Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha Jasa Foto & Video Aerial Dengan Drone
image (c) wikimedia.org

Peluang Usaha Jasa Foto & Video Aerial Dengan Drone

Trend penggunaan drone atau Quadcopter sekarang ini mulai merebak ke berbagai kalangan. Ada yang hanya sekedar menuangkan hobi saja bahkan ada juga yang karena mengikuti trend saja.

Padahal harga sebuah drone itu cukup mahal. Sayang sekali jika drone hanya sekedar buat main-main saja.

Nah, kenapa jika punya keahlian menerbangkan drone tidak membuka usaha dengan bermodalkan drone atau quadcopter. Ya, Anda bisa mencoba untuk membuka usaha jasa foto dan video aerial dengan menggunakan drone.

Apa itu Aerial Fotografi?

Foto Aerial

image via telegraph.co.uk

Aerial fotografi adalah pengambilan gambar dari udara. Bisa menggunakan pesawat, helicopter, pesawat tanpa awak dan bisa juga menggunakan drone atau quadcopter.

Karena tidak semua orang bisa melakukan aerial fotografi, dan hanya mereka-mereka saja yang memiliki perangkatnya maka jika Anda memiliki drone, lebih baik mencoba peluang usaha ini.

Untuk pasarnya sangat luas, karena memang sekarang ini trend drone lagi menyebar luas, sehingga banyak kalangan yang ingin mendapatkan hasil foto atau video secara aerial ini.

Adapun beberapa jasa foto & video aerial yang bisa Anda tawarkan adalah sebagai berikut :

  • Pemetaan Lahan. Di sini Anda bisa bekerjasama dengan kontraktor bangunan, pemerintahan, dan lainnya yang tujuannya ingin memetakan suatu lahan. Anda bisa menawarkan jasa pemetaan lahan dengan menggunakan drone. Tentu ini akan sangat membantu sekali, dan hemat biaya bagi mereka yang sedang membutuhkannya.
  • Company Profile. Jika Anda membuka YouTube, dan melihat beberapa company profile sebuah perusahaan pasti akan melihat company profile yang menyuguhkan video dari udara. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan company profile ini kepada perusahaan atau instansi. Tentunya dengan mengggunakan drone maka company profile akan lebih menarik.
  • Pre-wedding atau Wedding. Anda juga bisa menawarkan jasa ini kepada mereka yang akan melangsungkan pernikahan. Anda bisa menawarkan jasa secara individu, atau bisa bekerja sama dengan Event Organizer. Sekarang ini cukup banyak prosesi pre-wedding yang memakai drone.
  • Paket Wisata. Tawarkan kepada mereka para wisatawan untuk mengabadikan momen indah saat berwisata. Dengan bantuan drone akan membuat dokumentasi liburan semakin menarik.
  • Periklanan. Tawarkan kepada brand atau pelaku usaha untuk membuat iklan yang menarik melalui drone. Drone bisa membantu untuk membuat video iklan yang lebih atraktif.
Pre-Wedd YouTube

image via youtube.com/watch?v=1pSjUC-B7FQ

Secara umum, Anda bisa menawarkan jasa foto dan video Aerial Anda ini ke berbagai event yang ada. Dokumentasi aerial sekarang memang sangat dibutuhkan untuk menciptakan visual yang lebih menarik.

Untuk pemasarannya, Anda bisa membuat website yang berisi tentang portfolio Anda dan jasa-jasa Anda.

Sedangkan untuk masalah biaya, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhannya. Yang terpenting sudah mencakup biaya sewa drone + pilot, akomodasi, dan biaya editing foto video. Pastikan Anda atau pilot drone sudah memiliki sertifikat menerbangkan drone. Jika belum punya, sebaiknya mengikuti kelas sertifikat drone.

Nah bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis jasa foto dan video aerial menggunakan drone ini? Pastinya hobi Anda akan semakin seru jika bisa menghasilkan uang.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =