Home » BISNIS ONLINE » Alasan Jualan Lewat Toko Online Lebih Efektif Daripada Marketplace
Toko Online
Ilustrasi image via freshegg.co.uk

Alasan Jualan Lewat Toko Online Lebih Efektif Daripada Marketplace

Sekarang ini untuk berjualan online banyak sekali caranya. Penjual sangat dimudahkan dengan adanya berbagai media dan saran online yang ada. Jika beberapa tahun yang berjualan harus melalui toko online, kini berjualan bisa melalui media lain, seperti marketplace, social media, dan bahkan instant messaging.

Tapi, meski semakin banyak medianya, jualan lewat toko online menurut saya masih menjadi cara berjualan yang lebih efektif. Meskipun untuk berjualan di toko online, kita harus mengeluarkan modal yang lebih besar seperti membeli domain dan hosting. tapi dampaknya dari jualan online lewat toko online akan sangat terasa dalam waktu panjang daripada melalui marketplaceseperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Apa yang membuatnya efektif?

#1 Lebih Fleksibel

Anda lebih bebas mengkostumisasi toko online, karena itu toko online Anda sendiri. Sehingga dari segi desain, isi konten, dan sistem bisa Anda rubah sesuka hati. Jika menggunakan marketplace semuanya sudah ditetapkan oleh pihak marketplace itu sendiri. Sehingga Anda tidak bisa menampilkan lebih jelas identitas jualan Anda.

#2 Memudahkan Untuk Branding Merek

Dengan berjualan dengan toko online, Anda akan mudah untuk membranding merek dan produk Anda. Sehingga produk dan merek Anda pun akan lebih cepat terkenal. Jika di marketplace akan sulit, karena di sana identitas toko Anda kurang terlihat dengan jelas, Anda hanya diketahui sebagai seller. Dan yang menjadi sorotan adalah nama marketplace nya semisal Tokopedia atau Bukalapak.

#3 Tidak Ada Saingan

Dengan berjualan di marketplace sudah jelas Anda akan berhadapan dengan pesaingan lain dengan produk yang sama dan harga yang bersaing. Ini yang menjadi salah satu kekurangan berjualan di marketplace. Sehingga peluang transaksi akan dibagi-bagi dengan pelapak lain. Beda dengan berjualan di toko online pribadi, ketika ada pengunjung yang datang maka Anda tidak punya saingan lagi. Tinggal memaksimalkan toko online agar pengunjung mau membeli produk Anda.

#4 Mudah di Optimasi

Yang lebih enak lagi ketika Anda berjualan melalui toko online pribadi, Anda bebas dan mudah untuk mengoptimasinya. Baik itu optimasi SEO toko online, atau mempromosikan melalui iklan berbayar. Jika melalui marketplace paling cuma bisa menggunakan layanan promosi yang disediakan. Untuk mengoptimalkan dari sisi SEO kurang maksimal.

#5 Meningkatkan Kredibilitas

Dengan memiliki domain sendiri, toko online sendiri, dan kebebasan memanage toko online, membuat tingkat kepercayaan konsumen meningkat. Jika berjualan di marketplace kadang konsumen masih khawatir, apakah seller bisa dipercaya atau tidak dan hanya mengandalkan rating saja.

Saat ini pun membuat toko online sangat mudah. Tinggal membeli domain, hosting, install CMS seperti WordPress, beli template Toko Online WordPress, maka toko online siap digunakan. Sangat mudah.

Tapi apabila Anda juga tetap ingin menggunakan marketplace ya silahkan. Tapi saran saya gunakan marketplace sebagai pendukung toko online, bukan sebagai tempat jualan yang utama.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =