Home » GLOSARIUM » Ini Pengertian Domain dan Web Hosting Bagi Anda Yang Akan Membuka Toko Online
Pengertian Domain dan Web Hosting

Ini Pengertian Domain dan Web Hosting Bagi Anda Yang Akan Membuka Toko Online

Bagi Anda yang ingin membuat toko online, pasti akan dituntut untuk memiliki sebuah domain dan web hosting. Karena kedua elemen inilah yang akan toko online Anda bisa mengudara di dunia maya. Lantas, apa pengertian domain dan web hosting ini? Mari kita bahas melalui artikel ini jikalau Anda belum mengetahuinya.

Sebuah website (toko online) agar bisa dilihat oleh banyak oleh di seluruh dunia melalui internet maka file-file website harus berada di komputer server. Selain itu harus memiliki nama agar bisa diakses oleh orang.

Jadi, Domain adalah nama alamat website kita nanti, contoh nyatanya adalah www.tokobajuku.com, www.onlinebajuku.net. Nah, ekstensi .com/.net/.org/dll ini adalah domain. Untuk mendapatkannya Anda bisa membeli domain di penyedia domain atau web hosting. Domain ini bisa Anda sewa per tahun dengan biaya rata-rata Rp 120 Ribu (Domain ekstensi .com/.net/.org). Untuk perpanjangan tahun berikutnya sama.

Sedangkan Web Hosting adalah sebuah server yang digunakan untuk menaruh file-file website dan konten website Anda. Web hosting ini diibaratkan rumahnya. Untuk memiliki web hosting ini Anda harus sewa di penyedia jasa web hosting, bisa lokal maupun luar negeri. Harganya sendiri bervariatif, tergantung dari kapasitas penyimpannya, bandwidthnya, serta lokasi servernya. Namun, jika Anda ingin menyewa web hosting lokal untuk toko online, dengan harga Rp 300 Ribu per tahun sudah bisa mendapatkannya.

Ada beberapa kriteria yang perlu Anda ketahui jika ingin memiliki domain maupun hosting, diantaranya :

  • Kebutuhan. Apa sih kebutuhan Anda? Karena ingin membuat toko online, maka kebutuhannya sudah jelas. Untuk itu carilah domain dengan ekstensi yang sesuai, kami sarankan memakai .com saja. Untuk web hosting Anda tinggal sesuai dengan kebutuhan, misalnya spacenya.
  • Siapa Target Pengunjung. Target pengunjung toko online lebih menentukan ketika akan menyewa web hosting. Jika target adalah orang Indonesia maka kita bisa menyewa web hosting dengan server lokal (IIX). Sehingga akses website toko online lebih cepat.
  • Punya Budget Berapa. Kalau budget hanya sekitar Rp 500 Ribuan, mending membeli web hosting yang shared, jika budget lebih besar, Anda bisa menyewa web hosting jenis VPS.

Itulah sedikit tentang pengertian domain dan web hosting yang bisa kami sampaikan. Jika Anda ada kendala atau pertanyaan lebih jauh masalah domain maupun web hosting, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah. Kami akan selalu menjawab pertanyaan sesuai dengan kemampuan kami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang akan membangun toko online. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kita yang lain. 🙂 Thanks.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 2 =