Home » PERBANKAN » Tips Memilih Kartu Kredit Yang Tepat Guna
Tips Memilih Kartu Kredit
Image via https://brighterlifeindonesia.files.wordpress.com

Tips Memilih Kartu Kredit Yang Tepat Guna

Banyak yang mengatakan kalau kartu kredit itu bisa menjadi sumber malapetaka (hutang bengkak). Ya, itu benar tapi kalau kita tidak tahu bagaimana menggunakan secara bijak. Terlebih ketika pada waktu awal memilih kartu kredit.

Saat ini banyak sekali bank-bank yang mengeluarkan kartu kredit dengan bermacam fitur dan kelebihan. Satu bank saja bisa memiliki berbagai jenis kartu kredit. Tentu kita sebagai pengguna harus teliti jika ingin membuatnya.

Untuk itu jangan sampai menggunakan kartu kredit yang tidak memiliki fungsi sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Berikut ini beberapa tips memilih kartu kredit yang bisa tepat guna.

1. Jangkauan Jaringan Luas

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, wajib memilih kartu kredit yang memiliki jaringan yang diakui di seluruh dunia. Sehingga ketika Anda berada di luar negeri, bisa menggunakan kartu kredit ini untuk bertransaksi dengan mudah.

2. Memiliki Layanan Customer Yang Lengkap

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda harus dilayani dengan baik oleh penyedia kartu kredit. Seperti layanan transaksi 24 jam, layanan pengaduan, serta layanan pembayaran. Hal ini sangat penting jika sewaktu-waktu Anda memiliki masalah dengan kartu kredit Anda.

3. Memiliki Biaya Yang Ringan

Jika Anda akan menggunakan kartu kredit, pastinya akan dikenakan yang namanya iuran tahunan, bunga, biaya admin dan lain-lain. Pilihlah kartu kredit yang memiliki biaya ringan, khususnya dalam suku bunga yang diberikan. Karena biasanya jika Anda terlambat tagihan maka akan dikenakan bunga. Nah, ini berbeda-beda tiap banknya.

4. Cari Yang Memberikan Banyak Diskon

Kartu kredit biasanya digunakan untuk transaksi belanja. Carilah kartu kredit yang memiliki banyak penawaran diskon. Biasanya pihak bank telah bekerjasama dengan beberapa merchant, dan Anda pun harus berbelanja di sana untuk bisa mendapatkan diskon dengan menggunakan kartu kredit bank tersebut. Tapi, Anda juga harus memastikan bahwa merchant tersebut memang menjual barang-barang yang Anda butuhkan.

5. Aman

Yang terakhir adalah pilih kartu kredit yang memberikan keamanan kepada nasabahnya. Bentuk keamanan jika di kartu kredit bisa berupa pencetakan tanda tangan atau adanya foto diri di kartu kredit, sehingga hal ini meminimalisir tindakan illegal pada kartu kredit Anda. Saat ini juga ada beberapa kartu kredit yang memberikan asuransi kepada nasabahnya.

Jadi pastikan Anda memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Jangan terlalu memaksakan ego hanya untuk bergaya dengan memiliki kartu kredit. Karena kartu kredit itu tetap saja memiliki resiko yang tinggi jika kita tidak menggunakannya dengan bijak.

Baca juga: Tips Sehat Menggunakan Kartu Kredit

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 17 =