Mengapa Jualan di Shopee Lebih Menguntungkan?

Saat ini marketplace di Indonesia sangat banyak pilihannya, mulai dari Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya. Tentu ini sangat positif bagi para penjual online yang ingin memasarkan produknya melalui marketplace. Semua marketplace tersebut bisa digunakan secara gratis.

Tapi kalau Anda berjualan online di marketplace, jangan sampai tidak membuka toko di Shopee. Karena jualan di Shopee lebih menguntungkan dibanding marketplace lain. Mengapa?

Jualan di Shopee

Alasannya karena Shopee memiliki berbagai fitur promosi lengkap yang bisa dimanfaatkan oleh seller. Apa saja fitur promosi yang membuat penjual lebih untung?

1. Iklanku

Iklanku adalah fitur promosi berbayar yang wajib digunakan oleh para seller khususnya yang baru berjualan di Shopee. Dengan fitur Iklanku ini memungkinkan produk yang baru diunggah akan cepat dilihat oleh pembeli dan mendapatkan transaksi.

Sistem promosi melalui Iklanku ini adalah mempromosikan produk dengan kata kunci. Jadi ketika ada pembeli yang mengetik kata kunci produk yang terkait, maka produk Anda akan muncul. Sistem pembayaran Iklanku ini adalah CPC (Cost per Click) dengan nilai per klik mulai Rp 180,-.

2. Promo Toko

Kemudian yang tak boleh ditinggalkan lagi adalah fitur promosi Promo Toko. Fitur ini merupakan fitur untuk mengatur diskon masing-masing produk sehingga bisa meningkatkan konversi penjualan.

Tips menggunakan fitur Promo Toko ini adalah Anda naikkan dulu harga normal produk, kemudian atur diskon melalui fitur ini. Misalnya saja produk Anda harga normalnya Rp 100.000. Saat memberikan harga, jangan diisi Rp 100.000, isi saja harga di atasnya misalnya Rp 120.000. Kemudian setelah produk tayang, atur diskon melalui fitur Promo Toko ini sehingga harga setelah diskon menjadi Rp 100.000.

Baca juga : Tips Meningkatkan Penjualan dengan Diskon

3. Voucher Toko Saya

Fitur selanjutnya yang bisa dimaksimalkan juga adalah fitur Voucher Toko Saya. Dengan fitur ini Anda sebagai penjual bisa membuat voucher diskon untuk semua produk atau untuk masing-masing produk.

Tentu ini sangat disukai pembeli yang mana memang suka dengan diskon. Tapi ingat, dalam memberikan voucher diskon Anda juga perlu memikirkan keuntungan yang Anda dapatkan. Jangan asal membuat voucher diskon, tetap harus ada perhitungan matang.

4. Flash Sale Toko Saya

Masukkan produk-produk Anda dalam program Flash Sale. Sistem promosi Flash Sale ini terbukti ampuh untuk meningkatkan konversi. Anda bisa mengambil untung sedikit, tetapi dengan Flash Sale Anda akan mendapatkan order banyak dalam waktu singkat.

Jadi meskipun untungnya per produk sedikit, tinggal dikali dengan jumlah order yang masuk.

Untuk membuat Flash Sale ini jangan sering-sering. Mungkin bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.

Baca juga : Apa itu Flash Sale? Kelebihan dan Kekurangan Flash Sale

5. Paket Diskon

Nah jika Anda punya banyak produk yang relevan, bisa membuat program diskon dengan Paket Diskon ini. Jadi nanti Anda membuat diskon dari beberapa jenis produk yang di bundling jadi satu. Berikan harga paket bundling ini lebih murah dibanding jika pembeli order satu-satu.

Sehingga ini akan menarik pembeli untuk membeli produk paketan ini.

6. Voucher Ikuti Toko

Toko Anda di Shopee juga perlu memiliki followers yang banyak. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan pengikut yang banyak adalah dengan membuat Voucher Ikuti Toko. Sistem kerjanya nanti adalah pembeli yang mau memfollow toko Anda akan mendapatkan voucher senilai yang sudah Anda tentukan.

Memiliki followers yang banyak itu bisa berguna ketika Anda punya produk-produk baru. Para followers akan tahu jika Anda punya produk baru, selain itu juga bisa update feeds yang bisa diketahui pembeli.


Itulah beberapa fitur promosi di marketplace Shopee yang bisa dimanfaatkan. Dengan memanfaatkan semua fitur di atas, tentu akan membuat jualan di Shopee lebih menguntungkan. Marketplace lain tidak memiliki fitur promosi selengkap Shopee, jadi wajar kalau toko yang paling laris adalah toko di Shopee.

Fitur-fitur di atas bisa diakses melalui menu Promosi Saya (https://seller.shopee.co.id/portal/marketing ) di halaman Shopee Seller Centre Anda.

Selamat berjualan ya, semoga laku keras. Kalau ada pertanyaan silakan langsung tulis di kolom komentar.




Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.