Home » TIPS » Tips Memilih Web Hosting Indonesia Untuk Bisnis Online
Web Hosting Indonesia

Tips Memilih Web Hosting Indonesia Untuk Bisnis Online

Adakah web hosting Indonesia yang handal untuk kebutuhan bisnis online? Menurut saya, ada.

Namun, informasi yang berkembang di dunia maya, web hosting Indonesia itu tidak ada yang bisa diandalkan. Kualitasnya kalah jauh dengan web hosting luar negeri, baik dari sisi harga, teknologi maupun pelayanan. Hhm, apakah benar?

Tapi setelah saya survey, ternyata banyak juga website-website di Indonesia yang menggunakan web hosting Indonesia (Server Indonesia juga tentunya). Bahkan beberapa startup yang ada juga menggunakan layanan hosting dari Indonesia.

Web Hosting yang dimaksud di sini bisa dikategorikan dalam Shared Hosting, Virtual Private Server (VPS), maupun Dedicated Server.

Sebenarnya di Indonesia sendiri memiliki provider jasa cloud hosting yang cukup handal. Saya tidak akan menyebutkan apa namanya, tapi paling tidak, Anda mulai sekarang ini tidak perlu khawatir untuk menggunakan layanan web hosting Indonesia.

Nah, agar Anda lebih yakin, saya akan memberikan tips memilih web hosting Indonesia yang cocok untuk bisnis online Anda. Sehingga harapannya Anda tidak lagi terjebak dalam tipu daya promosi layanan web hosting Indonesia yang abal-abal. Maksudnya abal-abal adalah, layanan web hosting tersebut hanya dimaintenance oleh satu orang. Lebih baik, baca tips ini.

#1 Pilih Yang Menggunakan “Cloud Hosting”

Teknologi web hosting kini sudah mengalami perkembangan, salah satunya dari sisi manajemen server. Cloud Hosting berbeda dengan Shared Hosting maupun VPS. Karena Cloud Hosting tersusun atas beberapa server. Di Cloud Hosting, satu server tidak digunakan untuk fungsi yang sama. Jadi, masing-masing server memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Apa manfaatnya? Yang jelas bisa lebih cepat, karena penyebaran fungsi termanajemen dengan baik. Dan yang menarik adalah apabila ada satu server yang mengalami trouble, maka server lain akan membantu mengatasi. Sehingga website tidak mengalami down. Beda jika menggunakan shared hosting biasa yang dalam satu server digunakan untuk berbagai macam fungsi, baik itu database server, untuk host, dll. Apabila dalam server tersebut mengalami trouble, maka website down.

Itulah mengalami lebih baik memilih yang menggunakan teknologi Cloud Hosting. Cloud Hosting sangat cocok untuk application business online.

#2 Pilih Penyedia Layanan Web Hosting Yang Memiliki Server Sendiri

Tak bisa dipungkiri lagi saat ini banyak penyedia layanan web hosting Indonesia dengan model yang hampir sama. Mengapa hal ini terjadi? Karena beberapa penyedia induk, memberlakukan sistem reseller. Sehingga siapapun bisa dengan mudah membuka bisnis jasa web hosting ini.

Nah, itulah mengapa saya sarankan untuk memilih di penyedia yang memang memiliki server sendiri bukan memilih di reseller. Karena penyedia layanan yang memiliki server sendiri akan selalu memaintenance servernya, itu yang pertama.

Lalu yang kedua, sudah jelas, kita akan lebih tenang dalam menyewa web hosting di sana. Penyedia yang memiliki server sendiri tentu akan memiliki Sumber Daya Manusia yang banyak untuk memanajemen bisnis tersebut. Beda dengan para reseller hosting yang kadang hanya dikelola seorang sendiri.

#3 Dilengkapi Dengan Keamanan

Selain harus memiliki teknologi yang terbaru dan up to date, penyedia web hosting juga harus memiliki fitur keamanan. Apalagi sekarang marak terjadinya modus penipuan online maupun kejahatan lain yang dilakukan oleh hacker dan sejenisnya. Untuk itu dalam mencari web hosting harus memilih yang memberikan perlindungan kepada pelanggannya. Perlindungan tersebut misalnya cloud hosting yang dilengkapi dengan Dedicated Firewall atau lainnya, sehingga akan mengantisipasi aktifitas-aktifitas jahat ke server.

#4 Transparansi Harga & Layanan

Pernah suatu ketika ada pemilik web hosting yang mengalami masalah pada websitenya yang dikarenakan oleh kualitas server yang buruk. Lantas, pihak penyedia web hosting tersebut menawarkan layanan perbaikan dimana ada biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna. Padahal di layanan tertera support gratis, dan informasi tersebut tidak diinformasi di website atau media lain.

Nah, contoh kasus semacam itu jelas tidak ada bentuk transparansi layanan dan harga. Sehingga pelanggan lah yang akan mendapatkan kerugiannya.

Untuk itu jangan ragu untuk menanyakan harga dan layanan apa saja yang diberikan. Dan apakah yang tertera di website adalah informasi yang sebenarnya atau nanti ada tambahan harga lagi.

#5 Pilih Yang Memiliki Kredibilitas Tinggi

Kredibilitas kaitannya dengan kepercayaan konsumen dan berpengaruh pada harga diri perusahaan layanan web hosting itu sendiri. Cara mengetahui kredibilitas itu adalah dengan melihat siapa saja yang memakai layanannya.

Saya memiliki referensi salah satu penyedia Cloud Hosting Indonesia di mana mereka memiliki client yang memang bukan orang biasa, banyak juga startup yang memakai jasanya. Itu bisa dijadikan referensi.

Kredibilitas ini juga bisa diketahui dari sisi manejemen perusahaan serta pelayanannya. Pelayanan sangat penting agar kepuasan pelanggan bisa diutamakan.

Kesimpulannya adalah masih ada layanan web hosting Indonesia yang memberikan kualitas terbaik dan tidak kalah dengan produk luar negeri. Yang penting adalah bagaimana agar kita mau mencari tahu dari sisi teknisnya. Karena kebanyakan yang terjadi di Indonesia adalah masalah teknologi dan pelayanannya. Sehingga seakan-akan tidak ada layanan web hosting di Indonesia yang direkomendasikan.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =