Home » BISNIS ONLINE » Solusi COD untuk Penjual Non Marketplace

Solusi COD untuk Penjual Non Marketplace

Adi Firmansyah / 12/01/2021 / Dibaca : 1.491 views

Saya akan berbagi pengalaman sebagai penjual yang memberikan layanan COD kepada pembeli yang bertransaksi di luar marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Misalnya saja transaksi langsung via WA, media sosial atau toko online pribadi.

Karena sekarang ini pilihan metode pembayaran COD atau Bayar di Tempat, nyatanya mampu meningkatkan penjualan. Apalagi kalau kita jualannya tidak di marketplace. Jadi dengan memberikan metode pembayaran COD akan memudahkan pembeli dalam bertransaksi dan menambah kepercayaan pembeli atas transaksinya di tempat kita.

Sayangnya, metode pembayaran COD itu saat ini baru ada di marketplace. Misalnya saja Shopee yang sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi J&T untuk memberikan layanan COD. Terus kalau di Tokopedia bekerja sama dengan SiCepat Express.

Nah kalau kita jualannya tidak di marketplace, bagaimana untuk memberikan layanan COD yang aman? Kalau mau bekerja sama dengan jasa ekspedisi langsung belum bisa. Kalau sistem COD nya langsung diminta transfer ke rekening kita, bukan dibayarkan ke kurir, tentu malah akan berisiko ke kita sebagai penjual.

Akhirnya saya mendapatkan solusi, yakni menggunakan layanan dari Clodeo.

COD Clodeo Non Marketplace

Ini bukan mau mengiklankan Clodeo, tetapi murni sharing pengalaman pribadi saja menggunakan layanan ini. Ya semoga saja ada penjual yang punya masalah seperti saya kemarin, nantinya bisa dicoba.

Clodeo ini merupakan software akuntansi berbasis online yang bisa kita gunakan secara gratis. Karena memang ada versi gratisnya. Jadi dengan Clodeo, nanti kita bisa mencatat semua transaksi penjualan kita di software ini. Tentunya ini juga memudahkan buat penjual yang saat ini belum memiliki sistem pembukuan yang baik.

Layanan COD Clodeo

Dengan Clodeo ini kita juga bisa membuat order penjualan dengan fitur COD yang diberikan Clodeo. Layanan COD dari Clodeo ini sudah bekerja sama dengan beberapa jasa ekspedisi seperti COD SiCepat, COD J&T, COD Ninja Xpress, COD JNE, COD J-Express, dan COD SAP.

Tentu dengan pilihan yang beragam dari berbagai jasa ekspedisi ini akan memudahkan pembeli dalam memilih ongkos kirim yang paling terjangkau.

Dan asyiknya lagi juga sudah tersedia fitur pilihan Drop Off atau Pick Up Request untuk paket kita tanpa minimal order. Jadi ya pengalamannya sama ketika transaksi di marketplace. Hanya saja ketika nanti ada order, kita perlu input di software Clodeo ini.

Kelebihan dan Kekurangan Fitur COD Clodeo

Dari pengalaman saya menggunakan layanan COD Clodeo, kelebihannya ya tentu kita bisa mendapatkan berbagai pilihan jasa ekspedisi. Adanya fitur Pick Up Request juga memudahkan kita dalam mengirim paket. Kita tidak perlu datang ke counter cukup tunggu kurir untuk pick up paket.

Drop Off Clodeo COD

Kemudian setiap order COD juga akan mendapatkan resi otomatis. Jadi ini juga akan memudahkan penjual.

Untuk kekurangannya, menurut saya ada beberapa. Yang pertama masalah biaya COD. Ya, pihak Clodeo memberikan biaya COD antara 3-5% dari total order (Harga Paket + Ongkos Kirim).

Misal, Harga Paket Rp 100.000, Ongkos Kirim Rp 20.000, jadi total Rp 120.000. Nah Fee COD misal 4% akan dihitung dari Rp 120.000, jadi Fee COD nya Rp 4.800.

Besaran Fee COD ini berbeda-beda, tiap Jasa Ekspedisi berbeda. Kalau saat ini, COD SiCepat memiliki Fee COD 3% atau minimal Rp 2.500. Kalau J&T memiliki Fee COD 4% atau minimal Rp 3.500.

Kalau Anda tidak keberatan dengan adanya Fee COD ini ya silakan. Tapi kalau keberatan, mungkin bisa dibebankan ke pembeli. Bilang saja untuk metode pembayaran COD akan ada biaya COD sebesar sekian persen.

Kemudian kekurangan lainnya menurut saya soal pencairan dana yang agak lama. Jadi ketika pembeli sudah menerima paket dan membayar pesanan ke kurir, dana tidak akan langsung bisa dicairkan. Tetapi menunggu 2 minggu dulu, nantinya baru akan ditransfer oleh pihak Clodeo ke rekening kita.

Untuk penjual yang membutuhkan perputaran uang yang cepat, tentu ini akan mengganggu. Karena modal untuk stok produk harus tertunda pencairannya.

Kekurangan terakhir mungkin faktor coverage atau jangkauan COD. Saya beberapa kali mendapatkan daerah tujuan yang belum dicover untuk layanan COD dari salah satu ekspedisi. Tetapi kalau ekspedisi lainnya bisa. Ya kalau pembeli bebas mau pakai jasa ekspedisi apa sih tidak masalah, tetapi kalau misal pembeli inginnya pakai COD J&T tetapi di daerahnya belum bisa COD J&T ya agak repot.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Metode Pembayaran COD (Bayar di Tempat) di Shopee

Cara Mengaktifkan COD Clodeo

Ketika Anda mendaftar Clodeo, maka fitur COD tidak akan langsung aktif. Anda harus mengaktifkannya terlebih dulu melalui aplikasi Clodeo versi mobile. Jadi harus di aplikasi Clodeo ya, bukan yang versi website.

Nanti tinggal masuk ke Menu Pengaturan kemudian Integrasi Kurir. Untuk aktivasi fitur COD ini pun tidak cepat, harus menunggu persetujuan dari pihak Clodeo dan nanti Anda juga akan diminta waktunya untuk training online.

Baru setelah itu fitur COD bisa diaktifkan. Dan Anda bisa mengaktifkannya di jasa ekspedisi yang Anda inginkan.

Kalau bingung mending tanya CS Clodeo via Whatsapp saja. Nomornya sudah tertera.

***

Mungkin itu saja yang bisa saya informasikan, kalau ada yang belum jelas silakan bisa ditanyakan lewat kolom komentar di bawah. Semoga informasi ini bisa jadi referensi positif untuk Anda khususnya penjual yang ingin memberikan layanan COD ke pelanggannya.

Karena dengan memberikan layanan COD itu akan meningkatkan penjualan. Percayalah. :)

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.