Pentingnya SSL Premium untuk Website Bisnis Anda

/ / Dibaca : 21 views

Apakah website bisnis Anda saat ini sudah menggunakan SSL Premium atau Berbayar? Atau masih menggunakan jenis SSL Gratis? Karena penggunaan jenis SSL ini akan sangat berpengaruh pada web bisnis Anda. Jadi jangan sembarang pakai SSL.

Sekarang ini, seluruh website yang ada di internet sudah diwajibkan untuk menggunakan SSL (Secure Socket Layer). Dengan menginstal SSL, maka website dapat diakses melalui protokol HTTPS bukan HTTP. Dan saat ini kalau ada website yang belum pakai SSL (http) akan langsung dideteksi “Not Secure”. Tentu ini akan berdampak buruk ke website itu sendiri.

Apalagi jika website bisnis Anda termasuk website yang menyediakan transaksi pembayaran misalnya saja website toko online (e-commerce), sangat diwajibkan untuk menggunakan SSL.

SSL sendiri saat ini ada yang gratis dan berbayar. Umumnya, para pemilik website akan menggunakan SSL gratis seperti dari Let’s Encrypt agar bisa menghemat budget. Akan tetapi penggunaan SSL gratis itu tetap ada risikonya. Inilah yang akan kita bahas.

SSL Premium

Fungsi SSL untuk Website

Kami jelaskan fungsi SSL untuk website secara umum saja. Takutnya kalau dijelaskan secara teknis malah bingung.

Jadi fungsi SSL itu yang paling utama adalah melindungi website. Dengan menggunakan SSL, maka akan ada lapisan atau layer keamanan agar website tidak mudah dibobol orang.

Kemudian SSL juga akan mampu mengenkripsi data. Ini sangat penting jika website memiliki fitur transaksi pembayaran. Yang mana pengguna pasti akan memasukkan data diri dan informasi pembayaran seperti kartu debit atau kredit. Nah, adanya SSL ini data tersebut ketika dikirim ke server akan terenkripsi agar tidak dapat disadap atau dicuri pihak lain.

SSL Premium untuk Website Bisnis

Jadi ketika Anda membangun web bisnis akan ada pilihan dalam menggunakan SSL, yakni SSL Gratis yang biasanya tinggal diinstal melalui panel hosting, atau menggunakan SSL Premium dengan membelinya dulu di penyedia SSL.

Rata-rata pasti akan memilih SSL gratis dari Let’s Encrypt.

Padahal kalau website Anda adalah website untuk bisnis dan memiliki fitur transaksi online yang mengharuskan pengguna mengirim data pribadi dan informasi pembayaran, maka sangat disarankan untuk beralih ke SSL Premium/Berbayar.

Mengapa perlu menggunakan SSL Premium?

1. Mendapatkan SSL dengan Tingkat Validitas Tinggi

Berbeda dengan SSL Gratis yang hanya memiliki tipe sertifikat Domain Validated (DV) saja, SSL Premium memiliki pilihan tipe sertifikat lain seperti Organization Validated (OV) dan Extended Validation (EV).

Jika Anda menggunakan sertifikat SSL tipe OV dan EV ini maka website Anda akan memiliki tingkat validitas yang tinggi.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna

Karena penggunaan SSL Premium, maka pengguna akan merasa lebih aman dalam bertransaksi di situs website Anda. Mereka tidak takut datanya akan dicuri orang. Sehingga tingkat kepercayaan pengguna pun akan meningkat.

3. Memiliki Kekuatan Enkripsi Data yang Tinggi

Meskipun SSL Gratis juga mampu mengenkripsi data, penggunaan SSL Premium terbukti memiliki kekuatan enkripsi data yang lebih kuat. Biasanya SSL Premium memiliki enkripsi 256-bit (SHA2 & ECC).

4. Masa Berlaku Sertifikat Lebih Panjang

Masa berlaku sertifikat SSL atau Validity Period pada SSL Premium memiliki durasi yang lebih panjang minimal 1 tahun. Tergantu Anda mau membeli berapa tahun. Sedangkan untuk SSL Gratis masa berlakunya hanya 90 hari.

Ketika sudah lewat 90 hari maka perlu di renewal. Kadang ada yang bisa renewal secara otomatis, tetapi ada juga yang butuh manual. Masalahnya ketika lupa untuk renewal, maka website Anda tidak akan bisa diakses dan muncul error “Not Secure“.

Kemudian ketika Anda ingin pindah hosting/server, maka di server baru harus instal SSL lagi yang kadang itu bisa gagal. Tapi kalau pakai SSL Premium, ketika Anda pindah hosting, tinggal gunakan SSL Premium yang sudah dimiliki untuk diinstal pada server baru.

5. Dapat Garansi dan Dukungan Teknis

Menggunakan SSL Premium untuk website bisnis Anda juga memiliki beberapa keunggulan lain, salah satunya adalah mendapatkan garansi dari pihak penyedia SSL. Beberapa layanan akan memberikan garansi jika SSL Premium yang dibeli tidak valid atau mengalami masalah lain.

Selain itu juga akan mendapatkan dukungan teknis jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada SSL nya.

Berbeda dengan SSL Gratis, dimana Anda tidak akan mendapatkan dukungan teknis. Ketika ada masalah, Anda perlu melakukan perbaikan sendiri.

Masih Ragu Pakai SSL Premium?

Jika Anda ingin website bisnis Anda memiliki keamanan yang kuat dan pengguna Anda juga merasa aman bertransaksi di web Anda, maka Anda perlu menggunakan SSL Premium. Meskipun harganya bisa dibilang tidak murah, tetapi itu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan keamanan data-data bisnis Anda dan pelanggan.

Jangan sampai Anda sekadar menggunakan SSL Gratis, tetapi mempertaruhkan keamanan data di website dan citra perusahaan Anda. Di artikel selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi layanan SSL Premium yang terbaik untuk bisnis Anda.

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.