Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apakah Menerima Pengajuan Pembatalan Pembeli di Shopee Mengurangi Performa Toko?

Ajukan Pembatalan

Platform marketplace di Indonesia sekarang semakin beragam. Selain Tokopedia dan Bukalapak yang cukup jadi andalan banyak orang, kini ada Shopee yang juga hadir sebagai pilihan marketplace di Indonesia. Kehadiran Shopee ini sangat disambut baik ternyata. Karena sekarang Shopee juga bersaing ketat dengan Tokopedia maupun Bukalapak.

Dari segi fitur juga hampir sama. Nah salah satu fitur yang dimiliki Shopee adalah Pengajuan Pembatalan Pembelian. Jadi pembeli bisa mengajukan pembelian dengan alasan tertentu.

Untuk mengajukan pembatalan ini pembeli bisa masuk ke detail transaksinya yang ada di menu Belanjaanku.

Pembatalan Pemesanan

Nantinya akan ada beberapa pilihan alasan mengapa pembeli ingin mengajukan pembatalan, diantaranya :

  • Penjual tidak menjawab chat
  • Permintaan Penjual
  • Ingin mengubah rincian & membuat pesanan baru

Setelah dipilih, maka tinggal Batalkan Pesanan.

Nah di Shopee ini ada dua jenis pembatalan, yakni Pembatalan Instan dan Non-Instan. Pembatalan Instan ini bisa dilakukan dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi. Sedangkan Pembatalan Non-Instan dilakukan setelah 1 jam pembayaran terverifikasi.

Jadi misalnya pembayaran Anda terverifikasinya jam 12.00, lantas melakukan pembatan pada pukul 13.20 berarti itu masuk dalam Pembatalan Non-Instant. Pemilihan Instan dan Non-Instan ini dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Ketika nanti Anda sebagai penjual menerima pengajuan pembatalan dari pembeli, dan Anda menerimanya, maka secara otomatis pesanan juga akan dibatalkan. Dan dana pembayaran dari pembeli akan secara otomatis diproses oleh sistem dan dana akan masuk ke Saldo ShopeePay pembeli.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah ketika penjual menerima pengajuan pembatalan pembeli akan mempengaruhi performa toko?

Jawabannya adalah tidak. Karena pembatalan ini adalah permintaan dari pembeli bukan dari penjual. Sehingga performa toko penjual tidak akan mengamali perubahan.

Jadi tidak masalah apabila penjual Shopee ingin membatalkan pemesanan yang diajukan oleh pembeli.

Dan Anda juga tidak perlu baper apabila pesanan dibatalkan oleh pembeli. Namanya juga transaksi jual beli online ya wajar jika salah satu pihak ingin membatalkan transaksi. Asal alasannya juga jelas. Beruntung di Shopee memberikan fitur alasan mengapa ingin mengajukan pembatalan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa berlangganan blog ini agar Anda mendapatkan artikel menarik lainnya.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *