Home » PELUANG USAHA » 6 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

6 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Tidak semua ibu rumah tangga itu bisa bekerja kantoran, seperti suaminya. Selain karena tidak diijinkan sang suami, beberapa diantaranya juga memang ingin di rumah untuk mengurusi anak dan keperluan rumah tangga.

Tapi kenyataannya, banyak ibu rumah tangga yang kadang merasa kosong tidak ada kerjaan di rumah. Meski sudah ngurusi ini itu, waktu luangnya masih banyak. Ya kan….

Nah, biasanya karena kondisi itu banyak ibu rumah tangga yang pengen sekali punya usaha sampingan. Ya meskipun bisa tetap di rumah mengurusi anak namun juga bisa mendapatkan penghasilan.

Kalau memang ibu-ibu pengen punya usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah, silahkan saja, lagian banyak kok usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Berikut beberapa diantaranya :

#1 Jualan Sayur Dan Sejenisnya

Tidak perlu bingung mau usaha apa, lakukan saja dari apa yang bisa dilakukan. Kalau bisanya masak, ya jualan sayur matang saja. Toh, sekarang banyak ibu-ibu yang sering beli sayuran matang karena nggak sempet masak sarapan. Apalagi kalau ibu berada di lingkup perumahan yang mayoritas ibu-ibu di sana kerja kantoran. Wah, itu peluang usaha bagus.

Cukup buka warung sederhana di depan rumah, pelanggan akan datang sendiri. 🙂 Yang penting promosi kalau ibu punya usaha jualan sayur.

#2 Buka Jasa Jahit Pakaian

Kalau punya ketrampilan menjahit kenapa tidak digunakan untuk usaha rumahan? Tinggal beli mesin jahit dan perlengkapannya maka sudah bisa membuka usaha di rumah. Ya, lumayan buat sampingan kan. Apalagi kalau pas musim masuk sekolah pasti banyak yang minta bantuan buat jahit seragam.

Nggak hanya itu saja, menurut saya peluang membuka jasa jahit pakaian di perumahan itu cukup besar. Apalagi hasil jahitannya bagus, wah bisa jadi itu tidak hanya usaha sampingan saja, lama-lama malah jadi usaha beneran, yang gede. Aamiiin.

#3 Membuka Warung Kelontong

Nah, ini juga usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Modalnya sih cukup besar ya karena buat beli etalase, terus barang-barang jualan. Tapi tenang, jualan saja yang menjadi kebutuhan sehari-hari, pasti banyak yang beli.

Di kampung saya, tiap RT itu sekarang sudah ada warung kelontong. Padahal satu RT itu sekitar 30-40 KK. Warung kelontong memang cukup menjanjikan, ya sekedar untuk pemasukan sehari-hari. Namanya juga usaha sampingan.

Untuk membuka usaha warung kelontong ini nanti bisa digabungkan dengan usaha pulsa, bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, gandum, dan lainnya.

#4 Jasa Laundry dan Seterika

Kalau di rumah ada mesin cuci coba untuk dimaksimalkan saja. Bisa membuka usaha laundry dan seterika. Lumayan lho keuntungannya. Terlebih jika rumah ibu berada di sekitar area kost atau perumahan, pasti banyak yang pakai jasanya. Bisa dicoba deh…

Tapi perlu diingat, usaha ini membutuhkan waktu yang cukup banyak. Jika Anda hanya mengerjakannya sendiri pasti bakal keteteran. Mengingat usaha ini sangat dikerja oleh waktu, kadang ada orang yang ingin sehari pakaiannya jadi.

#5 Jualan Produk Kosmetik

Ibu-ibu pasti suka dandan kan, ya sudah coba saja jualan produk kosmetik dan kecantikan. Targetnya ya ibu-ibu di sekitar Anda. Kalau pengen untung lebih besar coba bergabung dengan usaha multi level produk kecantikan yang cukup terkenal itu. Tapi yang fokus jualan produk ya, bukan member get member, hehehe.

Kalau pas lagi kumpul-kumpul daripada gosip, mending nawarin produk kecantikan. Wah pasti banyak yang tertarik tuh. Coba aja.

#6 Jualan Produk Handmade

Kalau punya keahlian bikin produk handmade bisa didalami lagi. Untuk usaha yang satu ini, bisa memanfaatkan internet untuk memasarkannya secara online. Tidak perlu buat stok produk, tapi buat saja beberapa sample, terus buat sistem Made by Order atau Pre Order. Kalau produk baru dibuat setelah ada yang pesan.

Itu beberapa peluang usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Sebenarnya sih masih banyak.

Tapi yang terpenting gini, karena ini hanya sekedar usaha sampingan, jangan sampai mengganggu kegiatan utama. Dan pastikan untuk mendiskusikan dengan keluarga khususnya suami. Sehingga usaha nantinya tidak hanya lancar dari sisi finansial tapi juga sisi batin. 🙂 Semoga bermanfaat ya.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + three =