Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha: Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Andal
Pemandu Wisata
image via inquirer.net

Peluang Usaha: Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Andal

Suka travelling? Pengen dapat duit dari usaha sampingan? Anda bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Yakni menjadi pemandu wisata (Tour Guide).

Menjadi pemandu wisata merupakan peluang usaha yang bisa Anda lakukan secara penuh waktu atau hanya sekedar pekerjaan sampingan saja. Yang terpenting Anda memiliki bekal untuk menjadi pemandu wisata.

Apalagi saat ini banyak orang-orang yang doyan piknik ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya. Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini, terlebih jika Anda berada di daerah yang kaya akan tempat-tempat wisatanya, seperti Yogyakarta.

Tapi bagaimana cara menjadi pemandu wisata yang andal?

Tentu Anda perlu mempersiapkan bekalnya sebelum memutuskan untuk menawarkan jasa sebagai Tour Guide. Bekalnya sangat mudah, silahkan simak beberapa poin di bawah ini.

#1 Anda Harus Menguasai Informasi Wilayah Tujuan Wisata

Tentukan tempat wisata mana saja yang Anda cover untuk melayani para wisatawan. Memetakan tempat wisata akan mempermudah Anda dalam mencari informasi wilayah tersebut. Karena pemandu wisata harus kaya akan informasi tentang tempat wisata. Ini termasuk bagian dari services yang diberikan.

Karena tujuan para wisatawan menyewa pemandu wisata adalah agar dipandu ketika berwisata. Lha kalau pemandunya nggak tau apa-apa dan cuma sekedar menemani, wisatawan tersebut pasti akan kecewa berat.

#2 Komunikasi Harus Lancar, Kuasai Lebih Dari Satu Bahasa Asing

Ketika Anda memutuskan menjadi pemandu wisata, maka Anda harus siap bertemu dengan wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Jadi, perlancar komunikasi Anda dengan menguasai lebih dari satu bahasa asing.

Yang pertama adalah kuasai Bahasa Indonesia. Ada lho masyarakat Indonesia tapi ketika berbahasa Indonesia kaku. Lalu yang kedua adalah perlancar Bahasa Inggris. Yang ketiga baru bahasa asing lainnya, misalnya Mandarin, atau Perancis, dll.

Dengan menguasai berbagai bahasa asing, tentu Anda akan lebih mendapatkan peluang lebih besar terutama mendapatkan klien dari luar negeri. Dan, biasanya wisatawan dari luar negeri yang menggunakan jasa pemandu wisata dari dalam negeri biayanya bisa gede.

Tapi yang paling penting dari semua itu adalah untuk menjaga komunikasi agar lancar. Mereka (wisatawan) membutuhkan informasi dari tempat-tempat wisata yang dikunjungi. Nah, menguasai bahasa adalah cara terbaik untuk bisa memberikan informasi yang akurat.

#3 Memiliki Pengetahuan Selain Wisata

Sebagai pemandu wisata, Anda harus memiliki wawasan yang luas. Jangan hanya wawasan tentang tempat wisatanya saja, tetapi juga hal-hal lain di luar wisata. Misalnya referensi tempat makan, akomodasi, sejarah suatu daerah, intinya pengetahuan di luar wisata.

Ini akan memudahkan Anda ketika ada wisatawan yang bertanya tentang hal lain di luar wisata. Dan Anda pun juga bisa menyampaikannya dengan baik dan benar kepada wisatawan tersebut.

Dengan seperti ini, maka wisatawan akan sangat suka dengan pelayanan Anda. Ternyata Anda tidak hanya melayani dengan baik, tetapi juga paham segala informasi. Anda pun bisa jadi akan dikontak terus jika wisatawan tersebut kembali ingin berwisata. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + seven =