Home » GLOSARIUM » Glosarium: Pengertian Reksadana Dan Cara Memulainya

Glosarium: Pengertian Reksadana Dan Cara Memulainya

Investasi Reksadana
Image via vibiznews.com

Sebagian dari kita tentu ingin kebutuhan finansial keluarga lebih baik dan bisa mengcover berbagai kebutuhan. Biaya pendidikan, rumah, modal usaha atau mempersiapkan hari tua, sepertinya menjadi pertanyaan yang harus segera dipecahkan dan dicarikan solusinya. Betul?

Sayangnya, semua keinginan tersebut terkendala oleh yang namanya mata pencaharian atau pekerjaan. Banyak yang beranggapan kalau dengan pekerjaan saya saat ini nanti tidak bisa mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan di atas.

Tunggu dulu, jika Anda mau berusaha dan belajar, masih ada peluang buat Anda yang ingin mempersiapkan itu semua meski memiliki dana yang kecil. Dan solusinya adalah dengan Investasi Reksadana.

Banyak jenis aset investasi yang bisa Anda coba, tapi jika Anda belum mengetahui Apa Itu Reksadana, lebih simak artikel berikut.

Apa Itu Reksa Dana?

Pengertian Reksadana adalah kumpulan dana yang didapatkan dari berbagai investor lalu dikelola dan ditanamkan Manajer Investasi melalui berbagai aset investasi seperti saham, obligasi, pasar modal, dll.

Reksadana ini merupakan aset investasi yang tergolong mudah, murah dan menguntungkan meskipun untuk Anda yang pemula.

Bahkan jika Anda memiliki dana Rp 100.000,- pun bisa untuk diinvestasikan ke dalam Reksadana ini. Menarik kan!

Bagaimana Cara Investasi Reksadana?

Untuk membelinya, Anda bisa menghubungi beberapa lembaga, seperti:

1. Manajer Investasi (MI)
Manajer Investasi adalah lembaga yang mengelola Reksadana. Manajer Investasi yang ada di Indonesia menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berjumlah 73. Nah, yang menarik jika melalui MI ini adalah Anda bisa memulainya dengan jumlah Rp 100.000 – Rp 200.000 saja. Sehingga bagi Anda yang memiliki dana investasi tipis, bisa memilih menggunakan lembaga ini.

2. Bank Agen Penjual
Lembaga ini jelas sudah, yaitu Bank. Dimana bank yang telah mendapatkan ijin untuk menjual reksadana. Di Indonesia sendiri sudah banyak bank yang memiliki layanan Reksadana. Sayangnya jika Anda berinvestasi Reksadana melalui bank, maka nilai minimum investasi mulai Rp 500.000 bahkan ada bank yang memberikan jumlah minimum Rp 20 Juta. Jadi, ini cocok buat yang memiliki dana banyak dan ingin serius berinvestasi.
*Tapi ada juga bank yang memiliki nilai pembelian Rp 100.000,- 🙂

3. Asuransi Unit – Link
Lebih tepatnya Anda membeli asuransi tetapi juga berinvestasi. Karena penyedianya adalah perusahaan Asuransi.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian Reksadana. Jika Anda berniat untuk berinvestasi yang mudah, mungkin bisa mencoba Reksadana ini. Semoga Bermanfaat 🙂 Jangan Lupa Bagikan Ini Ke Rekan Anda Agar Lebih Bermanfaat!



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − thirteen =