Home » PELUANG USAHA » Keuntungan Membuka Usaha Angkringan
Usaha Angkringan

Keuntungan Membuka Usaha Angkringan

Bisnis kuliner memang menjanjikan. Jika tak punya modal besar pun masih bisa dilakukan dengan modal kecil. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha Angkringan.

Sudah tahu angkringan? Kalau Anda pernah ke Jogja, Klaten, Solo dan sekitarnya pasti tahu.

Angkringan semacam restorannya masyarakat kelas menengah bawah. Tapi itu dulu…Kini Angkringan bisa disulap menjadi tempat makan yang tak pandang kasta dan tahta.

Buktikan sendiri, jika Anda ke Jogja, banyak angkringan yang di dalamnya ada orang-orang high end. Kok bisa tahu dia high end? Karena mereka bawa mobil. 😀

Well, sekarang ini konsumen sudah pintar kok, tidak terlalu gengsi dengan tempat makan. Asal makanannya enak, harga miring, pasti diserbu. Nah, inilah yang menjadi keuntungan dengan membuka usaha Angkringan.

Anda bisa membuka usaha ini dengan dua versi, yang pertama adalah Angkringan Gerobak dan yang kedua adalah Angkringan Modern. Angkringan modern ini layaknya rumah makan dengan tempat yang luas, tapi dari segi menu makanan dan konsep tempat makan tetap bergaya khas Angkringan.

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuka usaha Angkringan ini, beberapa diantaranya adalah :

#Banyak diburu Mahasiswa

Coba Anda manfaatkan keberadaan mahasiswa untuk membuka usaha ini. Mahasiswa yang tersohor dengan ekonomi kerakyatan, biasanya memiliki tempat makan semacam Angkringan untuk memenuhi kebutuhan biologisnya. Karena dengan makan di Ankringan, bermodal duit Rp 10.000-Rp 20.000 sudah sangat mengeyangkan. Dan asyiknya, Angkringan tak akan pernah sepi. Biasanya mahasiswa itu loyal untuk soal makan, apalagi mereka yang kost di dekat warung Angkringan.

#Modal Cukup Kecil

Meski tidak kecil-kecil banget, tapi lebih kecil dibanding membuka usaha rumah makan atau restoran. Untuk membuka usaha Angkringan ini, modal terbesar hanyalah untuk menyediakan lahan saja. Masalah masakan, bisa menggunakan modal yang cukup kecil.

Tapi ya dilihat kembali konsep seperti apa yang ingin digunakan. Jika hanya ingin membuka angkringan dengan konsep gerobak panjang dan lesehan, modal cukup ringan.

#Makanan Yang Merakyat

Biasanya di Angkringan itu menu makanannya ya itu-itu saja. Di angkringan satu dengan angkringan lainnya hampir sama. Inilah yang membuat makanan angkringan semakin merakyat. Artinya target market luas. Tidak hanya kalangan bawah dan menengah, kalangan atas pun sekarang tak sungkan makan di angkringan.

Menu makan seperti tempe, nasi sambal, nasi bandeng, aneka gorengan, aneka sate-satean, sudah menjadi makanan lumrah untuk orang sekarang ini. Apalagi harganya yang cukup murah, sehingga menjadi pilihan banyak orang.

#Omzet Besar

Jangan menyepelekan usaha Angkringan. Diam-diam, para pemilik usaha angkringan yang sudah lama beroperasi, memiliki omzet yang cukup besar per harinya. Apalagi jika sudah punya pelanggan tetap. Bayangkan, dengan modal tak begitu besar, tapi omzet per hari tinggi.

Tapi agar usaha Angkringan Anda bisa maksimal, harus memperhatikan beberapa hal sebelum membukanya.

Faktor seperti lokasi, konsep makanan, harga, dan fasilitas Angkringan harus diperhatikan.

Biasanya untuk Angkringan Modern yang dilengkapi fasilitas Wi-Fi gratis, akan menambah kunjungan pelanggan.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 1 =