Home » GLOSARIUM » Pengertian Kliring dan RTGS Dalam Perbankan
Pengertian Kliring dan RTGS

Pengertian Kliring dan RTGS Dalam Perbankan

Layanan transfer uang melalui bank itu bermacam-macam. Untuk bisa melakukan transfer uang pun tidak harus memiliki rekening di bank yang sama. Beda bank bisa.

Nah, layanan yang transfer uang antar bank yang biasa kita kenal adalah Kliring dan RTGS.

Pernah transfer secara Kliring kan ya?

Jadi kalau mau transfer dari Bank A ke Bank B pakainya Kliring atau RTGS ini. Tapi keduanya beda, meskipun sama-sama digunakan untuk layanan transfer beda bank.

Apa perbedaan antara Kliring dengan RTGS?

Sebelumnya saya telah mempublikasikan artikel tentang Transfer Online (Baca: Transfer Online, Solusi Transfer Antar Bank Secara Realtime). Transfer online tersebut juga digunakan untuk layanan transfer beda bank, tapi secara realtime. Sekarang transfer, dan saat itu juga langsung sampai ke rekening tujuan (Bank berbeda).

Kliring…

Nah, kalau Kliring ini adalah sistem layanan transfer uang ke berbagai rekening bank nasional, baik yang ada dalam jaringan ATM Bersama maupun ATM Prima. Dimana waktu transfer yang dibutuhkan berkisar antara 2-3 hari kerja. Jadi, misalnya Anda transfer dari Bank A ke Bank B hari Senin, sampainya bisa hari Rabu atau Kamis. Cukup lama memang.

Tapi jika Anda kirimnya pada pagi hari (sebelum jam 11), bisa jadi sampainya pada hari yang sama tapi agak sorean (tidak realtime).

Biaya transfer secara Kliring ini mayoritas Bank memberikan biaya maksimal sebesar Rp 5.000 dengan limit transaksi maksimal Rp 99.999.999,- per harinya.

Kliring juga biasa disebut LLG atau SKN. Jadi jangan kaget dengan istilah tersebut.

RTGS…

RTGS kepanjangan dari Real-Time Gross Settlement. Secara umum sama dengan Kliring, tapi RTGS menawarkan waktu transfer yang lebih cepat yakni antara 1-3 jam saja. Paling lambat ya hari kedua setelah transfer.

Yang membedakan adalah RTGS ini memiliki limit minimum transaksi sebesar Rp 100.000.001,- dengan biaya transaksi sebesar Rp 15.000,-.

Jadi intinya RTGS digunakan untuk transaksi transfer dana ke lain bank dengan nominal yang lebih besar (minimal Rp 100 Juta). Kalau cuma di bawah Rp 100 Juta, pakainya Kliring.

Layanan Kliring dan RTGS sudah tersedia di Internet Banking semua bank nasional.

Itulah penjelasan singkat mengenai Kliring dan RTGS menurut saya. Apabila ada yang salah atau kekurangan, mohon kiranya bersedia menambahkan melalui kolom komentar agar bisa menambah isi dari artikel ini. 🙂

Semoga bermanfaat.