Home » BISNIS ONLINE » Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Seller Marketplace
Seller Marketplace

Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Seller Marketplace

ETALASEBISNIS.com – Keberadaan marketplace tidak menjamin semua transaksi jual beli menjadi aman dan nyaman. Karena itu kembali lagi ke seller dan buyer sebagai dua elemen penting dalam setiap transaksi.

Marketplace sendiri hanya menyediakan sistem yang bertujuan untuk membuat transaksi antara pembeli dan penjual menjadi ‘lebih aman’ dan nyaman. Salah satunya adalah adanya fitur rekening bersama. Di mana dana pembelian akan ditampung dulu di rekening pihak marketplace lalu akan dikirimkan ke penjual setelah pembeli menerima barang pembeliannya.

Dari pengalaman belanja di marketplace online, ternyata masih saja ada seller atau penjual yang tidak bisa memanfaatkan fitur marketplace yang ada. Sehingga itu membuat kesalahan-kesalahan yang merugikan pembeli.

Apa saja kesalahan itu? Berikut diantaranya :

1) Tidak Menjawab Pertanyaan Pembeli

Di beberapa marketplace ada fitur Message/Chat yang fungsinya untuk berkomunikasi antara pembeli dan penjual. Biasanya pembeli yang sering menanyakan ke penjual tentang produk maupun transaksi penjualannya.

Nah, sayangnya masih saja ada penjual yang tidak membalas pertanyaan yang dikirimkan oleh pembeli. Padahal ini sangat penting untuk menjaga reputasi dan tentunya bentuk layanan kepada pembeli.

Bahkan ada pembeli yang batal bertransaksi di lapaknya karena tidak ada balasan dari penjual tentang produk yang akan dibelinya. Ini sangat merugikan.

2) Tidak Mengganti Status Transaksi

Entah mengapa ada juga penjual yang tidak mengganti status transaksi yang masuk. Ini bisa jadi antara malas, tidak tahu cara menggunakan, atau memang lupa. Tetapi pernah ada kejadian dimana seller tidak merubah status transaksi, sehingga membuat pembeli merasa penjual tidak menerima transaksi pembeliannya. Pada akhirnya transaksi secara otomatis dibatalkan.

Padahal, penjual sudah mengirimkan barangnya ke pembeli. Aneh kan, tetapi ada lho yang seperti ini.

Tentu kejadian seperti ini sangat fatal. Karena pembeli akan mendapatkan uangnya kembali, tetapi juga mendapatkan barang yang diinginkan. 😀

3) Tidak Mengisi Deskripsi Produk

Deskripsi produk sangat penting bagi pembeli online. Dari sinilah pembeli tahu informasi tentang produk itu. Kalau penjual saja tidak mengisi deskripsi tentang produk, maka pembeli pun juga bingung dan tak heran jika tidak jadi bertransaksi di lapak itu.

Kesalahan lain yaitu tidak mengisi deskripsi produk sesuai dengan kondisi produk aslinya. Misalnya dari segi stock warna/varian produk.

Hal-hal sepele seperti ini nantinya akan merugikan pembeli, dan pada akhirnya penjual juga akan mendapatkan reputasi yang buruk.

Baca juga : Cara Aman Berbelanja di Bukalapak.com Agar Tidak Kena Tipu

4) Mengganti Jasa Kurir

Ini juga pernah kejadian, dimana penjual dengan semena-mena mengganti jasa pengiriman lain yang tidak seperti pembeli inginkan. Misalnya pembeli memilih jasa pengiriman Si A, maka penjual merubahnya pakai Si B.

Jelas ini membuat pembeli kecewa apalagi tanpa konfirmasi sebelumnya.

Meskipun nanti sama-sama sampainya, tetapi sikap seperti ini sangat salah. Kalaupun memang penjual ada kendala dengan jasa pengiriman pilihan pembeli, ya sebaiknya sebelum mengganti dikonfirmasikan dulu pembeli. Sehingga semua pihak sama-sama enak. Apalagi kalau kurir pengganti tarifnya lebih murah, tentu pembeli merasa kecewa berat karena merasa dirugikan.

Itu beberapa kesalahan yang pernah dilakukan oleh penjual marketplace. Kalau pun Anda ada yang menjadi seller di marketplace, sebaiknya selalu gunakan fitur dan sistem yang ada dengan baik. Maksimalkan dan tetap berikan service yang memuaskan untuk pelanggan. Karena nanti Anda juga yang akan memetik buahnya.

Kalau service Anda buruk, maka reputasi buruk juga akan melayang ke lapak Anda. Pada akhirnya banyak calon pembeli yang tidak percaya dengan lapak Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × five =