Home » INSPIRASI » Ketika Kuliah Ditanya Dosen Pengen Jadi Pengusaha, Tapi Setelah Lulus Kok Nggak Jadi?

Ketika Kuliah Ditanya Dosen Pengen Jadi Pengusaha, Tapi Setelah Lulus Kok Nggak Jadi?

Pengusaha

Masih ingat ketika kuliah atau pas sekolah, guru maupun dosen sering menanyakan cita-cita siswanya setelah nanti lulus. Dan sangat mengagumkan ketika pas ditanya banyak yang menjawab ingin menjadi pengusaha, ingin berwirausaha, ingin membuka usaha.

Jelas, itu jawaban yang sangat menarik dan membanggakan.

Ada beberapa alasan mereka menginginkan untuk berwirausaha setelah lulus.

Yang pertama. Karena banyak yang menyangka kalau jadi pengusaha itu duitnya pasti banyak.
Yang kedua. Karena banyak yang menyangka kalau jadi pengusaha itu bisa bebas.
Yang ketiga. Karena banyak yang menyangka kalau jadi pengusaha itu punya waktu luang banyak.

Tapi sayangnya, mengapa setelah lulus mereka tidak merealisasikan cita-citanya itu?

Baca juga: Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Bisa Buat Bayar Kuliah

Ada beberapa penyebab yang membuat mereka pada akhirnya tidak jadi berwirausaha.

#1 Hanya Omong Doang

Mungkin pada waktu itu mereka hanya menjawab sekedarnya saja. Dan jawaban ini berwirausaha dipilih karena dirasa “keren”. Lagipula bingung ingin menjawab apa karena belum memiliki cita-cita pasti setelah lulus kuliah/sekolah nanti.

#2 Tidak Yakin Untuk Berwirausaha

Sebenarnya memang ingin berwirausaha setelah lulus nanti, tapi dalam diri mereka masih ada keraguan dan tidak yakin akan pilihan itu. Karena sudah tidak yakin dulu, maka mereka memilih untuk bekerja kantoran saja.

#3 Bingung Mau Usaha Apa

Alasan klasik yang selalu muncul adalah bingung ingin usaha apa. Ketika akan memulai usaha, mereka terlalu muluk-muluk dan ingin langsung memiliki usaha yang besar. Mereka gengsi untuk berwirausaha dari kecil, sehingga kebingungan itu menggiringnya keluar keinginan awal yakni menjadi pengusaha.

#4 Tidak Diiringi Tekad

Masih ada hubungannya dengan poin dua. Bahwa di dalam diri mereka tidak ada tekad yang kuat untuk menjadi wirausahawan. Padahal tekad ini yang nantinya mendorong diri untuk masuk dalam dunia wirausaha. Karena tekad tidak ada, alhasil ya hanya pasrah tanpa arah yang jelas.

#5 Tidak Punya Mindset Entrepreneurship

Mindset sangat berperan penting. Mindset ini nantinya akan membentuk karakter, dan karakter akan mempengaruhi tindakan.

#6 Tidak Punya Modal (Uang)

Masih banyak yang menyangka kalau untuk memulai usaha harus punya modal (uang) yang besar. Padahal tidak selamanya begitu. Apalagi di era digital sekarang ini, modal (uang) bukan faktor utamanya. Yang terpenting adalah memiliki niat dan kemauan.

#7 Tidak Direstui Orang Tua

Masih menjadi hal nyata, bahwa kadang keinginan anak untuk menjadi pengusaha tidak selamanya mendapatkan restu dari orang tua. Para orang tua menuntut anaknya yang setelah lulus agar mencari kerja saja, bahkan ada yang menyuruhnya kerja di luar kota (merantau). Karena si anak terlalu penurut, maka cita-citanya sirna karena ego orang tua.

Itu beberapa alasan yang bisa jadi membuat para siswa/mahasiswa gagal berwirausaha setelah lulus.

Pesan untuk kalian yang masih sekolah/kuliah dan nanti ingin berwirausaha adalah taruhlah cita-citamu itu di dalam diri mu yang paling dalam hingga muncul niat, tekad dan kemauan yang kuat.

Baca juga: Jadi Mahasiswa IT Itu Bisnis Sampingannya Banyak Lho!

Persiapkanlah mental dan mindset mu mulai dari sekarang, dan jangan pernah takut untuk memulai berwirausaha, apapun itu bidangnya. Entah mau membuka jasa, berjualan barang dan lainnya. Syukur-syukur kalau kalian memiliki skill di bidang tertentu, itu bisa dimaksimalkan mulai dari sekarang dan nanti akan menjadi bekal utama untuk memulai usaha. Keep Fight!



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − eight =