Home » BISNIS ONLINE » SEO, Solusi Meningkatkan Pengunjung Toko Online
Optimasi SEO Website
SEO - Search Engine Optimization

SEO, Solusi Meningkatkan Pengunjung Toko Online

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung toko online yang kita kelola. Dengan memiliki pengunjung yang banyak, tentunya peluang terjadi transaksi penjualan semakin meningkat. Dan strategi pemasaran online melalui SEO (Search Engine Optimization) adalah solusi bagus untuk mengatasi masalah tersebut.

Memiliki toko online yang sepi tentu tidak diinginkan semua pemilik toko online, namun itu bisa diatasi dengan strategi marketing online, salah satunya dengan SEO tersebut. SEO adalah salah satu cara marketing online yang mengandalkan sebuah kata kunci yang akan merujuk ke website atau toko online kita.

Tentu kata kunci tersebut haruslah kata kunci yang banyak dicari orang. Kita bisa merisetnya melalui Google Keyword Planner. Setelah menemukan kata kunci yang cocok, dan relevan dengan produk kita, maka segeralah mengoptimasi kata kunci tersebut.

Kata kunci yang Anda bidik haruslah terpasang di landing page website atau toko online yang ingin diangkat pada mesin pencari. Optimasi SEO Toko online bisa dilakukan dengan dua teknik, yaitu On Page dan Off Page. On Page adalah optimasi SEO yang dilakukan dari sisi website Anda, bisa meliputi struktur template, judul, deskripsi, dll. Sedangkan Off Page adalah optimasi SEO yang dilakukan di luar website atau toko online Anda. Salah satunya dengan cara membuat backlink ke website Anda atau dengan share ke berbagai social media.

Untuk proses optimasi SEO memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya :

  • Tingkat kompetisi kata kunci Anda
  • Kondisi On Page Website Anda
  • Umur Website Anda
  • Komposisi backlink yang dibangun
  • Kualitas backlink yang dibangun

Biasanya akan memakan waktu hingga berbulan-bulan. Itu juga tergantung seberapa baik intensitas optimasi Anda. Banyak faktor yang mempengaruhinya termasuk dari faktor eksternal yaitu dari mesin pencari itu sendiri. Katakanlah Google, Google kerap sekali melakukan update algoritma yang membuat beberapa pencarian menjadi naik turun.

Apabila Anda belum mengetahui bagaimana untuk mengoptimalkan website melalui SEO, Anda bisa membaca Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur yang telah diterbitkan oleh Google.

7 Comments
    • Setia Adi Firmansyah
    • Setia Adi Firmansyah

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − 3 =