Produk Budidaya Lebah Madu yang Bisa Dijual

Budidaya lebah madu sangatlah menguntungkan, asal tempat untuk budidayanya memiliki vegetasi tanaman bunga yang bagus. Ya karena lebah madu akan bisa bertahan dan berkembang dengan menghisap nektar-nektar dan serbuk sari dari bunga. Selain itu budidaya lebah madu ini sangatlah mudah dilakukan.

Modal yang Anda siapkan hanya koloni-koloni lebah saja. Anda tidak perlu memberikan pakan, karena lebah madu akan mencari sumber makannya sendiri. Yang penting Anda menyiapkan vegetasi yang bagus di sekitar tempat budidayanya.

Peluang usaha budidaya lebah madu ini sangatlah besar. Produk madu yang merupakan produk utama dari lebah madu sudah memiliki pasar yang besar. Nah selain madu, ada banyak produk budidaya lebah madu yang bisa dijual. Apa saja produknya?

Produk Lebah Madu

Produk Lebah Madu
Foto oleh Timothy Paule II dari Pexels

1. Madu

Yang utama jelas madunya. Madu yang dihasil oleh lebah-lebah memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan dalam Al Qur’an pun telah disebutkan kalau madu merupakan obat bagi manusia.

Madu itu memiliki berbagai macam rasa, warna, dan teksturnya. Itu semua tergantung dari jenis lebah serta kondisi alam yang berpengaruh pada karakteristik madu.

Produk madu ini bisa dijual langsung ke konsumen sebagai madu murni.

2. Serbuk sari (bee polen)

Bee polen atau serbuk sari ini juga bisa dijual. Lebah mengambil serbuk ini dari bunga-bunga dan ini merupakan sumber protein untuk lebah. Selain sumber protein untuk lebah, Bee polen ini juga sangat bagus untuk manusia. Karena sumber proteinnya sangat tinggi dan memiliki khasiat untuk memperbaiki sel-sel tubuh manusia yang rusak.

Kandungan gizi yang ada di Bee polen ini sangat banyak, diantaranya adalah Asam Amino Esensial, Mineral, Asam Lemak Esensial, Vitamin, Alkaloid, dll.

Bee polen ini sangat bagus untuk mencegah kanker.

3. Royal jelly

Kemudian ada Royal Jelly. Bentuknya berupa cairan yang kental dan warnanya putih kekuningan. Royal Jelly ini merupakan hasil sekresi dari lebah pekerja yang fungsinya untuk memberi makan larva lebah.

Nah Royal Jelly ini harganya juga mahal, bahkan lebih mahal dari madunya. Karena memang khasiatnya sangat tinggi. Biasanya Royal Jelly dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menderita penyakit kronis.

4. Propolis

Kalau Anda pernah melihat sarang lebah dan ada bagian yang lengket, nah itu propolisnya. Propolis ini dibuat oleh lebah dari resin-resin yang ada pada tumbuhan. Fungsinya propolis untuk melindungi sarang dan kantung-kantung madu.

Dalam dunia kesehatan, propolis ini juga sangat bagus. Karena banyak obat-obatan yang dibuat dari propolis. Biasanya propolis akan diolah dulu agar menjadi ekstrak yang kemudian dijadikan bahan obat.

Salah satu khasiat propolis adalah untuk antibiotik.

5. Lilin lebah

Lilin lebah merupakan salah satu hasil sekresi lebah. Lilin lebah ini juga banyak manfaatnya bagi manusia, tentunya selain bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan lilin juga bisa digunakan untuk kebutuhan industri kosmetik dan farmasi.

Baca juga : Peluang Usaha Madu Asli, Berbisnis Sambil Membantu Orang

Nah itulah beberapa produk budidaya lebah madu yang bisa dijual. Jadi jangan berpikir kalau budidaya lebah itu hanya madunya saja yang bisa dimanfaatkan. Jadi gimana? Tertarik untuk budidaya lebah madu?




Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.