Tips Sebelum Usaha Reseller Hosting bagi Pemula

/ / Dibaca : 30 views

Bisa sukses dari usaha reseller hosting itu bukan sebuah mimpi. Meskipun Anda nanti hanya sebagai reseller, tetapi peluang untuk mendapatkan keuntungan besar itu masih terbuka lebar. Apalagi sekarang ini orang-orang sudah melek dengan yang namanya website.

Membangun bisnis hosting memang tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Hanya dengan ratusan ribu rupiah saja, Anda sudah bisa memulainya. Reseller hosting dan domain adalah salah satu cara mudah agar Anda bisa membangun bisnis hosting dengan cepat.

Tapi ingat, ketika Anda ingin memutuskan untuk membangun bisnis reseller hosting, pastikan jangan memulai. Karena kesalahan memilih partner atau perusahaan hosting di awal akan menjadi hambatan ke depannya.

Usaha Reseller Hosting

Sebelumnya kami sudah pernah membahas bagaimana membangun bisnis reseller hosting. Kali ini kami akan memberikan tips khusus bagi Anda yang pemula dan belum pernah berkecimpung di dunia hosting, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi.

Pilih Perusahaan Hosting yang Memiliki Reputasi Bagus

Sekarang ini banyak perusahaan atau jasa penyedia hosting yang menawarkan layanan reseller hosting dengan harga yang menggiurkan. Tetapi karena ini urusannya soal bisnis, maka Anda jangan hanya tergiur dengan harga.

Hal pertama yang harus Anda lihat adalah bagaimana reputasi perusahaan dan layanan mereka. Di sini Anda harus mulai melakukan riset.

Anda bisa mencari informasi tentang background perusahaan hosting tersebut, kapan berdirinya, di mana lokasi data centernya, apakah pernah ada masalah di layanannya, dan lain-lain.

Manfaatkan internet untuk mencari review-review dari pelanggan mereka. Masuk ke forum-forum web hosting, media sosial, situs review, dan lain sebagainya. Cari tahu bagaimana kualitas dan reputasinya. Cari sebanyak-banyaknya agar Anda bisa lebih yakin dalam memutuskan.

Ketahui Dukungan Teknologi yang Ditawarkan

Sebagai reseller, Anda sangat perlu tahu dukungan teknologi yang diberikan. Teknologi ini mencakup spesifikasi cloud server yang ditawarkan itu bagaimana, apakah reseller nanti dapat melakukan penyesuaikan perangkat keras/lunak sesuai dengan kebutuhan reseller atau tidak, dan lain-lain.

Karena ini nanti akan berpengaruh juga ke layanan yang Anda tawarkan. Ketika nanti Anda sudah berbisnis hosting, maka yang dilihat adalah brand Anda. Ketika Anda salah memilih jasa penyedia hosting yang kurang berkualitas, maka itu akan berdampak buruk juga untuk usaha hosting Anda nantinya. Pelanggan pun akan kecewa.

Jadi pastikan masalah teknologi termasuk fitur yang akan diberikan itu apa saja.

Layanan Teknis yang Handal

Kami menemui salah satu provider hosting yang menyediakan layanan reseller hosting tanpa minimum deposit atau tanpa biaya pendaftaran. Akan tetapi dari sisi support teknisnya kurang bagus. Yang seperti ini menurut kami lebih baik dihindari. Mengapa?

Karena ketika nanti Anda menjadi reseller, maka keberadaan Technical Support ini sangat membantu apabila server hosting mengalami kendala. Paling tidak Anda akan mudah mendapatkan detail masalahnya kemudian Anda akan memberikan informasi ke pelanggan Anda yang komplain.

Mulai dari yang Kecil

Jika Anda pemula, sebaiknya mulai dulu untuk mengambil paket reseller yang kecil. Meskipun modal Anda banyak, tetapi Anda bisa mencobanya dulu dari yang kecil. Anda bisa mulai dengan mencari 5-10 pelanggan dulu.

Apalagi jika Anda membangun usaha reseller hosting ini sendirian, tentu perlu waktu untuk belajar juga. Dengan pelanggan yang sedikit dulu Anda bisa lebih mudah mengontrolnya. Jika Anda sudah punya sistem kerjanya dan merasa pilihan perusahaan hostingnya sudah tepat, maka Anda bisa mulai upgrade paket.

Belajar Dunia Hosting Domain

Mau tidak mau Anda harus tahu masalah hosting dan domain. Hal-hal teknis juga perlu dipelajari meskipun tidak perlu mendalam. Yang penting Anda tahu istilah-istilah umum dalam hosting atau server dan bagaimana menyelesaikan troubleshooting skala kecil di hosting.

Jika usaha reseller hosting Anda ingin berkembang, maka belajar tidak boleh dikesampingkan.

Baca juga : 5 Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Bagi Anda yang masih pemula dan tertarik untuk memulai usaha reseller hosting dan domain, pastikan jangan asal memilih provider atau perusahaan hosting. Teliti lebih dulu mana yang memiliki reputasi dan performa yang bagus.

Terus pelajari hal-hal baru dalam dunia hosting dan domain. Karena ini nanti akan bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda ke depannya.

Semoga usaha reseller hosting Anda sukses.

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.