Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Amankan Website & Toko Online Anda Dengan SSL

SSL Murah

Keamanan sebuah website itu sangatlah penting, apabila jika Anda sudah memiliki toko online atau website untuk pemasaran bisnis Anda, sebaiknya mulai diperhatikan jika saat ini belum menggunakan SSL. Apa itu SSL? Di artikel kali ini kami ingin menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dipahami, meskipun sebenarnya SSL itu sangat teknis sekali jika dijelaskan.

Kalau Anda membuka website, pasti di address bar akan muncul http://alamatdomain atau https://alamatdomain.

Nah alamat website yang https:// itu adalah website yang sudah menggunakan SSL. SSL singkatan dari Secure Socket Layer, yang mana merupakan protokol keamanan untuk komunikasi di internet. Intinya dengan adanya SSL ini akan mengenkripsi saluran komunikasi di internet, sehingga setiap transaksi yang sensitif seperti pembayaran online akan aman dan datanya bisa terlindungi.

Kalau website Anda masih http:// saat dibuka, berarti itu belum menggunakan SSL. Sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara memasang SSL di website. Tenang, masalah itu bisa meminta bantuan tim Technical Support pihak hosting Anda. Jika Anda membeli hosting di Hostinger, biasanya akan dibantu.

Manfaat menggunakan SSL

Tidak hanya dari sisi keamanan saja yang bisa didapatkan, tetapi menggunakan SSL juga memiliki manfaat lain diantaranya adalah :

#Website Anda ditandai Secure oleh browser

Kalau ada pengguna yang mengakses website Anda melalui browser Google Chrome, maka website Anda akan ditandai Secure oleh Chrome. Sebaliknya, jika tidak menggunakan SSL, maka akan ada tanda Not Secure.

Not Secure

Ini sepele, tetapi jika website Anda untuk menjual produk, ini akan berdampak pada tingkat kepercayaan konsumen. Konsumen yang membuka website Anda kemudian melihat tulisan Not Secure jadi was-was.

#Melindungi data personal

Masalah keamanan digital sangatlah penting, apalagi sekarang eranya pembayaran online dimana orang bisa dengan mudah memasukkan informasi pribadi seperti data bank/ kartu kredit atau data pribadi lain. Dengan menggunakan SSL maka transaksi yang memuat data personal itu akan terlindungi dan tidak bisa diambil.

#Website Anda tidak dapat terkena Ads Inject dari ISP

Beberapa ISP sekarang ini melakukan ads inject ke website-website dan itu sangat mengganggu pengunjung yang mengakses website Anda. Nah, kalau website Anda sudah menggunakan SSL, maka hal semacam itu tidak akan bisa muncul. Sehingga ini juga membuat nyaman pengunjung website Anda.

#SSL bisa meningkatkan SEO

Kalau SEO Website Anda lebih bagus lagi, gunakan SSL. Karena website yang menggunakan SSL akan menjadi perhitungan tersendiri bagi mesin pencari khususnya Google untuk bisa ditingkatkan rankingnya. Ini juga salah satu bentuk optimasinya

SSL sendiri saat ini bisa didapatkan secara gratis dan ada juga yang berbayar. Kalau yang gratis biasanya sudah terpasang secara otomatis ketika Anda memesan hosting. Tetapi SSL yang gratis ini dari segi kekuatan keamanan yang standar atau biasa saja.

Kalau Anda ingin memiliki sertifikat SSL untuk website Anda yang lebih aman, Anda bisa beli SSL dengan berlangganan tiap tahunnya.

EtalaseBisnis.com sendiri saat ini sudah menggunakan SSL. Tetapi karena EtalaseBisnis.com hanyalah sebuah media blog, jadi kami menggunakan SSL versi gratis dari Let’s Encrypt. Kalau website Anda sebuah company profile atau toko online besar, sebaiknya beli SSL yang premium seperti VeriSign, RapidSSL, GlobalSign, Comodo PositiveSSL, Geotrust dari TrueBusiness dan lainnya.

Jika Anda masih berpikir kalau belum butuh untuk pasang SSL, sebaiknya dipikirkan kembali. Lihat manfaatnya dan kekurangannya. Tentu akan lebih banyak manfaatnya.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *