Home » TIPS » Bagaimana Agar Cafe Ramai Pengunjung?

Bagaimana Agar Cafe Ramai Pengunjung?

Cafe Ramai Pengunjung
Ilustrasi Gambar via Keepo.me

Kalau punya bisnis cafe hanya sebatas berjualan makanan dan minuman, jangan harap cafe ramai pengunjung. Karena sejatinya cafe bukan sekedar untuk makan atau minum saja, tapi juga tempat berkumpul.

Tidak hanya inovasi saja, tapi layanan dan fasilitas sebuh cafe juga perlu diperhatikan jika ingin memiliki pengunjung yang banyak.

Saya pernah mendatangi beberapa cafe yang ada di Jogja. Persaingan bisnis cafe di Jogja ini lumayan tinggi, mengingat tiap sudut kota pasti ada cafe-cafe dengan berbagai konsep. Tapi tiap semuanya ramai.

Yang membuat ramai dan tidaknya, ternyata sebagian besar bukan karena menu cafenya, tapi lebih ke fasilitas yang ada di cafe tersebut.

Nah, ini bisa Anda tiru untuk mengembangkan cafe Anda agar ramai pengunjung.

#1 Sediakan Akses Wi-Fi

Ingat, keberadaan cafe sekarang yang lebih utama adalah tempat ngumpul dan nongkrong. Ada yang hanya sekedar ngumpul bareng temen, atau untuk sekedar browsing. Nah, untuk itu sediakan akses Wi-Fi di cafe Anda. Keberadaan fasilitas ini sangat berdampak signifikan untuk meningkatkan pengunjung cafe. Apalagi saat ini banyak orang doyan internetan. Cafe adalah tempat nongkrong yang nyaman.

Tapi, agar lebih maksimal, sediakan akses Wi-Fi yang kencang. Ada pengunjung yang enggan datang ke sebuah cafe dikarenakan akses Wi-Fi lambat. Untuk itu, yang paling penting adalah berikan akses Wi-Fi yang cepat. Anda bisa memberikan dua pilihan, Wi-Fi Gratis tapi kecepatan tidak stabil lalu Wi-Fi berbayar dengan kecepatan yang cepat dan stabil. Agar pengunjung juga memiliki pilihan.

#2 Tempat Duduk Yang Nyaman

Posisi tempat duduk sangat menentukan kenyamanan pengunjung. Berikan dua tempat duduk, yakni yang menggunakan meja kursi dan lesehan. Tidak semua pengunjung nyaman duduk di kursi, apalagi yang ingin nongkrong berjam-jam.

Selain itu, berikan meja atau tempat duduk yang bisa digunakan untuk kumpul minimal 4 orang. Selain bisa menghemat ruang juga dapat membuat pengunjung semakin nyaman berkumpul.

#3 Buat Konsep Cafe Yang Unik

Buatlah konsep desain cafe yang unik dan membuat orang ingin datang ke cafe Anda. Misalnya saja cafe library, dimana selain tempat untuk nongkrong, pengunjung juga bisa menikmati buku-buku yang ada. Itu salah satu contoh konsep cafe. Bisa juga membuat cafe ala angkringan.

Kalau sekarang ini sedang trend cafe outdoor. Cafe dengan konsep outdoor banyak disukai anak-anak muda.

#4 Buat Acara-Acara Penggembira

Agar lebih ramai dan bisa mendatangkan pengunjung, Anda bisa menarik kedatangan pengunjung dengan membuat acara-acara seperti live musicstand up comedy, atau acara nonton bareng. Semua event-event ini dapat menjadi daya tarik pengunjung.

#5 Gunakan Social Media

Memang tak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan social media patut untuk digunakan untuk pengembangan bisnis offline. Meski tujuannya bukan untuk berjualan, dengan menggunakan social media mampu untuk menjaring komunitas pasar dan mendekatkan dengan konsumen. Gunakan saja social media untuk sharing tentang hal-hal umum atau memberikan kuis dengan voucher diskon. Cara ini cukup efektif.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − four =