran ada pilihan COD, berarti itu bisa menggunakan pembayaran COD.

  12. Tanya gan,
    Saya sebagai penjual, jika pakai sistem COD apakah saya tetep bayar ongkir normalnya kepada kurir,, atau langsung pick up tanpa bayar ongkir??
    Mohon penjelasan nya

  13. Min. Saya penjual mau pake cod .. Mau tanya , berarti barang saya kemas seperti biasa kalo kirim lewat ekspedisi gt ya .. Atau biar aja terbuka tidak d kemas atau seperti apa ya prosedurnya
    Terimakasih

    1. Dikemas seperti biasa. Sistem COD itu yang membedakan hanya dari sisi pembeli saja, dimana pembeli bisa membayar setelah barang diterima. Kalau dari sisi penjual sama saja dengan sistem pembayaran lain.

  14. Setelah saya mengaktifkan fitur COD bagaimana saya memberitahu jasa pengiriman kalau saya menggunakan metode COD kepada jasa pengiriman

  15. Min sya jualan dshope ktika sya kirim barang ke jnt hruskah sya bilang ada pmbyaran Cod sya baru pake ftur cod kurang paham. Dn hruskah teks alamat dprint klu tulis tangan gmnaa

    1. Tidak perlu, karena nanti sudah ada label informasinya. Label alamat bisa langsung diprint yang didapatkan di halaman Shopee nya.

  16. Untuk COD minimum ny berapa yah, saya beli barang di shopee pas saya mau pilih pembayaran COD tulisan nya tidak mencukupi gitu?

  17. Saya kemarin cod beli tas harga 95rb di shopee. Sama kurir j&t ada tambahan biaya 9rb kurir cod. Pas kemarin2 biayanya cuma yg tertera di shopee aja. Kenapa sekarang ada tambahan biaya lagi.

  18. Ka kan saya penjual di shopee, terus saya mengaktifkan sistem cod. Terus nanti ngirim ke j&t gimana ya? Langsung ngasih barang nya ke pihak j&t nya atau gmna? Terus kita bayar ongkir nya juga ga? Terus bilang ke pihak j&t nya gimana ya?

  19. Malam min. Saya penjual baru di shope. Mau tnya biasa pengemasan paket saya itu pakai no resi aja. Apakah sitem cod itu sama ya pakai no resi biasa juga? Makasih min

    1. Halo,

      Kok saya bingung memahami pertanyaan Anda ya? No.Resi itu nomor identitas pengiriman barang Anda yang didapatkan dari jasa pengiriman.

  20. Saya sbg penjual di shopee terutama yg saya jual itu Jersey bola ,bagaimana jika custumer memesan Jersey dgn nama dan nomor punggung melalui sistem COD , akan tetapi si custumer tsb jarang ada di rumah atau sedang di luar kota selama beberapa hari apakah barang akan di kembalikan ke saya sbg penjual sedang kan barang yg sudah saya kirim sudah terpasang nama di Jersey nya yg gak mungkin bisa utk di jual lagi klo peranan di batalkan

    1. Biasanya akan disimpan di kantor jasa pengirimannya, dan nanti pihak kurir akan menghubungi pembeli kapan ada di rumah atau disuruh ambil sendiri ke kantor.

      1. saya mengalami kejadian seperti itu, customer membeli produk decal motor custom dengan sistem pembayaran COD , setelah barang dikirim , ternyata pembeli tidak ada di rumah (alamat kirim) dan sekitar 1minggu barang disimpan di kantor kurir, sy tidak mengerti apakah ada komunikasi antara j&t dan pembeli, dan akhirnya setelah lihat history barang tersebut dikembalikan dengan keterangan pembeli menolak menerima paket.. dan akhirnya kami sebagai penjual merasa dirugikan , karena barang tersebut ada nama pembeli dan tidak bisa dijual lagi

  21. Min gimana ya aku mau beli di shopie tpi Pengennya COD, di toko nya udh terterah COD,tpi pas aku pilih cara pembayaran di situ COD nya ga aktip,katanya alamat aku engga mendukung untun COD padahal udh di isi alamatnya,Gimana nih min solusinya tolong di jawab

    1. Solusinya ya berarti tidak bisa COD, pakai sistem pembayaran Transfer Bank atau lainnya saja

  22. Dear admin.sya baru mau mulai jualan di shoppe,
    Dan sya brencana mau terapkan sistem COD.
    Pertanyaan sya,apakah sya (penjual) harus kirim barangnya ke jasa pengiriman dulu,apa jasa pengirimanya yang ambil barang pesanannya…?

    1. Untuk J&T ada layanan jemput barang, kalau yang lainnya harus dikirim ke tempat jasa pengirimannya.

  23. untuk masalah ongkir bagai mana jika pembeli membatalkan pesanan apakah kita sebagai penjual akan rugi ongkir ?

  24. Min saya mau tanya
    Sebagai penjual ketika kita aktifkan fitur COD apakah kita harus mempunyai PC dan PRINTER untuk cetak RESI atau tidak perlu

    1. Ini untuk penjual yang mau kirim barang? Kurir apa ya? Kalau J&T setahu saya tidak ada biaya tambahan, soalnya itu bagian dari layanan mereka

  25. saya maù tnya. sya mau belanja tpi mau bayar di tempat bagai mna cara nya. soal nya saya pngguna baru jdi kurang pham

    1. Selamat sore kak mau tanya ini orderan pertama COD saya dari shopee masih bingung j&t minta kode booking y dimana dapat kan kode booking nya kak mohon info kak

  26. Min, saya sudah mengaktifkan sistem COD di shopee tapi dari 30 produk hanya 2 produk yang muncul sistem COD. Bagaimana cara mengaktifkan sistem COD pada semua produk yang dijual di toko saya?

  27. Kalo kita sbg penjual mau make cod tp gk make olshop bsa gak? Gmn Cara cod melalui apliaksi jnt?

  28. Sya penjual shopee kak, ada customer mau pakai sistem cod, nah stlh customer checkout apa pesanan otomatis dibuat sprti metode pmbayaran lain kah? Tapi dishopee sya blm ada pmberitahuan bhwa ada order dari cust tsb pdhl si cust sdh buat pesananya

    1. Saya memiliki keterbasan informasi tentang pertanyaan ini. Untuk itu silakan langsung tanyakan ke CS Shopee. Terima kasih

      1. Kak mau tanya . Saya sudah aktifkan fitur cod jasa jnt , tapi kenApa pembeli menanyakan atau memberitahukan tidak bisa cod ya? Apakah ada minimal harga biar bisa cod?
        Mohon dibales yak kak ,,
        thank’s kak

  29. Saya penjual online tapi di FB . Bagai mana cara menggunakan fitur cod j&t sebagai penjual di FB dan gimana sistem hasil penjualan nya

    1. Tidak bisa kalau jualannya di Facebook pakai sistem COD dari J&T. Anda bisanya ketemu langsung dengan pembelinya, jadi COD nya dilakukan Anda sendiri, bukan lewat kurir.

    2. Bagi para penjual di FB atau ig bisa menggunakan layanan bayar di tempat dengan Jasa Kirim Kantor Pos. Namun layanan ini hanya terbatas untuk wilayah satu provinsi saja. Untuk lebih detailnya silakan menghubungi kantor pos cabang terdekat. Terima kasih, semoga membantu.

  30. Kak mau tanya . Saya sudah aktifkan fitur cod jasa jnt , tapi kenApa pembeli menanyakan atau memberitahukan tidak bisa cod ya? Apakah ada minimal harga biar bisa cod?
    Mohon dibales yak kak ,,
    thank’s kak

  31. Apakah jika Konsumen meminta COD di barang yg ditawarkan di marketplace.bisa mengunakan akun shoope?

    Karena barang yg sy tawarkan di market place banyak yg menginginkan COD.
    Tetapi sy tdk tau caranya..
    Apa yg harus sy lakukan tuk hal tsb.

  32. sy mau bertnya sy pesen brg lwt grab expres pembyaran y cod…bts tgl y smpe tgl 19 klu smpe lwt tgl tertera y blm dtg jg brg yg sy pesen gmn cra mau batalin y.mksh tlg dbls

    1. Saya mau nanya kak, sy sudah aktifkan fitur cod. Saya cek tidak semua produk yg saya jual ada kode COD nya. Apa aplikasi saya yg error atau sistem cod ini tidak di semua produk? Padahal smua produk menggunakan ekspedisi j&t..

  33. Kak saya mau tanya, saya kan biasa pakai sistem COD perjanjian sama kurir, jadi kurir ambil barang disaya dan saya bilang pembayaran COD. Nah sistemnya lama banget dalam proses ngasih uang ke saya karena pertemuan masing2 kurir jarang. Apakah sistem COD di shopee bisa cepat kak? Saya dari Blora, COD via kurir hanya melayani blora

  34. Saya kan dropship di shopee, lalu pembeli ingin menggunakan kurir yg bayar di tempat. Itu bayarnya gimana? Dananya tidak masuk ke saya dong ya?

  35. Assalamualaikum
    Ane Dropshiper di Shopee,,, klo pakai fitir bayar cod itu ngambil margin nya gimana ya,,,soalnya tagihan yang datang hanya sesuai pesanan.
    Jdi Dropshiper ngambil margin nya gimana tuh

  36. mau tanya gimana caranya mengaktifkan sistem pembayaran alfamart dan indomaret di toko shopee penjual, agar pembeli bisa membayar via alfa/indo . karna saya masih penjual baru terimakasih:)