Home » TIPS » 5 Kunci Agar Bisa Tetap Survive Menjalankan Bisnis
Menjalankan Bisnis

5 Kunci Agar Bisa Tetap Survive Menjalankan Bisnis

Sedia payung sebelum hujan, pepatah ini juga berlaku untuk Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika bisnis ingin terus berkembang dan tetap survive, maka yang perlu dilakukan adalah menyiapkan segalanya dengan cermat dan tepat.

Memang tidak mudah, apalagi bagi yang baru saja terjun ke dalam dunia bisnis. Modal uang yang banyak pun tidak menjamin sebuah bisnis bisa bertahan lama. Karena telah banyak sekali pebisnis-pebisnis yang bangkrut karena terlalu mudah menggelontorkan uangnya untuk modal tapi tanpa perhitungan. Alhasil, tidak bisa balik modal dan perputaran modal macet.

Kunci yang sebenarnya adalah bukan soal materi saja, tetapi tentang bagaimana Anda menyiapkan dari awal untuk sebuah langkah besar di masa depan. Apa saja itu?

#1 Vision

What be believe we can be“, itulah visi. Niat saja tidak cukup, niat perlu diperkuat dengan visi yang bisa menggambarkan tujuan yang ingin dicapai dalam masa depan. Sangat penting sebuah bisnis memiliki visi. Visi mampu membuat bisnis lebih eksis, inovatif, dan antisipatif.

Visi itu harus selalu berorientasi ke depan tanpa harus melihat situasi dan kondisi saat ini. Visi haruslah ekspresif dan kreatif dengan didasari oleh prinsip nilai yang mengandung penghargaan maupun manfaat untuk masyarakat luas.

Contoh Visi misalnya, “Menjadi Perusahaan Yang Handal Dalam Memberikan Layanan Berkualitas

#2 Mission

What be believe we can do“, itulah misi. Misi berisi apa yang harus dilakukan secara nyata untuk mewujudkan visi perusahaan.¬†Misi perusahaan merupakan ekspresi dari sebuah ambisi dalam mengembangkan perusahaan.

Pernyataan misi yang jelas dan efektif secara tidak langsung juga akan membuat pegawai dan SDM yang ada dalam perusahaan mengerti apa yang menjadi tujuan mereka bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga misi tidak hanya menjadi tujuan satu dua orang yang ada pada perusahaan, melainkan menjadi tujuan bersama.

#3 Goal

Anda harus memiliki sasaran, agar apa yang Anda lakukan dalam bisnis lebih terukur dan jelas. Sangat penting menentukan Goal (sasaran) dalam bisnis. Goal mampu membuat bisnis Anda lebih fokus, dan terarah. Tanpa memiliki Goal, Anda akan bingung mau dibawa kemana bisnis Anda.

Tentukan Goal sejelas mungkin dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, agar nanti bisa lebih mudah ke tahap berikutnya.

#4 Strategy

Dan tahap berikutnya itu adalah Strategy. Sasaran sudah ada, selanjutnya bagaimana menyusun strategi untuk mencapai sasaran itu. Jika dalam dunia sepakbola sasaran utama adalah memasukan bola ke gawang lawan. Strateginya sangat banyak, formasi pemain, gaya permainan apakah bertahan atau menyerang, dan lain-lain.

Begitu juga dalam bisnis, strategi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling penting adalah sesuai dengan kemampuan dan perangkat yang dimiliki. Strategi harus dibuat seefektif mungkin agar tidak sia-sia.

Tidak hanya bertumpu pada SDM internal saja, tapi bisa juga berkolaborasi dengan pihak luar. Yang terpenting bagaimana agar Goal Anda bisa tercapai dengan cepat dan akurat.

#5 Action Plan

Kunci terakhir adalah bergerak. Sebaik apapun strategi Anda, jika Anda tak bergerak dan beraksi maka tak akan mampu mencapai Goal. Implementasi strategi dan rencana bisnis Anda sesuai yang telah direncanakan. Meskipun nanti ada beberapa yang tidak sesuai, itu wajar. Karena jika ingin bertahan memang harus menyesuaikan keadaan dan selalu melakukan hal-hal inovatif agar rencana yang telah disusun tidak gagal begitu saja.

5 Kunci di atas harus dilakukan dengan sepenuh hati, dan saling mengisi jika bisnis ingin tetap survive di berbagai kondisi.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =