Pahami Perbedaan Return dan Refund dalam Belanja Online

Buat Anda yang suka belanja online baik melalui situs marketplace atau toko online, pastikan untuk tahu dan paham apa-apa saja yang bisa dilakukan saat melakukan belanja online. Salah satunya adalah Return dan Refund. Ini penting bagi Anda agar nantinya tidak ada masalah dalam transaksi Anda tersebut.

Untuk yang masih awam, biasanya belum paham tentang perbedaan Return dan Refund. Ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat di era sekarang ini yang memang sudah sering berbelanja secara online.

Baik, tidak perlu berlama-lama lagi, lebih baik kita baca penjelasan tentang perbedaan Return dan Refund ini.

Apa itu Return?

Return Refund

Return merupakan proses atau mekanisme pengembalian produk / pesanan dari pembeli ke penjual, untuk kemudian penjual akan menggantinya dengan produk/pesanan yang lain atau yang lebih bagus.

Alasan pembeli melakukan Return ada beberapa macam, diantaranya :

  • Barang pesanan tidak sesuai dengan yang dipesan
  • Barang pesanan ada cacat/kerusakan dari sananya
  • Barang pesanan ada kerusakan saat proses pengiriman
  • Pembeli tidak puas dengan barang yang dibeli (ukuran tidak pas, dll)

Dari sisi pembeli, Return ini memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang benar-benar sesuai dengan keinginannya. Sedangkan dari sisi penjual, memberikan layanan Return juga sebagai bentuk dari layanan kepada pembeli. Sehingga pembeli pun nanti akan merasa aman dan nyaman saat berbelanja di tempat penjual tersebut.

Jadi mekanisme Return ini adalah, barang pesanan yang diterima pembeli apabila ada yang tidak pas (sesuai dengan kriteria dan kesepakatan dari penjual) bisa dikembalikan ke penjual untuk kemudian penjual menggantinya dengan barang lain yang lebih bagus.

Apa itu Refund?

Refund adalah proses atau mekanisme pengembalian barang pesanan dari pembeli ke penjual dan penjual mengembalikannya dalam bentuk uang.

Jadi misalnya ada pembeli yang mendapatkan barang tidak cocok dengan pesanan atau barangnya ada cacat, pembeli bisa mengembalikan barangnya ke penjual dan meminta uangnya kembali. Bukan ditukar dengan barang lain.

Baca juga : Solusi Barang Tidak Sesuai Saat Belanja di Lazada dengan Sistem COD

Apakah Return dan Refund berlaku di semua toko online atau marketplace?

Jawabannya adalah Tidak.

Karena Return dan Refund itu adalah layanan yang diberikan oleh penjual dan ini menjadi kebijakan masing-masing penjual. Selain itu dengan memperhatikan barang yang dijualnya juga. Tidak semua produk bisa dilakukan return maupun refund.

Apabila ada penjual yang memberikan layanan Return atau Refund, biasanya juga ada syarat-syaratnya agar pembeli bisa mengajukan Return / Refund tersebut.

Misalnya saja :

  • Batas waktu pengajuan return / refund 3 hari setelah barang diterima
  • Produk tidak rusak karena faktor pembeli
  • Menyertakan bukti nyata
  • Segel / Label masih menempel di produk
  • dll

Sehingga pembeli juga tidak bisa asal mengajukan return dan refund seenaknya saja.

Seperti itulah perbedaan Return dan Refund, semoga jika Anda adalah pembeli bisa lebih paham lagi saat memutuskan untuk membeli barang secara online. Dan untuk Anda sebagai penjual, semoga bisa memberikan layanan return/refund dengan baik kepada pembeli.




Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.