Cloud Hosting vs Shared Hosting: Pilih Mana?

/ / Dibaca : 36 views

Jika Anda ingin memiliki situs website yang memiliki performa yang bagus, mulailah dengan memilih jenis hosting yang cocok untuk bisnis Anda. Saat ini ada dua jenis yang sering ditemui, Cloud Hosting vs Shared Hosting. Kira-kira pilih mana?

Kalau Anda melihat layanan hosting yang ditawarkan penyedia hosting, Anda mungkin akan sedikit bingung. Karena sekarang ini pilihannya sangat banyak sekali.

Dulu biasanya penyedia hosting hanya memiliki produk Shared Hosting untuk pilihan yang mudah, dan VPS untuk yang ingin mendapatkan resource yang lebih leluasa. Tapi sekarang ini Anda akan menemukan banyak jenis, seperti Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS Hosting, WordPress Hosting, Unlimited Hosting, dan lainnya.

Buat Anda yang baru pertama kali membuat website pasti akan bingung. Kira-kira dari sekian banyak pilihan di atas, yang paling bagus yang mana.

Kalau pertanyaannya adalah yang paling bagus yang mana, ya tentunya VPS atau Dedicated Server yang mana memiliki spesifikasi tinggi. Tapi apakah itu cocok untuk website Anda? Apakah itu sudah tepat jadi pilihan hosting website Anda?

Jadi mari kita pilih mana yang tepat dan cocok untuk kebutuhan website Anda. Bukan cari mana yang bagus.

Cloud Hosting vs Shared Hosting

Cloud Hosting vs Shared Hosting

Di antara sekian banyak jenis hosting, dua jenis di atas merupakan yang sering digunakan. Berapa penyedia layanan hosting ada yang memberikan dua layanan ini, tetapi ada juga yang sudah meniadakan layanan shared hosting.

Untuk lebih jelaskan, kami akan memberikan perbedaan antara cloud hosting dan shared hosting. Mari kita lihat apa saja bedanya dan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah jenis hosting yang paling murah. Ini merupakan jenis hosting yang sudah ada sejak dulu. Shared hosting juga dikenal sebagai tradisional web hosting. Karena dalam prakteknya, shared hosting ini menggunakan sebuah server yang dibagi dengan beberapa pengguna. Namanya saja shared, ya pasti penggunaannya akan dibagi-bagi.

Setiap pengguna akan mendapatkan jatah resource seperti bandwidth yang sama. Akan tetapi setiap pengguna bisa menempatkan situs mereka dalam jumlah tak terbatas.

Jadi kadang dalam server hosting tersebut ada akun yang memang punya banyak website.

Nah kekurangannya adalah, apabila ada pengguna lain yang terlalu banyak menggunakan resource tersebut, maka akan berdampak pada kinerja situs pengguna lain yang masih berada pada satu server.

Akan tetapi jika ada masalah seperti itu biasanya penyedia hosting akan melakukan tindakan terbaiknya agar tidak mengganggu website pengguna lain.

Shared hosting memang terkenal murah, tetapi memiliki batasan sumber daya. Inilah yang membuat Shared hosting tidak efektif untuk situs dengan jumlah pengunjung yang banyak. Karena akan terkena limitasi sumber daya tersebut.

Saat ini Shared hosting sudah mulai ditinggalkan, bahkan beberapa penyedia layanan hosting sudah tidak menggunakan jenis web hosting yang satu ini. Mereka sudah beralih ke teknologi web hosting yang lebih modern dan dinamis.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah jenis web hosting yang menggunakan teknologi cloud untuk manajemen sumber dayanya. Cloud hosting ini merupakan transformasi dari Shared hosting. Teknologi cloud hosting ini menawarkan sumber daya yang lebih dinamis karena dibuat dari beberapa server yang saling terhubung dan mendukung.

Inilah yang membuat layanan Cloud hosting menjadi pilihan utama saat ini bagi penyedia hosting.

Ketika menggunakan cloud hosting, tidak perlu lagi khawatir terjadi server down karena ada pengguna lain yang menggunakan resource tinggi. Teknologi cloud hosting ini memungkin suatu server apabila mengalami penggunaan tinggi, maka akan dialihkan ke server cloud yang lain.

Sehingga tidak akan berdampak ke pengguna. Cloud hosting menawarkan performa dan keamanan yang tinggi.

Untuk harga, cloud hosting memang lebih mahal dibanding shared hosting. Tetapi harga yang ditawarkan tentunya sebanding dengan performa dan benefit yang didapatkan.

Jadi Pilih Cloud Hosting atau Shared Hosting?

Sayangnya, saat ini untuk mendapatkan layanan Shared hosting sudah sulit. Beberapa penyedia layanan hosting sudah meniadakan layanan shared hosting dan menggantinya dengan cloud hosting.

Cloud Hosting Indonesia

Tapi kalau pun Anda masih menemui layanan ini, kira-kira pilih yang mana?

Kalau memang Anda sangat pemula dan baru belajar membuat website atau blog, Shared hosting adalah pilihan yang cocok untuk kebutuhan Anda. Anda bisa memiliki sebuah web hosting dengan harga yang murah, dan bisa belajar banyak hal di sana tanpa takut terbayang-bayang tagihan yang begitu besar.

Tetapi jika Anda seorang profesional yang memang ingin membangun website untuk kebutuhan komersil atau profesional lainnya, Cloud hosting adalah pilihan yang pas.

Dengan Cloud hosting Anda bisa membangun website bisnis yang siap menampung ratuan ribu traffics per bulan tanpa harus mengganggu pengguna lain.

Jadi jangan sampai bingung kalau Anda dihadapkan sama pilihan Cloud hosting vs Shared hosting. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.