Home » PELUANG USAHA » Ingin Buka Usaha Pembuatan ID Card? Ini Modal Yang Dibutuhkan!
Usaha Pembuatan ID Card

Ingin Buka Usaha Pembuatan ID Card? Ini Modal Yang Dibutuhkan!

Peluang usaha dibidang digital printing saat ini masih terbuka lebar. Ya meskipun kenyataannya semakin banyak kompetitor yang bermunculan. Tapi yakinlah, bahwa usaha ini akan tetap berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan bisnis lain.

Jika melihat produknya, usaha dibidang digital printing ini sangat banyak yang bisa dikerjakan. Mulai dari pembuatan stiker, mmt atau spanduk, kalender, pamflet dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini EtalaseBisnis ingin memberikan referensi untuk Anda semua yang ingin membuka usaha dibidang ini. Referensi tersebut adalah jika ada ingin menyediakan layanan pembuatan ID Card.

Usaha pembuatan ID Card ini banyak sekali segmentnya. Bisa menyasar perusahaan atau kantor, bisa juga sekolah-sekolah. Atau juga bisa bekerjasama dengan Event Organizer yang kerap membutuhkan ID Card untuk sebuah event.

Lalu apa saja modal yang harus dipersiapkan jika ingin membuka jasa pembuatan ID Card? Mari simak…

1. Perangkat Komputer

perangkat-komputer

Kalau sudah berhubungan dengan digital printing, maka Anda harus punya perangkat komputer, bisa PC atau notebook. Fungsinya ya tentu saja untuk editing dan pembuatan layout desain sebelum dicetak.

Karena kebutuhan desain grafis membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni, maka cobalah untuk membeli atau mengupgrade komputer Anda yang cocok untuk kebutuhan multimedia.

Perangkat komputer ini termasuk investasi jangka panjang, karena dengan spesifikasi yang tinggi maka akan berdampak pada peningkatan kinerja ketika membuat desain dan multimedia lainnya.

2. Printer ID Card

printer-id-card

Lalu perangkat yang perlu Anda miliki lagi adalah printer ID Card. Printer untuk mencetak ID Card ini tidak seperti printer-printer pada umumnya. Ukurannya saja sudah berbeda.

Saat ini banyak tipe dan merek printer ID Card yang bisa Anda pilih, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada penjual untuk kebutuhan ini. Agar budget juga bisa ditekan.

Kenapa harus pakai printer khusus untuk ID Card? Karena agar kualitas hasil yang didapatkan bisa maksimal. Bisa saja menggunakan printer jenis lain, tapi tentu hasilnya kurang berkualitas. Nantinya malah berdampak pada kelangsungan bisnis Anda.

3. Mesin Laminasi

mesin-laminasi

Mungkin ada ID Card yang tanpa perlu dilaminasi, tapi ada juga yang butuh dilaminasi. Apalagi kalau permintaan klien memang ingin dilaminasi. Untuk itu sebaiknya Anda menyiapkan alat atau mesin laminasi.

Mesin laminasi ini fungsinya untuk melekatkan bahan PVC yang akan dicetak agar menempel lebih kuat.

Ada beberapa ukuran mesin laminasi, tergantung dari kebutuhannya. Seperti mesin laminasi ukuran ID Card, A3 hingga ada yang ukurannya bisa untuk melaminasi kertas ukuran 450 cm. Jadi pastikan memilih yang sesuai kebutuhan.

4. ID Card Punch Machine

id-card-punching-machine

Ini adalah mesin yang digunakan untuk memotong cetakan ID Card agar ukurannya sesuai dan rapi. Alat ini tidak membutuhkan sumber listrik, karena cukup ditekan atau tarik tuaskan pakai tangan saja. Sehingga akan lebih menghemat listrik.

5. ID Card Hole Maker

id-card-hole-maker

Mungkin ada klien yang pengen model ID Card yang bisa digantung atau dipasangan tali. Nah, untuk itu ID Card perlu dilubangi. Untuk melubanginya membutuhkan alat yang dinamakan ID Card Hole Maker.

Alat ini menyerupai tang tapi fungsinya untuk membuat lubang ukuran 3 mm x 13 mm. Tapi juga bisa dengan ukuran lain.

6. PVC ID Card

pvc-id-card

Jangan sampai lupa, bahan baku utamanya, yakni PVC ID Card. Tersedia dalam beberapa warna. Perlu diketahui, untuk PVC ini memiliki 3 lapis. Dimana lapisan yang kedua atau tengah terbuat dari bahan transparan yang nantinya menjadi objek untuk dicetak.

Sedangkan dua lapis lainnya berfungsi untuk melapis bahan transparan tersebut.

Di pasaran ada beberapa ukuran PVC seperti ukuran 20×30 cm, ada juga yang ukuran 54mm x 86mm.

7. ID Card Cover

id-card-cover

Mungkin Anda pernah melihat ID Card yang ditempatkan pada cover yang di sana sudah ada tempat gantungannya. Nah, Anda juga perlu memiliki ini. ID Card Cover ini fungsinya jika klien tidak ingin ID Card dilubangi langsung dan ingin menggunakan cover.

Di pasaran terdapat berbagai bahan jenis ID Card cover yang berbeda-beda.

8. Tali ID Card

tali-id-card

Lalu Anda juga perlu menyediakan tali ID Card. Sebaiknya yang polos saja dengan berbagai ukuran. Biasanya ada klien yang meminta tali ID Card diberi label nama juga. Kalau seperti itu berarti Anda harus mencetak tali ID Cardnya.

9. Kamera

kamera

Sebenarnya ini optional, tapi ini untuk mengantisipasi jika klien ingin menyerahkan urusan foto ID Card ke Anda. Jadi Anda perlu kamera.

Akan lebih baik jika Anda memiliki kamera DSLR. Tapi kalaupun tidak punya, bisa menggunakan kamera pocket atau bahkan kamera smartphone. Yang terpenting adalah masalah pencahayaan harus maksimal. Sehingga kualitas foto bisa baik ketika dicetak nanti.

Anda pun juga perlu pendukung lainnya jika ingin menyediakan kamera, yakni seperti tripod, lampu blitz, background, dll.

***
Itulah beberapa perangkat yang perlu Anda siapkan jika ingin membuka layanan pembuatan ID Card. Yang jelas tidak semuanya perlu Anda miliki secara langsung dalam jumlah banyak. Karena ada beberapa item yang memang harus disesuaikan dengan kebutuhan klien misalnya tali ID Card dan ID Card Cover. Anda cukup menyediakan samplenya saja.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda bertanya berapa budget yang dibutuhkan untuk membeli perangkat-perangkat tersebut? Jawabannya adalah relatif. Karena masalah harga tergantung dari merek, spesifikasi, dan lainnya. Jadi lebih baik Anda lakukan survei ringan untuk mendapatkan perangkat-perangkat tersebut.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + twelve =