Home » BISNIS ONLINE » Jangan Lakukan 5 Hal Ini Untuk Bisnis Toko Online Anda

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Untuk Bisnis Toko Online Anda

Pantangan Bisnis Toko Online
Ilustrasi Gambar via phptechnique.com

Mengelola bisnis toko online tidaklah semudah yang dibayangkan. Meskipun awalnya mudah karena dalam membangunnya hanya bermodal website toko online dan internet, tetapi itu semua bukan menjadi alasan utama bisnis toko online menjadi berhasil. Saya bukan maksud untuk menakuti Anda, namun ini hanyalah mengingatkan bahwa baik bisnis online maupun offline itu sama saja. Semuanya memiliki resiko yang tinggi, jika kita sebagai pelaku tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Untuk itu, perlu kita ketahui bersama bahwa mengelola bisnis toko online itu memerlukan pengalaman, panduan dan pengetahuan. Anda tidak mungkin bisa berhasil jika hanya bermodal produk, toko online dan koneksi internet saja. Di luar daripada itu adalah strategi pemasaran online yang perlu Anda ketahui.

Kali ini saya tidak akan membahas mengenai strategi bisnis toko online, namun saya ingin memberikan beberapa hal yang jangan sampai Anda lakukan pada bisnis toko online Anda. Jika Anda masih melakukannya, jangan harap toko online Anda bisa berkembang.

Pertama, Jangan Pernah Mengabaikan SMS Konsumen

Jika Anda sudah memberikan layanan pelanggan melalui SMS, jangan pernah sekali-kali untuk mengabaikannya. Jawabnya semua pertanyaan dari calon konsumen atau konsumen Anda dengan baik dan cepat. Terkadang memang ada konsumen yang membuat gerang karena pengennya nawar tinggi, atau ujung-ujungnya tidak jadi beli, tapi sikapilah dengan baik. Anda tidak perlu memperlihatkan kekesalan Anda.

Kedua, Memasang Foto Produk Yang Bukan Aslinya

Jangan pernah memasang foto produk yang sudah jelas itu bukan kondisi fisik yang sebenarnya. Jika pun Anda tidak sempat memotret produk aslinya, Anda harus memberikan penjelasan di deskripsi mengenai foto produk tersebut. Dan berikan alasan konkrit mengapa Anda tidak memasang foto aslinya. Sehingga transparansi ini akan membuat konsumen Anda tidak berpikir buruk tentang bisnis toko online Anda.

Ketiga, Testimonial Palsu

Jangan terlalu ambisi untuk memasang testimonial. Jika Anda memang belum mendapatkan testimoni dari konsumen, jangan pernah mempublikasi testimoni palsu. Meskipun konsumen tidak tau apa itu asli atau bukan, tapi yakinlah itu akan berdampak buruk pada bisnis online Anda. Biarkan kosong jika memang belum mendapatkan ulasan dari konsumen.

Keempat, Alamat Fiktif

Biasanya yang punya toko online saat ini memang tidak selalu memiliki toko offline. Rumah adalah yang menjadi tempat jualannya. Karena ingin dipercaya konsumen, lantas Anda memasang alamat toko offline fiktif untuk meyakinkan konsumen. Jangan…jangan lakukan hal tersebut. Tulislah alamat rumah Anda. Jika tidak ingin menuliskan, infokan saja jika Anda hanya fokus di penjualan online. Alamat bisa ditulis hanya Kota saja.

Kelima, Deskripsi Yang Ngawur

Ingat, pembeli Anda akan membeli produk di toko online Anda berdasarkan foto, deskripsi produk, dan harga. Nah, jika ketika elemen ini tidak jelas, maka calon pembeli pun juga ragu untuk membeli. Oleh karena itu, sebaiknya di deskripsi ditulis secara jelas tentang produk Anda. Tulis sesuai kondisinya, agar calon pembeli Anda bisa mendapatkan informasi yang pasti dan bisa berujung pada transaksi.

Itulah lima hal yang tidak boleh Anda lakukan di bisnis toko online Anda. Jika Anda masih ingin dipercaya konsumen, maka lakukan bisnis online dengan baik dan jujur. Semoga bisnis online Anda semakin berkembang 🙂

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *