Home » TIPS » 4 Teknik Penting Saat Stand Up Selling Untuk Presentasi Penjualan
Stand Up Selling
Image via http://www.marcjblumenthal.com/wp-content/uploads/2015/01/pBusinessPresentation_Dollarphotoclub_67844411.jpg

4 Teknik Penting Saat Stand Up Selling Untuk Presentasi Penjualan

Dalam berjualan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa yang kita miliki. Sebagai penjual sebaiknya kita memiliki kemampuan verbal yang lebih baik, sehingga apa yang ingin kita sampaikan kepada calon konsumen bisa sampai dengan jelas.

Apabila jika Anda tengah melalukan Stand Up Selling, tentu pembukaan presentasi penjualan tersebut sangatlah penting. Dalam Stand Up Selling, presentasi harus memiliki kekuatan yang bisa membawa audience tidak hanya tertuju kepada kita tetapi juga tertarik dengan apa yang kita ucapkan.

Karena dalam sebuah presentasi penjualan tidak hanya tentang bagaimana berbicara di depan orang banyak, tetapi lebih kepada bagaimana membuka presentasi, menyampaikan kebutuhan dan permasalahan, memberikan pemecahan masalah dan mengajak untuk mengambil tindakan yang harus dilakukan.

Untuk itu 4 bagian penting ini bisa Anda lakukan ketika membuka sebuah presentasi dalam Stand Up Selling.

1. Pernyataan Mengejutkan

Mulailah dengan membawakan informasi kepada pendengar sesuatu yang tidak umum dan bersifat mengejutkan. Hal ini bisa disampaikan dengan memberikan informasi berdasarkan fakta, data statistik atau informasi yang belum pernah didengar oleh pendengar. Sehingga dengan awalan ini, pendengar akan mulai tertarik untuk menyimak lebih jauh tentang pemaparan Anda.

2. Berikan Cerita Singkat

Cerita pendek ini bertujuan sebagai transisi imajinasi dan pemikiran pembaca atas informasi atau fakta yang telah diberikan tadi. Untuk memberikan cerita pendek ini bisa berdasarkan pengalaman pribadi atau orang lain. Namun, pastikan cerita ini tetap fokus pada topik yang ingin dituju. Sehingga dengan adanya cerita singkat ini pembaca akan lebih mudah dalam memahami pesan yang disampaikan oleh Anda.

3. Sesekali Gunakan Kutipan Menarik

Untuk memperkuat hasil fakta statistik dan cerita di atas, Anda bisa menggunakan kutipan dari orang terkenal yang terkait dengan topik presentasi Anda. Kutipan ini akan memberikan stimulun kepada pendengar untuk bisa sepaham dan setuju dengan pemaparan Anda. Sehingga, nantinya Anda akan lebih mudah dalam menggiring ke tujuan presentasi utama.

4. Ajukan Pertanyaan Sebagai Penilaian

Presentasi yang baik adalah yang melihat komunikasi dua arah yaitu dengan melibatkan pendengar. Ajukanlah pertanyaan kepada pendengar, karena itu akan membangkitkan respon para pendengar kepada Anda. Selain itu, dengan melibatkan pendengar melalui pertanyaan juga bisa Anda jadikan penilaian seberapa antusias para pendengar dalam memperhatikan apa yang Anda sampaikan.

Itulah empat teknik penting yang bisa Anda lakukan ketika membuka presentasi penjualan dalam Stand Up Selling.

Referensi artikel ini dari Iqbal Juatis, Member YukBisnis Solo.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + 5 =