Home » TIPS » Ingin Menyusun Rencana Bisnis? Cara Ini Bisa Anda Terapkan
Business Plan
Ilustrasi Gambar via merdeka.com

Ingin Menyusun Rencana Bisnis? Cara Ini Bisa Anda Terapkan

Di dalam artikel sebelumnya (Kiat-kiat Mengelola Dana Modal Usaha), di sana ada salah satu poin dalam mengelola modal usaha, yaitu dengan membuat perencanaan.

Nah, menyusun rencana bisnis ini sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana tanpa harus disusun dengan komplit. Yang penting adalah rencana bisnis harus jelas dan sesuai dengan kebutuhan.

Kali ini EtalaseBisnis.com akan memberikan informasi mengenai tips menyusun rencana bisnis yang mudah.

Ada 3 Poin yang bisa diterapkan dan ini bisa dijadikan referensi bagi pebisnis pemula yang akan mencoba membuka bisnisnya. Silahkan disimak.

#1 Mengkonsep Bisnis

Yang pertama harus dilakukan adalah mengkonsep bisnis yang akan Anda bangun. Konsep bisnis yang pertama meliputi strategi inti bisnis tersebut. Yang mana ini merupakan inti dari bagaimana bisnis Anda memilih cara untuk berkompetisi.

Selanjutnya adalah sumberdaya strategis yang berisi tentang aset-aset strategis dan proses inti bisnis. Lalu konsep pemasaran atau perantara pelanggan. Ini juga harus dibahas dalam konsep bisnis agar nanti rencana bisnis bisa dibuat secara detail dan sesuai visi misi perusahaan.

#2 Menganalisis Pangsa Pasar

Dalam menyusun rencana bisnis perlu menganalisis pangsa pasar, agar target pasar bisa dikelompokkan dari awal. Ini juga akan mempermudah ketika nanti menyusun strategi pemasaran.

Dalam menganalisis pangsa pasar, maka akan mengetahui bagaimana tingkat permintaan produk yang akan Anda jual, tingkat persaingannya, penyebaran produk, dan juga harga yang ada di pasar.

Jika data-data ini sudah dimiliki, maka ketika menyusun rencana bisnis juga akan mudah.

#3 Menganalisis Keuangan

Dari poin 1 dan 2 di atas, pada akhirnya harus disesuai dengan keuangan yang dimiliki. Menyusun rencana bisnis bukan saja rencana yang menyesuaikan anggaran, tetapi bisa juga anggaran yang menyesuaikan rencana.

Namun yang penting adalah uang yang dikeluarkan memang bermanfaat untuk pengembangan bisnis. Jangan sampai merencanakan sesuatu yang tidak ada dampaknya untuk perkembangan bisnis.

Dalam menganalisis keuangan, perlu kecermatan dan kehati-hatian. Anda bisa konsultasikan dengan seorang konsultan atau yang ahli dibidang ini.

Itu beberapa tips menyusun rencana bisnis yang bisa Anda jadikan referensi.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − eighteen =