Home » PELUANG USAHA » Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Bisa Buat Bayar Kuliah
Bisnis Sampingan Mahasiswa

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Bisa Buat Bayar Kuliah

Biaya kuliah yang semakin mahal terkadang membuat mahasiswa menjadi kurang fokus dalam belajar. Mau minta orang tua tetapi tidak punya biaya, mau mengandalkan beasiswa tapi belum ada. Mungkin solusinya adalah dengan bisnis sampingan.

Bisnis sampingan untuk mahasiswa sekarang ini memang sudah tak asing lagi. Bahkan dengan bisnis sampingan, mahasiswa tak perlu lagi meminta uang bulanan kepada orang tua.

Di Eropa dan beberapa negara Amerika, hal seperti ini sudah biasa. Tetapi di negara kita, belum terlalu bergelora gaya hidup seperti ini.

Padahal dengan seperti ini bisa membuat mahasiswa menjadi hidup lebih mandiri dan mempersiapkan nanti ketika sudah lulus kuliah. Nah, jika Anda mahasiswa dan ingin mencoba bisnis sampingan, bisa dicoba.

 

Begitu banyak bsinis sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Berikut beberapa pilihan bisnis sampingan bagi mahasiswa :

1.Bisnis Online Shop

Seiring dengan perkembangan internet yang maju pesat, hampir semua orang sekarang sudah terhubung dengan dunia internet. Berbagai informasi dapat disampaikan dengan mudah dan cepat melalui internet. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mencari bisnis sampingan.

Bisnis Online tidak membutuhkan modal yang besar, Anda hanya membutuhkan seperangkat komputer yang terhubung melalui internet. Anda dapat menjadi reseller dari sebuah toko online untuk membantu produk mereka melalui website. Harga yang diberikan reseller biasanya lebih murah dari harga pasaran. Dari sinilah Anda dapat meraup keuntungan 10% sampai 20%.

2.Bisnis Makanan atau Minuman

Bisnis makanan atau minuman dapat dijadikan pilihan jika Anda ingin berbisnis sendiri dan mengasah kemampuan berbisnis Anda dari semenjak kuliah. Misalnya Anda dapat membuka stand jus buah atau menjual makanan ringan.

Jika ingin berbisnis jus buah, modal yang Anda keluarkan tidaklah terlalu besar. Anda hanya membutuhkan alat berupa blender dan juga buah-buahan. Sementara untuk stand/tempat penjualan Anda dapat bekerjasama dengan koperasi atau pegawai kantin. Anda dapat meminta tempat yang kecil untuk membuka stand jus buah Anda. Atau jika Anda lebih kreatif, Anda bisa menjual jus buah dengan menggunakan mobil atau motor roda tiga dan menjadi penjual jus keliling. Dengan berjualan jus keliling, Anda bisa mencari lokasi-lokasi strategis yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan jus buah Anda.

Selain itu, jika menginginkan bisnis yang praktis dijalankan dan pengurusan usaha yang mudah, Anda bisa mempertimbangkan menjalankan bisnis makanan atau minuman dengan sitem waralaba. Karena dengan sistem waralaba ini umumnya usahanya diatur sedemikian rupa agar mudah dijalankan dan mendapat keuntungan sehingga sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa.

Baca juga: 3 Poin Terbaik Ketika Akan Memilih Bisnis Waralaba

3.Jasa Kursus Private

Jika Anda memiliki keterampilan atau keahlian yang memonjol akan lebih berguna jika Anda memberikan Jasa Kursus Private kepada masyarakat. Selain dapat membagikan ilmu yang Anda miliki, juga dapat penghasilan tambahan bukan ? Misalnya saja Anda ahli dalam bidang Bahasa asing atau Anda ahli dalam bidang Matematika dan bisa juga anda mahir dalam bidang internet marketing. Anda bisa membuka jasa kursus private dengan datang ke tempat murid Anda.

Jasa Kurus Private ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan pastinya untuk mejalankannya Anda hampir tidak membutuhkan modal . Yang paling penting, Anda bisa membagi waktu antara kuliah dan bisnis sampingan Anda.

Masih banyak lagi peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Salah satu cara yang paling mudah adalah memilih bisnis sampingan untuk mahasiswa yang sesuai dengan bidang yang tengah dipelajari. Karena selain bisa digunakan mempraktekan teori yang telah didapatkan di kampus, juga sebagai sarana untuk mendapatkan pengalaman.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 5 =