Home » INSPIRASI » Persaingan Bisnis Yang Sehat Adalah Persaingan Yang Seperti Ini
Persaingan Bisnis

Persaingan Bisnis Yang Sehat Adalah Persaingan Yang Seperti Ini

Dalam dunia bisnis pasti ada saja kendala ketika akan mengembangkannya. Kendala tersebut tidak hanya muncul dari internal saja tapi juga datang dari eksternal, seperti adanya persaingan bisnis.

Biasanya persaingan bisnis muncul karena sama-sama menjual produk yang sama. Itu yang paling sering. Lalu faktor lokasi juga, yang saling berdekatan.

Situasi seperti itu mau tidak mau ya harus bersaing. Tapi bagi pebisnis yang hebat, persaingan bisnis haruslah sehat.

Persaingan bisnis yang sehat itu yang seperti ini.

#1 Tidak Bersaing Pada Harga

Boleh saja bersaing dalam harga, tapi ini bukan yang utama. Dan pengaruhnya pun juga tidak signifikan. Apalagi jika margin yang didapat per produk sedikit, mengandalkan naik turun harga akan sangat tidak efektif.

Yakinlah, konsumen itu sebenarnya tidak masalah dengan harga. Asal barang yang mereka beli memiliki “value” yang sesuai dengan harga dan kebutuhannya.

Misalnya saja jualan pulsa. Dimana-mana pulsa harganya segitu. Kalau mau bersaing pada harga, paling cuma bisa menurunkan tak lebih dari Rp 1.000. Jelas keuntungan yang didapatkan juga tak seberapa.

Jadi, solusi ada di poin selanjutnya..

#2 Bersaing Dalam Kualitas Produk/Jasa

Nah, karena harga tidak bisa diandalkan dalam persaingan bisnis. Maka salah satu kunci agar mampu memenangi persaingan bisnis adalah dengan bersaingan dengan memberikan kualitas produk/jasa.

Inilah yang nantinya akan menambah “value” bisnis/produk Anda.

Konsumen membeli barang tidak hanya karena mereka butuh, tapi juga yang memiliki “value” untuk konsumen. Value itu bisa bermacam-macam, bisa nilai gengsi, nilai manfaat yang diberikan dan lainnya.

Dengan memberikan produk yang lebih berkualitas dibanding milik kompetitor, berarti konsumen akan mendapatkan manfaat/keuntungan yang lebih jika membeli barang milik Anda. Sehingga persaingan dengan kualitas barang maka itulah yang bisa membeli hati konsumen untuk bisa membeli produk Anda.

#3 Persaingan Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Konsumen

Saya pernah mendengar jika ada seseorang yang enggan kembali ke rumah makan tertentu karena pelayanannya yang tidak istimewa. Tidak hanya lama dalam memesan makanan dan proses penyajiannya, tetapi pramusaji atau pelayannya juga tidak memberikan etika yang baik kepada konsumen.

Jelas, keadaan seperti ini akan menggugurkan bisnis Anda apabila ingin bersaing dengan kompetitor lain.

Karena semurah apapun harganya, seenak atau sebaik apapun produk jualannya, tapi jika pelayanan terhadap konsumen sangat buruk maka konsumen menganggap keseluruhan bisnis tersebut adalah buruk dan tak layak untuk dibeli.

Baca juga: Bagaimana Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan?

Untuk itu, pelayanan di sini sangatlah penting. Pelayanan merupakan pemikat konsumen akan bisa datang kembali. Memberikan pelayanan kepada konsumen pun banyak sekali caranya. Bisa dilakukan dengan selalu memberikan senyum, komunikasi yang ramah, selalu mendengar kata konsumen dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa hal jika Anda menginginkan persaingan bisnis yang sehat. Dan memang sebaiknya persaingan bisnis itu harus sehat. Karena jika persaingan tidak sehat atau menggunakan cara kotor, justru yang akan mendapatkan kerugian adalah bisnis Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 7 =